in , ,

Alam Sambangan, Infinity Pool dengan View Alam Singaraja

Kagumi Apiknya Panorama Sambil Berenang di Alam Sambangan

Kolam Alam Sambangan
Kolam Alam Sambangan (c) Suarcani/Travelingyuk

Berenang merupakan salah satu aktivitas ampuh untuk menyegarkan tubuh sekaligus pikiran. Apalagi jika ditemani perbukitan indah. Jika sedang berada di Bali, kalian bisa rasakan sensasi tersebut dengan mampir ke kolam renang Alam Sambangan yang ada di sisi utara Pulau Dewata.

Baca juga : Desa Terbengkalai yang Masih Terlihat Cantik, Ada yang Hampir Ditelan Bumi!

Terletak di Desa Sambangan

Desa Sambangan merupakan sebuah desa agraris di lereng perbukitan. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, sehingga di sepanjang jalan menuju kolam kalian bakal dimanja pemandangan hijau nan segar khas persawahan.

Berangkat menuju sini juga tak butuh waktu lama. Jika berangkat dari Singaraja, Teman Traveler hanya perlu meluncur ke traffic light Sambangan, lanjutkan dengan lurus hingga sampai di Desa Sambangan.  Agar tak tersesat, kalian bisa gunakan panduan dari aplikasi Google Map. Tenang saja, petunjuknya akurat kok.

Saya sendiri berangkat dari sekitaran kampus Undiksa, Singaraja. Perjalanan sejauh 8,5 kilometer ini bisa saya tempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Kondisi jalanan relatif sepi, namun harus tetap hati-hati karena kondisinya sedikit sempit.

Infinity Pool dengan View Perbukitan

Area Piknik (c) Suarcani/Travelingyuk
Area piknik (c) Suarcani/Travelingyuk

Infinity pool belakangan ini memang tengah tren, apalagi jika kolamnya berada di area terbuka. Nah, konsep terasa sungguh tepat diterapkan di Alam Sambangan karena pemandangan yang tersaji benar-benar seolah tak terbatas. Dari tepi kolam, Teman Traveler bakal dimanja indahnya pemandangan bukit dan jurang di bawahnya.

Ukuran kolamnya sendiri tak begitu luas, dengan bentuk persegi panjang. Kedalamannya hanya antara satu hingga satu setengah meter, cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Di salah satu sudutnya, Teman Traveler juga bisa rasakan berendam di gelembung air.

Alam Sambangan sediakan banyak pancuran untuk membilas tubuh. Kamar mandinya juga lumayan bersih. Selain itu, jumlahnya juga cukup
banyak, sehingga kalian tidak perlu takut mengantre lama hanya untuk berganti pakaian.

Area Piknik dan Santai Keluarga

Kolam Renang Alam Sambangan (c) Suarcani/Travelingyuk
Suasana di sekitar kolam renang (c) Suarcani/Travelingyuk

Setelah lelah berenang, Teman Traveler bisa langsung bersantai di area piknik yang tersedia. Ada sejumlah meja piknik, lengkap dengan bean bag di sekitarnya. Di tepi kolam, kalian juga bakal temukan sejumlah sun bed plus payung. Andai kehabisan tempat, boleh juga kok lesehan di halaman kolam yang asri dan teduh.

Teman Traveler juga bisa menyantap aneka makanan dan minuman. Pilihan menunya beragam, mulai dari sajian tradisional ala Bali, western
food
semacam pizza, chinese food, hingga menu vegetarian. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp20.000-an saja per menu.

Bermain Ayunan (c) Suarcani/Travelingyuk
Ayunan artistik (c) Suarcani/Travelingyuk

Puas makan dan bersantai, Teman Traveler bisa mulai berburu foto. Spot paling mempesona di sini adalah pinggiran area piknik yang berdampingan langsung dengan jurang dan perbukitan. Bagi yang menyukai spot foto tematik kekinian, bisa juga mencoba berpose di ayunan, bulan sabit warna kuning, atau spot bentuk burung.

Tempat Nongkrong Artistik

Area Kafe (c) Suarcani/Travelingyuk
Tempat nongkrong keren (c) Suarcani/Travelingyuk

Selain untuk rekreasi, tempat ini juga menyediakan kafe yang cocok sekali untuk nongkrong. Didominasi elemen kayu bercat putih, kawasan ini dihiasi deretan kursi unik.  

Di sini Teman Traveler juga bisa temukan aneka spot foto dengan latar gambar kupu-kupu. Pada momen-momen tertentu, seperti malam minggu misalnya, kalian bisa nikmati makan malam dengan ditemani pertunjukan musik akustik. Oh ya, tempat ini juga bisa disewakan untuk berbagai acara seperti perayaan ulang tahun.

Alternatif Wisata Murah dan Seru

Untuk melepas lelah di Alam Sambangan, Teman Traveler tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuknya hanya dibanderol Rp15.00 untuk wisatawan lokal dan Rp30.000 turis asing. Tarif ini berlaku fix ya, tak peduli kalian berenang atau tidak.

Kolam renang yang mulai beroperasi sekitar 2015 ini buka tiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga 22.00. Waktu paling sempurna untuk datang adalah pagi hari, karena kalian bisa berenang sambil menanti panorama mentari terbit dari balik bukit. Jika ingin datang bersama pasangan, candle light dinner di sini juga bisa jadi pilihan romantis.

Bila Teman Traveler sedang jelajah wisata di Bali, sempatkan untuk berenang di Alam Sambangan, ya. Jadi sudah siap liburan ke Pulau Dewata? Next

ramadan

Istana Wayang Jogja, Konsisten Hasilkan Karya Berkualitas Sejak 1962

Coban Pelangi, Corak Keindahan Abadi di Malang