in , , , , , ,

Menikmati Segarnya Air Terjun Tiu Kelep Air, Wisata di Kaki Gunung Rinjani

Wisata di Kaki Gunung Rinjani yang Asik dan Menyegarkan

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep

Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang sangat mengagumkan. Pulau yang satu ini selalu menawarkan beberapa tempat wisata alam untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Di Kaki Gunung Rinjani contohnya, terdapat beberapa wisata air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi yang sangat populer yang ada di kaki Gunung Rinjani. Lokasinya berada di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Yuk simak ulasan berikut, Teman Traveler.

Baca juga : Rest Area Karangploso, Kulineran di Tengah Mudik

dsc_0172_ozE.JPG
Air Terjun Tiu Kelep (c) Khairunnas Mauliah

Jika Teman Traveler hendak menuju ke sini dan menempuh perjalanan dari Kota Mataram dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Untuk sampai di Air Terjun Tiu Kelep ini, Teman Traveler harus melewati air terjun yang juga cukup populer yaitu Air Terjun Sendang Gile yang memang berada dalam satu kawasan, jadi bisa menikmati dua air terjun sekaligus. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitaran lembah, dan akan terasa sejuk ketika Teman Traveler sudah berada di dekatnya. Biaya parkir di kawasan air terjun ini kurang lebih hanya Rp. 5.000/motor.

2019_08_13_08_xV5.jpg
Air Terjun Tiu Kelep (c) Khairunnas Mauliah
2019_08_13_10_HyP.jpg
Air Terjun Tiu Kelep (c) Khairunnas Mauliah

Untuk informasi tambahan bahwa arti kata Tiu Kelep ini dalam bahasa Sasak, yakni “Tiu” artinya “air” atau “kolam”, sedangkan “Kelep” artinya “terbang”. Jadi, Tiu Kelep artinya air yang terbang. Dimana airnya yang terlihat terbang karena curahan air terjun yang setinggi kurang lebih 45 m keluar dari bibir tebing ini mengalir cukup jauh terbawa angin. Dengan pesona alam yang dipancarkan oleh tempat wisata yang satu ini membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk datang. Diketahui bahwa jumlah wisatawan yang datang ke air terjun ini pun cukup banyak setiap harinya, terlebih di akhir pekan dan hari-hari libur. Karena fasilitas yang ada di kawasan ini juga cukup lengkap. Beberapa warung penjual makanan dan minuman sudah tersedia. Toilet umum dan tempat duduk juga tersedia bagi pengunjung. Jalur yang ditempuh untuk bisa sampai ke air terjun ini cukup jauh dari tempat parkir, sehingga pengunjung harus berjalan kaki melewati anak tangga yang terbilang banyak. 

2019_08_13_08_aQd.jpg
Air Terjun Tiu Kelep (c) Khairunnas Mauliah

Rasa lelah terasa namun hilang begitu saja saat dari kejauhan terdengar suara gemericik air sehingga semangat untuk segera melihat sumber suara tersebut semakin terasa. Alhasil, rasa lelah tadi terbayar saat melihat bentangan alam air terjun ini ditambah badan menjadi segar setelah terkena percikan dari airnya. Tidak dipungkiri juga akan ada rasa untuk segera berendam di air yang benar-benar menyegarkan serta warnanya yang bening. Tidak heran kalau sumbernya memang berasal dari kaki Gunung Rinjani. Selain berendam dan menikmati segarnya air terjun, Teman Traveler juga bisa menikmatinya dengan berfotoria dengan latar belakang air terjun yang instagenik.

2019_08_13_08_dDl.jpg
Air Terjun Tiu Kelep (c) Khairunnas Mauliah

Itulah ulasan mengenai Air Terjun Tiu Kelep yang ada di Kaki Gunung Rinjani. Tertarik untuk berwisata ke sini bukan, Teman Traveler? Selamat berlibur! Next

ramadan

Mondaycoffee.co, Merasakan Sensasi Ngopi di Dalam Gudang Tua, Kota Bandung

Itinerari Weekend Jakarta-Singapura, Short Escape Terbaik Anti Stres