in , , , ,

Alun-alun Kota Pacitan, Tempat Nongkrong Nyaman dengan Fasilitas Hiburan yang Lengkap

Tempat Nongkrong Seru dan Asik di Alun-alun Pacitan

Ikon Alun-alun Pacitan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Taman kota Pacitan atau lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan Alun-Alun Pacitan adalah salah satu ikon Kota Pacitan dan masuk dalam daftar wisata di Kabupaten Pacitan tentunya. Taman masyarakat ini bisa di kunjungi oleh siapapun secara geratis. Apa saja dasilitas yang ada di alun-alun ini? Yuk simak ulasan berikut.

Baca juga : Kelakuan Menyebalkan Turis di Bali yang Baru-baru Ini Terjadi

Letak Alun-alun

Kantor Bupati Pacitan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Letaknya yang sangat strategis berada di pusat atau jantung Kota Pacitan. Berada dekat dengan Masjid Agung Darul Falah Pacitan di sebelah barat, dan juga Pendopo Kantor Bupati Pacitan tepat di depan alun-alun. 

Berbagai Kegiatan Bisa Dilakukan di Alun-alun

Spot Menarik dan Lucu (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Walaupun siang hari, taman kota ini tidak pernah sepi pengunjung. Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan di sini contohnya seperti expo kuliner untuk mengembangkan usaha menengah kebawah di daerah Pacitan. Jadi banyak pengunjung yang berdatangan ke sini untuk melihat dan mencicipi kuliner dari pagi sampai malam.

Stand Makanan

Stand Makanan (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Di sisi timur dan barat taman juga banyak stand penjual makanan yang berderet rapi yang buka setiap hari, biasanya buka mulai pukul 3 sore sampai malam.

Stand ini menjajakan makanan dan jajanan khas Pacitan, seperti sate, tahu dan jadah bakar khas Pacitan, jajanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Alun-alun Pacitan dengan rasa yang sudah tidak bisa diragukan lagi.

Suasana Alun-alun Saat Sore (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Hal menarik dari semua stand makanan di sini adalah tempat makannya lesehan, kalaupun ada yang menggunakan kursi atau bangku hanya beberapa saja namun kebanyakan lesehan. Meskipun hanya lesehan beralaskan tikar sederhana namun suasana yang nyaman dan lingkungan yang bersih akan membuat Teman Traveler sangat senang nongkrong di area stand alun-alun ini.

Harga Menu Makanan

Bangku Taman (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Harga menu makanan di sini juga sangat ramah di kantong, karena itulah anak muda juga sering menjadikan stand alun-alun ini tempat untuk berkumpul.

Fasilitas Bermain untuk Anak dan Gazebo

Taman Bermain (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Selain stand makanan, di Taman Kota ini juga di lengkapi dengan beberapa fasilitas bermain untuk anak anak, ada ayunan, perosotan dan jungkat jungkit.

Sarana Olahraga Basket dan Voli

Lapangan Basket dan Voly (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Terdapat pula lapangan basket dan voli yang sering di gunakan untuk berolahraga. Teradapat juga beberapa gazebo di area alun-alun untuk bersantai sambil menikmati suasana di sana.

Car Free Day

Tempat Duduk yang Kece (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Setiap hari minggu ada acara rutin yang di adakan oleh pemerintah setempat yaitu Car Free Day yang dimulai pukul 06:00 sampai pukul 09:00. Masyarakat Pacitan menggunakan momen ini untuk berolahraga bersama keluarga, ataupun sahabat.

Rumah Burung

Rumah Burung Dara (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Selain lengkap dengan fasilitas umumnya, di Taman Kota ini terdapat Rumah Burung Dara. Pemerintah setempat membuat rumah burung dara di sekitar taman sehingga ada beberapa burung dara yang di pelihara di area ini.

Menjadi pusat berkumpul, Taman Kota ini selalu terawar mulai dari kebersihan, kerapian taman, dan keindahan tanaman yang ada di sekitar.

Fasilitas Kolam Air Mancur

Kolam Air Mancur (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Jika beruntung, Teman Traveler bisa menyaksikan indahnya air mancur menari di sini, biasanya saat malam minggu air mancur menari sangat keren, ditambah lagi dengan indahnya lampu kerlap kerlip. Malam hari, wisata ini ramai dengan pengunjung, mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Taman yang Bersih dan Terjaga (c) Ariska Sukma Ningrum/Travelingyuk

Muda mudi Kabupaten Pacitan juga sering menggunakan alun-alun ini untuk berkumpul bersama teman dan komunitasnya. Di alun-alun ini Teman Traveler tidak hanya bisa berfoto saja, tetapi juga bermain dan wisata kuliner. Jadi jika Teman Traveler berkunjung ke Pacitan, jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke alun-alun Pacitan ya Teman Traveler. Next

ramadan

Belum ke Medan Kalau Tidak Mengunjungi Istana Maimun yang Megah nan Eksotik

Kebun Teh Wonosari Utara Malang yang Memanjakan Mata