in , , , , , ,

Desa Wisata Cibuntu, Camping Asik Ditengah Suasana Menarik

Desa Cibuntu, Destinasi Wisata dengan Fasilitas Lengkap nan Memanjakan di Jawa Barat

Tidak hanya populer dengan destinasi wisata pantai, hutan tropis dan pulau-pulau kecilnya, Indonesia juga punya daya tarik dari deretan desa wisata yang dimilikinya. Salah satu desa terbaik Indonesia adalah Cibuntu yang berlokasi di Jawa Barat. Setiap tempat tentu memiliki daya tarik tersendiri begitu pula Desa Wisata Cibuntu yang dapat Teman Traveler simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Pulau Adonara, Keindahan Desa Wisata di Nusa Tenggara Timur

Alam yang Memesona

Dekat dengan Hutan Pinus via Instagram @ghanyabdul91

Setiap desa wisata pasti memiliki ketertarikan sendiri, begitu pula dengan Cibuntu yang memiliki pemandangan alam nan indah lengkap dengan panorama Gunung Ciremai yang apik sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Selain panorama alam disekitarnya, masyarakat Desa Wisata Cibuntu juga mengelola wisata alam dan budayanya dengan sangat baik. Tidak hanya menarik minat wisatawan, melainkan juga meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Ragam Aktivitas Menarik

Kolam Renang via Instagram @kimfloating

Meski telah menjadi area wisata, namun destinasi yang satu ini tidak merubah ciri khas yang dimilikinya termasuk suasana pedesaan yang alami karena memang destinasi ini dilestarikan dengan cara yang masih tradisional. Tidak hanya itu, Teman Traveler dapat menemukan beragam aktivitas menarik seperti mengunjungi Komplek Domba, menyaksikan musik angklung yang dimainkan oleh anak-anak desa hingga wisata offroad cibuntu bagi Teman Traveler yang suka menyusuri jalan-jalan hutan.

Desa Wisata Terbaik

Area Bambu via Instagram @siskaram__

Pada tahun 2017 lalu, Desa Wisata Cibuntu bahkan telah mendapatkan predikat kedua sebagai Desa Wisata Community Based of Tourism (CBT) dari Kementrian Pariwisata di bawah Bali dan di atas Jogja. Selain itu, Desa Cibuntu bahkan pada tahun yang sama juga masuk dalam 5 desa wisata terbaik di tingkat ASEAN untuk rumah tinggal pelancong. Tidak heran karena memang Cibuntu juga memiliki salah satu homestay terbaik di ASEAN yang dikenal dengan nama Homestay Teratai atau populer dengan sebutan Homestay Bu Narjo.

Lokasi dan Tiket Masuk

Camping di Area Desa via Instagram @pagergunungcampsite_cibuntu

Desa yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 1000 jiwa ini berlokasi di kaki Gunung Ciremai. Jauh dari pusat Kota Kuningan, membuat suasana di desa ini begitu tenang lengkap dengan udara yang menyejukkan. Jangan heran jika datang ke sini, Teman Traveler akan menemukan banyak tenda karena tidak sedikit orang memilih untuk bermalam di area desa.

Tiket masuk wisata dibanderol sangat murah yakni Rp5.000, namun jika ingin camping Teman Traveler harus mengeluarkan budget lebih yakni Rp250.000. Meski terbilang cukup mahal, namun harga ini sudah lengkap dengan makan 3 kali. Terdapat pula kolam berenang yang bisa Teman Traveler nikmati hanya dengan merogoh kocek Rp10.000 bagi orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Itulah beragam daya tarik yang dimiliki oleh Desa Wisata Cibuntu. Teman Traveler yang akan berlibur ke Jawa Barat khususnya daerah Kuningan, dapat merajut liburan sempurna bersama dengan keluarga di desa wisata ini. Fasilitas memanjakan lengkap dengan suasana pedesaannya begitu sayang untuk dilewatkan.

Next

ramadan

Alun-alun Purbalingga, Buru Kuliner Khas hingga Nikmati Ragam Wahana

Jelajah Kampung Kauman, Kentalnya Grafitasi Budaya di Kota Batik