in , , , ,

Alun-alun Purbalingga, Buru Kuliner Khas hingga Nikmati Ragam Wahana

Berburu Kuliner Sembari Nongkrong Asik di Alun-alun Purbalingga

20190723_184010_01_1_n8A.jpg
Alun-alun Purbalingga (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Purbalingga, kini mulai dikenal publik sebagai salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan berbagai destinasi wisata menarik. Mulai dari edukasi, religi, alam, hingga kuliner yang tidak pernah sepi peminat. Buktinya sepanjang tahun 2018 saja, Kabupaten Purbalingga mampu menarik hingga lebih dari 3,7 juta wisatawan.

Baca juga : Soto Ayam Kraksaan Pak Koya, Resep Turun Menurun Menggoyang Lidah

Meskipun masih didominasi oleh wisatawan lokal, namun hal ini membuktikan bahwa Purbalingga sudah mulai menarik minat wisatawan. Rasanya sayang jika datang ke Purbalingga namun tidak sempat untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang belakangan tengah viral termasuk salah satunya Alun-alun Purbalingga.

20190728_104045_01_1_tP1.jpg
Alun-alun saat Siang (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Alun-alun Purbalingga yang terletak di pusat kota ini kini banyak dilirik oleh wisatawan. Bagi Teman Traveler yang hobi mencicipi aneka kuliner dari berbagai daerah wajib hukumnya untuk jalan-jalan ke Alun-alun Purbalingga, terutama saat malam hari. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini sebagai referensi Teman Traveler sebelum berkunjung ke sini.

Pusat Kuliner Ditengah Kota

20190723_183751_01_pHS.jpeg
Jejeran Kuliner (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Selain sebagai jantung kota, alun-alun kerap dijadikan sebagai titik kumpul atau tempat bertemu. Letaknya yang strategis dan berada di pusat kota, menjadi faktor utama mengapa banyak orang lebih memilih alun-alun sebagai tempat pertemuan maupun patokan saat berada di daerah tertentu.

Begitupula dengan Alun-alun Purbalingga, bahkan saat malam hari berhasil menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Destinasi ini juga menjadi tempat pertama yang akan didatangi baik oleh masyarakat setempat maupun wisatawan untuk berburu aneka kuliner.

Mulai dari jajanan hingga makanan berat yang tersedia komplit, bahkan tak jarang Teman Traveler jumpai deretan penjual buah mulai dari duku hingga durian. Salah satu jajanan yang menjadi favorit pengunjung adalah cilor dan maklor kabayan. Pada hari biasa, menikmati satu porsi cilor maklor Kabayan harus mengantri paling tidak 20 hingga 30 menit.

20190728_174540_1_01_IOK.jpeg
Ragam Spot Instagenic (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Dari sekian banyak penjual jajanan, ditengah Alun-alun Purbalingga biasanya hanya cilor dan maklor Kabayan yang selalu ramai diserbu pengunjung. Satu porsinya hanya dihargai Rp5.000. Teman Traveler boleh memilih salah satu atau mencampurnya sesuai selera.

Selain itu, Teman Traveler jangan lupa untuk mencicipi aneka hidangan khas Purbalingga seperti Sate Blater yang terkenal gurih dan empuk lengkap dengan bumbu ungkep kuning, atau mendoan panas lengkap dengan sambal kecap cabe rawit ditemani segelas kopi hitam panas.

Teman Traveler bisa puas memanjakan mulut sekaligus mengisi perut di Alun-alun Purbalingga. Tidak hanya makanan loh Teman Traveler, kebutuhan fashion juga bisa Teman Traveler jumpai di alun-alun ini. Mulai dari sendal jepit hingga pakaian. Harganya pun tergolong murah, sehingga ramah di kantong para backcpaker.

Menikmati Malam dengan Keluarga

20190723_184218_01_3Yt.jpeg
Banyak Hiasan Menarik (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Menjadi destinasi wisata dan kuliner, membuat Alun-alun Purbalingga sangat cocok untuk dijadikan tempat jalan-jalan santai bersama keluarga. Banyak orang yang memilih mengajak keluarga dan orang-orang terdekat untuk menghabiskan malam sempurna di Purbalingga.

Bahkan Teman Traveler tidak perlu khawatir jika ingin mengajak si kecil untuk ikut bermain di Alun-alun Purbalingga, pasalnya ada banyak sekali wahana yang bisa dijajal mulai dari odong-odong, mobil-mobil ATV berukuran kecil, penyewaan skuter, sepeda hias, dan beberapa wahana lainnya.

Tempat Nongkrong Murah Meriah

20190723_183725_01_m9m.jpeg
Tempat Nongkrong (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Bagi kawula muda, Alun-alun Purbalingga kerap kali dijadikan sebagai arena nongkrong dan titik temu. Sembari ngobrol bersama rekan-rekannya, biasanya mereka akan memesan segelas kopi. Tak jarang juga yang memilih untuk nongkrong di warung-warung lesehan sambil memesan seporsi makanan untuk menemani malam mereka sembari bersantai sambil sesekali berdiskusi. Selain tersedia aneka kuliner yang memanjakan lidah, nongkrong di Alun-alun Purbalingga juga hemat budget, dengan modal sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000, Teman Traveler sudah bisa mengisi perut sampai kenyang.

Dekat dengan Beragam Fasilitas

20190723_184159_01_6sv.jpeg
Dekat Fasilitas Lain (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Bagi para wisatawan dan backpacker yang memang belum terlalu mengenal Purbalingga, keberadaan sentra kuliner saat malam hari sangat membantu. Selain bisa memillih berbagai menu makanan ala kaki lima dengan harga yang murah meriah. Alun-alun Purbalingga juga dekat dengan berbagai fasilitas seperti Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Purbalingga, Masjid Agung Darussalam, Perpustakaan, hingga objek wisata lain seperti Museum Soegrada yang berada di depan alun-alun, serta beberapa penginapan.

20190728_174649_01_jB1.jpeg
Semakin Ramai saat Malam (c) Eka Oktafikasari/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ingin membeli sesuatu juga sangat mudah, hampir semua kebutuhan sehari-hari akan dengan mudah Teman Traveler jumpai. Jika ditanya terkait transportasi, Alun-alun Purbalingga dilalui oleh berbagai alat transportasi baik umum maupun yang harus dipesan terlebih dahulu. Teman Traveler bisa berwisata malam sekaligus berwisata kuliner di Alun-alun Purbalingga! Seru banget kan? Next

ramadan

Camilan Enak di Botani Square Bogor, Jangan Sampai Salah Pilih!

Desa Wisata Cibuntu, Camping Asik Ditengah Suasana Menarik