in ,

Pesona dan Karakter 4 Air Terjun Tertinggi Jawa Timur!

Nikmati Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur serta karakter dan kisahnya di sini!

Jawa Timur merupakan merupakan pulau dengan banyak gunung-gunung tinggi, mulai dari Semeru hingga Wilis. Dari banyaknya gunung, dimungkinkan akan banyak pula kemungkinan adanya air terjun. Dari Air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur, semua memiliki karakter dan kisah yang unik. Kalau Teman Traveler ingin menghabiskan weekend minggu depan di Jawa Timur, kamu bisa pilih air terjun atau coban di bawah ini untuk dijadikan destinasi wisata akhir pekan.

Baca juga : HATI-HATI, Kereta Gantung Bisa Error Hingga Berbahaya Seperti Ini

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura Lumajang via Instagram @creedboutique

Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Mempunyai tinggi hingga 200 meter, air terjun ini mempunyai pemandangan yang indah. Sumber air terjun tampak terlihat melengkung seperti mengepung pengunjung yang ada di bawah, lengkap dengan dinding bukit yang berlumut indah. Terletak di Probolinggo, air terjun Madakaripura kerap dikait-kaitkan dengan Patih Gajahmada ini meskipun tinggi namun tetap memiliki tempat yang cukup aman untuk digunakan bermain air. 

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu via Instagram @rizaludn

Mempunyai tinggi 120 meter, Air Terjun Tumpak Sewu ini terletak di Kabupaten Lumajang. Air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun terindah di Jawa Timur. Air Terjun ini mempunyai bentuk lengkung dan mata air yang banyak, sehingga wajar Air Terjun ini memiliki nama lain coban Sewu yang artinya seribu air terjun.  

Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi via Instagram @ragatpratama81

Air Terjun Kabut Pelangi terletak di Lumajang, dengan ketinggian kurang lebih 100 meter, air terjun ini mempunyai sumber cukup mengerucut dan punya volume air besar. Kabut pelangi sendiri dinamakan dari derasnya air yang turun dengan jumlah besar, sehingga menghasilkan layaknya kabut yang berasal dari cipratan air lembut yang terbawa angin. Selanjutnya kabut lembut dari air terjun sering terterpa matahari sehingga menimbulkan pantulan cahaya seperti pelangi yang tiada hentinya.

Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo via Instagram @explore_nganjuk

Berada di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, air terjun Sedudo terletak di daerah pegunungan Wilis. Mempunyai ketinggian berkisar 105 meter, air terjun ini tampak sangat tinggi dikarenakan tebing di sekitar air terjun sangatlah menjulang dan pemandangan pegunungan juga terlihat di sekitaran air terjun. Air Terjun Sedudo sendiri punya sumber air yang tidak berigtu besar, namun sumber air cukup tinggi, ditambah pada saat musim hujan, air terjun sedudo sering terlalu banyak menerjunkan air sehingga cukup membuat penampungan air full. Air terjun Sedudo sendiri sudah mempunyai riwayat cerita sejak jaman kerajaan Kediri yang melibatkan puteri raja dan penyakit kulitnya.

Mana yang paling dekat dengan daerah asal kamu Teman Traveler? Segera rasakan keindahan 
Next

ramadan
Indahnya Air Terjun Pulau Sumba

Empat Air Terjun Pulau Sumba, Cantiknya Luar Biasa

Jelajah ke Tempat Lahirnya Suku Batak Toba, Belajar Sejarah Sambil Lihat Panorama Indah