in , ,

Pesona Baru Alun-alun Lumajang, Kian Cantik dan Memesona, Pas untuk Ngabuburit

Menjelajah Tiap Sudut Cantik Alun-alun Lumajang

Alun-alun Lumajang
Alun-alun Lumajang (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Dua tahun belakangan Lumajang terasa kian ramai. Salah satu sebabnya tak lain adalah Alun-Alun Lumajang yang semakin cantik dan mempesona. Pemerintah setempat berinisiatif melakukan pembenahan dan tiap sudutnya dipercantik sedemikian rupa. Siap jadi daya tarik anyar untuk wisatawan, lokal maupun mancanegara.

Baca juga : Melihat Citylight di Bukit Alesano Bogor Sambil Berkemah

Alun-alun Lumajang tampak depan (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Dulunya Alun-alun Lumajang tak seindah sekarang. Sempat terkesan kuno, pengap, dan tak bersahabat lantaran dibatasi pagar tebal. Namun semua berubah 180 derajat usai Pemerintah Kabupaten melakukan renovasi. Kabarnya renovasi ruang publik ini menelan dana hingga tujuh miliar rupiah.

Salah satu sudut alun-alun (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Memang benar kata orang, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Alun-Alun Lumajang kini tampil dengan wujud baru. Pagar dirobohkan. Trotoar diperlebar. Tiap sudutnya dihiasi air mancur menari. Disediakan fasilitas playground dan fitness center. Bunga-bunga juga diperbanyak dan taman dipercantik di wisata Lumajang ini bisa menjadi salah satu lokasi ngabuburit yang pas.

Sudut Religi yang Menentramkan Hati

Sudut bernuansa religi di dalam alun-alun (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Tak hanya sekedar menjadi ruang terbuka publik, Alun-alun Lumajang juga dilengkapi sedikit sentuhan religi. Di bagian barat alun-alun, tepatnya di seberang Masjid Jami, terdapat sebuah trotoar luas. Bagian ini dihiasi pintu berbentuk kubah. Sementara di pinggir jalan tampak kaligrafi panjang nan menawan.

Air Mancur Jadi Hiburan Favorit

Alun-Alun ini memiliki dua air mancur. Jika berjalan ke sisi Tenggara, Teman Traveler akan menemukan air mancur dengan aliran sungai di bawahnya. Sementara di sisi timur laut, air mancurnya mengalir dari bagian dasar ubin dengan hiasan pilar warna-warni asimetris di sekelilingnya.

Air terjun dengan hiasan pilar asimetris (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat air mancur menari yang ikonik di sini. Begitu malam tiba, pancaran air akan memantulkan sederet grafis keren. Atraksi ini kerap jadi favorit para pengunjung.

Playground Ramah Anak

Playground di dalam alun-alun (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Alun-Alun ini juga menyediakan area bermain khusus anak-anak alias playground. Wahana permainan yang disediakan cukup beragam. Selain ayunan, ada juga jungkat-jungkit, seluncuran, dan masih banyak lagi. Area ini bisa dibilang cukup aman, asalkan orang tua jangan sampai lalai mengawasi si kecil.

Area Aman Khusus Lansia

Taman Lansia (c) Rhoshandhayani KT/Travelingyuk

Inilah bagian Alun-Alun Lumajang yang tidak dipugar atau direnovasi sama sekali. Sejak dulu, Taman Lansia sudah dirancang sedemikian rupa agar nyaman untuk warga senior. Beberapa fasilitas pendukung disediakan, termasuk jalur berbatu untuk pijat refleksi.

Fitness Center

Fitness Center di Alun-alun (c) Rhoshandhayani/Travelingyuk

Tepat di sebelah Taman Lansia, Teman Traveler bisa menemukan fitness center. Ada sekitar 10 alat olah kebugaran dan semuanya boleh digunakan secara gratis tanpa kenal waktu. Perlatan tersebut terbuat dari besi, didesain permanen dan awet.

Itulah sederet fasilitas anyar di Alun-Alun Lumajang, yang kini tampak kian cantik dan mempesona. Teman Traveler yang berada di Jawa Timur, kapan kalian main-main ke sini? Jangan lupa ajak teman dan keluarga ya. Next

ramadan
Udara Bali

Resort Udara Bali, Tempat Pelarian Sempurna Tuk Singkirkan Stress yang Melanda

Mak Semarangan Jogjakarta

Mak Semarangan Jogja, Menu Jawa Pesisir Utara dengan Rasa Juara yang Pas untuk Berbuka