in ,

Ampo, Camilan Khas Tuban yang Terbuat dari Bahan yang Bikin Melongo

Kuliner Ampo Khas Tuban Terbuat dari Tanah Liat Panggang

Via Instagram rennyrh3
Via Instagram rennyrh3

Ampo merupakan kuliner khas Tuban yang banyak digemari masyarakat setempat. Sebenarnya camilan satu ini tidak hanya di daerah Tuban saja, ada juga di Jawa Barat dan juga Jawa Tengah. Tapi yang paling terkenal adalah dari wilayah Kota Wali, Tuban. Ini merupakan kuliner yang sangat unik dan terbuat dari bahan yang tidak biasa.

Baca juga : Mengenal Bandar Udara Kertajati, Bandara Terbesar Kedua Indonesia

Buat kamu masyarakat Tuban pastinya sudah sangat akrab dengan camilan satu ini. Tapi tentu saja buat masyarakat dari daerah lainnya, kurang familiar dengan ampo. Mari kita ulas lebih lanjut mengenai ampo ini.

Terbuat dari Lempung atau Tanah Liat

Penampakan ampo khas Tuban, Via Instagram rennyrh3
Penampakan ampo khas Tuban, Via Instagram rennyrh3

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ampo khas Tuban terbuat dari bahan yang sangat tidak biasa. Bahannya adalah lempung atau tanah liat. Tapi bukan sembarang tanah liat yang digunakan. Hanya tanah liat yang memiliki kualitas bagus terbebas dari kerikil dan juga pasir yang dimanfaakan untuk membuat camilan yang unik ini.

Resep Membuat Ampo

Siapa yang mau, Via Instagram 4rifwibowo
Siapa yang mau, Via Instagram 4rifwibowo

Untuk membuat ampo, bahan yang dibutuhkan adalah tanah liat saja. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit dan cepat. Begini cara orang-orang Tuban memproses tanah liat menjadi ampo.

  • Tanah liat ditumbuk sesekali diberi air dan dibentuk menjadi segi empat
  • selanjutnya tanah liat dibentuk gulungan,
  • barulah ampo yang mentah ini diasapi atau dipanggang selama kurang lebih satu jam
  • angkat kemudian bisa langsung dimakan.

Dipercaya Menguatkan Sistem Pencernaan

Mirip cokelat ya? Via Instagram hlmahmdh
Mirip cokelat ya? Via Instagram hlmahmdh

Kuliner satu ini telah menjadi makanan khas Tuban yang turun temurun. Meskipun terbuat dari bahan baku yang sangat tidak biasa, ampo dipercaya bisa menguatkan yang namanya sistem pencernaan. Bahkan juga, masyarakat setempat percaya jika mengkonsumsi ampo secara teratur bisa mengobati beberapa macam penyakit.

Dijual Sebagai Oleh-oleh

Ampo khas Tuban, Via Instagram ilovetuban
Ampo khas Tuban, Via Instagram ilovetuban

Saking populernya ampo ini, tak hanya masyarakat setempat saja yang gemar menyantapnya. Bahkan, ampo juga menjadi oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Tuban. Untuk harganya sendiri, kisaran Rp20.000. Tapi pastikan dulu sebelum membawa ampo sebagai oleh-oleh, keluarga di rumah mau mengkonsumsi camilan unik ini.

Kuliner khas Tuban yang begitu unik dan berbeda dari yang lainnya ya. Tapi nih satu hal yang pasti sebelum mengkonsumsi ini, usahakan untuk memilih ampo yang benar-benar bersih. Supaya kesehatan tetap terjaga dengan baik. Bagaimana, apa kamu mau coba ampo khas Tuban? Next

ramadan

Kuliner Legendaris Jakarta, Puasin Makan Sebelum Puasa

Via Instagram layjulay_

Cikao Park, Tempat Liburan Keluarga dan Spot Instagenik di Purwakarta