in , ,

Air Terjun Telago Jando, Memukau dalam Balutan Alam Hijau

Pesona Indah Air Terjun Telago Jando di Jambi

Air Terjun Telogo Jando

Ingin mengunjungi destinasi menarik namun belum populer di khalayak luas? Teman Traveler wajib datang ke Jambi. Kawasan ini menyimpan berjuta pesona menarik yang belum banyak diketahui masyarakat umum. Hal ini kerap jadi magnet bagi mereka yang merindukan suasana khas dan
berbeda. Kabupaten Bungo salah satunya. Di sini Teman Traveler bisa menemukan Air Terjun Telago Jando.

Baca juga : Popoh Waterpark Selopuro, Belajar Arung Jeram bagi Pemula di Daerah Blitar

Sekilas namanya mungkin terdengar lucu dan asing. Namun jangan khawatir, Teman Traveler takkan mendadak jadi seorang janda bila menikmati wisata Jambi ini. Yuk, baca ulasan lengkapnya.

Keindahan Mempesona di Telago Jando

Air Terjun Telago Jando (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Air Terjun Telago Jando terdiri dari tujuh tingkatan dengan karakter serta keindahan masing-masing. Pada tingkatan tertentu, terdapat kolam dengan luas dan kedalaman bervariasi. Teman Traveler bisa berendam sepuasnya di sini.

Jika sudah bosan, Teman Traveler bisa naik ke tingkat berikutnya dengan melewati sejumlah bongkahan batu besar. Begitu sampai di puncak tertinggi, kalian akan dimanjakan dengan sajian pemandangan memukau dari ketinggian. Tampak jelas rimbunnya pepohonan hijau, deretan menjulang tinggi, dan tentu saja aliran air terjun.

Air terjun ini seolah jadi terapi bagi mereka yang hendak melepas penat dari kebisingan kota. Jernih dan segarnya air memberikan sentuhan lembut setiap kali menyentuh kulit. Kicauan burung terdengar jelas dan merdu dari balik ranting pepohonan.

Atmosfer alam di sekitar sini memang masih sangat kental. Vegetasi hutan rapat, serta jauh dari pemukiman membuat destinasi satu ini terasa sangat
asri dan terjaga keasliannya.

Kejernihan air sekitar air terjun (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Jika tak tertarik basah-basahan, jangan khawatir. Tak jauh dari pusat aliran air terjun, terdapat bongkahan batu besar yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil manjakan mata. Pengunjung juga kerap memanfaatkan area ini untuk berkumpul sembari menikmati santapan makan siang.

Sentuhan angin sepoi-sepoi, udara segar, serta gemercik air menjadi paket lengkap yang dapat menjernihkan pikiran usai lelah dengan rutinitas sehari-hari.

Bongkahan batu tempat bersantai (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Bagi yang punya hobi fotografi, Telago Jando juga bisa jadi alternatif menarik. Landscape indah yang ditawarkan akan menjadi objek menarik dalam setiap jepretan. Apalagi jika Teman Traveler yang hobi berswafoto. Ada banyak spot menarik yang bisa dijadikan bakcground. Baik di air terjun, telaga, bongkahan batu, maupun di puncak bukit. Dijamin bakal betah berlama-lama di sini.  

Fasilitas yang Tersedia

Vegetasi Hutan di sekitar Telago Jando (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Meski keindahan dan keasriannya tak perlu diragukan, nyatanya air terjun bertingkat ini belum sepenuhnya mendapat perhatian pemerintah setempat. Hal ini terlihat dari minimnya fasilitas yang tersedia. Di sekitar air terjun, Teman Traveler takkan menjumpai toilet, kamar mandi, atau mushola.

Hanya ada beberapa warung kecil yang dikelola masyarakat sekitar secara pribadi. Mereka biasanya menjajakan aneka makanan dan minuman, seperti mie instan, air mineral, kopi, teh, dan aneka cemilan. Cukup untuk mengganjal perut setelah bermain air seharian.

Di sekitar air terjun juga tak penginapan. Jika hendak bermalam, Teman Traveler harus menuju Kota Bungo untuk mencari hotel. Di sana ada banyak pilihan hotel dan penginapan, tinggal disesuaikan dengan budget.

Perjalanan Menuju Air Terjun

View dalam perjalanan menuju lokasi (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Secara adminstrasi Telago Jando terletak di Desa Buat, Kecamatan Batin III Ulu, Kabupaten Bungo, Jambi. Bagi yang berasal dari luar Jambi, perjalanan dapat ditempuh dengan pesawat dari Jakarta. Selanjutnya dari Kota Bungo Teman Traveler harus melewati perjalanan sejauh 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam, menuju Desa Buat.

Teman Traveler bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Namun jika ingin lebih mudah, sebaiknya memakai kendaraan roda dua. Pasalnya, jalan dari desa menuju air terjun tergolong sulit dilalui mobil.

Jika baru pertama kali berkunjung dan tidak ditemani orang yang paham lokasi, sebaiknya Teman Traveler jangan sungkan meminta petunjuk arah pada masyarakat sekitar agar tak tersesat. Apalagi jalur menuju air terjun akan menembus hutan dan belum tersedia rambu penunjuk jalan.

Meski demikian, Teman Traveler jangan heran bila di lokasi nanti ada banyak pengunjung lain sedang bermain air atau bersantai. Pasalnya meski sulit dijangkau dan fasilitasnya minim, keindahan Telago Jando masih sudah jadi cukup populer di antara masyarakat sekitar.

Itulah ulasan singkat mengenai indahnya Air Terjun Telago Jando. Meski belum begitu populer, pesonanya sangat memukau. Sudah seharusnya tempat ini masuk dalam list destinasi yang wajib dikunjungi ketika Teman Traveler menyambangi Jambi.  Next

ramadan
Air Terjun Kembar Sarassa

Menyapa Air Terjun Sarassa, Pesona Alam Megah di Kaki Latimojong

Menikmati indahnya Pantai Lae-lae

Pantai Lae-Lae, Keindahan di Barat Makassar yang Jarang Terekspos