in ,

Itinerari Weekend Jakarta-Singapura, Short Escape Terbaik Anti Stres

Liburan senang, hati puas

Singapura jadi salah satu destinasi favorit bagi warga Indonesia untuk short escape dari berbagai kesibukan dan penatnya pekerjaan. Ada banyak tempat yang indah, misalnya saja Haji Lane Berikut Travelingyuk sajikan itinerari weekend Jakarta-Singapura terbaik untuk dijadikan referensi berlibur singkat.

Baca juga : Begini Keseruan Vicky Shu Ajak Anaknya Pertama Kali ke Jepang, Bikin Gemas!

Kawasan wisata haji Lane via singaporeguidebook

Berangkat dari Rute CGK-SIN Rp354.000

Image may contain: plant, tree and outdoor
Jewel Changi Airport via Instagram/archi.claire

Ada berbagai pilihan untuk terbang ke Singapura. Alternatif termurahnya, Teman Traveler bisa menaiki Jetstar seharga Rp354.000. Berangkat dari Bandara Soetta (CGK) pukul 20.45 WIB dan tiba di Changi International Airport pukul 23.40 Waktu Singapura.

Selagi menunggu datangnya pagi, kalian bisa jalan-jalan di Bandara Changi sambil menikmati deretan spot instagramable, salah satunya di Canopy Park yang sajikan air terjun buatan tertinggi di dunia, lengkap dengan taman beraneka warna di sekelilingnya.

Urus Singapore Tourist Pass Buat Akses Transportasi Umum Sepuasnya Rp161.000/SGD16

Photo by 코끼리님 in Woodlands MRT Station.
Bebas ke mana saja dengan Singapore Tourist Pass via Instagram/kokirinim

Nah, untungnya di Singapura, semua jalan strategis terkoneksi dengan moda transportasi umum seperti MRT dan bus. Di sinilah Teman Traveler bakal butuh yang namanya Singapore Tourist Pass. Dengan kartu ini, kalian bisa naik moda transportasi sepuasnya tanpa perlu membayar lagi. Hemat kan?

Kartunya terbagi atas 1-day pass (SGD10), 2-day pass (SGD16), dan 3-day pass (SGD20). Karena kalian hanya 2 hari di Singapura, pilihlah yang 2-day pass saja. Oh ya, nantinya Teman Traveler juga akan diminta uang deposit sebesar SGD10 yang akan diambil jika kalian telat mengembalikannya.

Rehatkan Diri di Jamilla Boutique Inn Mulai Rp181.000/SGD 18

Photo by Jamilla Boutique Inn on May 01, 2018.
Jambilla Boutique Inn via Instagram/jamilla.inn

Setelah puas di bandara, kini saatnya kita cari akomodasi terbaik. Dari Stasiun Bandara, naiklah MRT yang nantinya akan berhenti di Stasiun Lavender. Sekitar 850 meter dari stasiun, Teman Traveler bakal menemukan Jambilla Boutique Inn.

Hostel ini memiliki desain klasik dan elegan, ditambah tempat tidur yang bersih dan nyaman. Wi-Fi yang kencang ditambah free breakfast nya bakal bikin kalian betah. Semua bisa didapat dengan harga Rp181.000 per malam.

Berburu Kuliner Hits Singapura di Old Airport Road Food Centre Mulai Rp20.000/SGD 2

Image may contain: coffee cup and food
Toast Hut, salah satu kuliner halal di Old Airport Road via Instagram/shewhoeats

Saatnya mencari makanan! Saran, Teman Traveler bisa menuju ke Old Airport Road yang letaknya sekitar 3,2 kilometer dari hostel. Kalian bisa menaiki bus umum di Halte Opp Nicoll Highway yang berjarak 450 meter dari Jamilla Boutique Inn.

Nantinya, kalian bakal berhenti di Halte Blk 39. Old Airport Road Food Centre berdiri megah di belakangnya. Nah, karena di sini rata-rata dijual kuliner non-halal, Teman Traveler bisa mencoba hidangan Toast Hut yang ada di dalam kompleks food centre. Ada roti panggang, telur, hingga kopi khas Singapura. Semuanya dijual per paket di bawah SGD4 atau Rp40.000.

Menuju Sentosa Island, Naik Bus + Jalan Kaki Biar Hemat

Image may contain: one or more people, people standing, night and outdoor
Pemandangan Singapura di waktu malam via Instagram/elsa_cyril

Sebenarnya ada beberapa cara menuju Pulau Sentosa. Mulai dari naik cable car dari Mount Faber seharga SGD18/Rp182.000, naik Sentosa Express dari Vivocity Mall seharga SGD4/Rp40.000, naik ojek online, atau jalan kaki.

Nah, biar ngirit, dari Old Airport Road, Teman Traveler bisa naik bus umum dari Halte Blk 22 sampai Opp Keppel DP Blk 517. Sehabis itu, kalian bisa berjalan kaki sejauh 2 kilometer hingga memasuki kawasan Pulau Sentosa.

Atau kalau Teman Traveler malas berjalan kaki terlalu jauh, kalian bisa menaiki Sentosa Express dari Vivocity Mall. Sebenarnya, moda transportasi ini hanya menarik biaya ketika berada di Vivocity Mall. Ketika sudah berada di kompleks Pulau Sentosa gratis dan bisa naik sepuasnya.

Jelajahi Pulau Sentosa Gratis

Photo by Sentosa. The State Of Fun. in Crane Dance Show, Sentosa Singapore....
Crane Dance di Pulau Sentosa via Instagram/sentosa_island

Siapa bilang Pulau Sentosa bikin kantong auto seret? Iya, jika Teman Traveler menjelajahi Universal Studios ataupun wahana eksklusif lainnya. Faktanya, masih banyak spot-spot gratis yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. Contohnya adalah atraksi Waterfront untuk menyaksikan Crane Dance tiap malam.

Image may contain: one or more people, sky, bridge, outdoor and nature
Jembatan instagenik di Pantai Siloso via Instagram/chantal_fly

Ingin bersantai di tepian pantai? Kalian bisa mengunjungi Pantai Siloso. Destinasi favorit ini menyajikan pemandangan pesisir lautan yang indah dan menawan. Teman Traveler bisa mencoba jembatan tali yang instagenik di sini, loh!

Lapar? Coba Hidangan Autentik Melayu di Hj. Maimunah Restaurant Mulai Rp80.000/SGD8

Image may contain: food
Suasana di dalam restoran via Instagram/hjhmaimunahrestaurant

Sekitar 450 meter dari hostel, ada restoran yang menjajakan kuliner khas Melayu. Pastinya aman buat Teman Traveler yang sedang berburu makanan halal. Memang harus diakui harganya cukup pricy jika dikonversikan IDR, yakni Rp80.000 seporsinya atau SGD8. Tapi worth it kok! Rasanya juara banget! Ada rendang, ayam bumbu, nasi padang, dan sebagainya.

Hari Kedua, Check Out Sekaligus Berburu Spot Instagramable di Little India

Image may contain: sky, tree, cloud and outdoor
Pemandangan Little India via Instagram/amfixasarww

Jika Teman Traveler ingin segera meninggalkan Singapura di siang hari, ada baiknya kalian segera check out di pagi setelah sarapan. Destinasi terbaik buat dikunjungi selagi menunggu jadwal pesawat adalah Little India. Jaraknya hanya 1,4 kilometer dari hostel, jadi jalan kaki saja sudah cukup kok.

Image may contain: one or more people, people standing and outdoor
Bisa berfoto hits di sini via Instagram/frangipala

Di sini, kalian bakal menemukan deretan perkampungan India dengan desain mural yang khas dan etnik. Lebih dari itu, kawasan ini punya spot foto instagramable yang luar biasa banyak! Bakal cocok buat melengkapi itinerari weekend Jakarta-Singapura kalian.

Image may contain: one or more people and outdoor
Berfoto di depan Tan Teng Niah via Instagram/diariode2maletas

Di sepanjang jalanan Tan Teng Niah, Teman Traveler bakal menemukan rumah-rumah yang dihias dengan cantik. Teruntuk kalian pecinta konten etnik dan khas, kawasan ini bakal jadi surga terbaik dengan beribu konsep dan angle yang pas.

Tutup Short Escape Trip dengan Berfoto Bersama Patung Singa di Merlion Park

Image may contain: one or more people, people standing, skyscraper, sky and outdoor
Berfoto unik di Merlion Park via Instagram/___freeeeedom___

Belum ke Singapura kalau tidak mengunjungi Merlion Park. Nanti Teman Traveler bisa naik MRT dari Little India MRT Station, sekitar 350 meter dari Little India, lalu turun di Promenade MRT Station. Di sana kalian sudah bakal menemukan pesona patung singa ikonik yang jadi simbol Singapura. Berfotolah dengan gaya tergokil dan anti mainstream kalian!

Untuk menuju Bandara Changi, Teman Traveler bisa naik bus umum dari Halte Raffles Hotel menuju Halte Bef Changi Airport PTB3. Jangan lupa kembalikan Singapore Tourist Pass biar tidak terkenal penalty fee ya!

Itulah tadi itinerari weekend Jakarta-Singapura terbaik yang bisa kalian contek. Teman Traveler bisa kembali ke Jakarta naik maskapai Jetstar seharga Rp755.100. Pesawat ini berangkat dari Bandara Changi pukul 13.30 Waktu Singapura dan tiba di Bandara Soetta pukul 14.00 WIB. Next

ramadan
Air Terjun Tiu Kelep

Menikmati Segarnya Air Terjun Tiu Kelep Air, Wisata di Kaki Gunung Rinjani

5 Hotel Tengah Hutan di Bandung, Short Escape Terbaik di Spot Instagenik