in , ,

Panduan Mengunjungi Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja

Tips Liburan ke Komplek Candi Angkor Wat

Sunrise di sekitar Angkor Wat
Sunrise di sekitar Angkor Wat (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Angkor Wat merupakan sebuah komplek candi terkenal di Kamboja. Destinasi populer ini juga sempat jadi lokasi syuting film Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie.

Baca juga : 5 Kuliner Khas Makassar, Liburan Kenyang Anti Nyasar

Sebelum Teman Traveler mengunjungi Angkor Wat, ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui. Pastikan jangan sampai terlewat agar perjalanan kalian semakin mulus dan menyenangkan. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

Sekilas Angkor Wat

Arsitektur tradisional Kamboja (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Sebelum membahas Angkor Wat, ada baiknya Teman Traveler mengetahui sedikit soal komplek candi yang terletak 5,5 km dari Siem Reap ini. Dibangun sekitar Abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II, bangunan kuno ini berada di sisi selatan komplek percandian Angkor.

Tradisi Umat Buddha di Kamboja (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Candi ini merupakan simbol penting Kamboja. Tak heran jika situs ini lantas dimasukkan dalam bendera nasional sejak 1863. Popularitasnya juga semakin meningkat dan tercatat dikunjungi tak kurang dari 1,2 juta wisatawan dari seluruh dunia per tahunnya.

Cara Menuju Siem Reap

Perbatasan Thailand-Kamboja (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Siem Reap merupakan kota terdekat dari Angkor Wat. Kota terbesar kedua Kamboja ini jaraknya sekitar empat jam perjalanan dari Pnom Penh. Di sini Teman Traveler akan menemukan banyak bangunan tua berarsitektur kolonial dan Tiongkok.

Hingga kini belum ada maskapai penerbangan yang membuka rute langsung dari Indonesia ke Siem Reap. Teman Traveler wajib transit dulu di Kuala Lumpur atau Bangkok, sebelum melanjutkan perjalanan. Jika memilih transit di Bangkok, kalian bisa mencapai Siem Reap dengan naik bus. Namun perjalanan bakal memakan waktu kurang lebih 12 jam.

Lanjut ke Angkor Wat

Pemandangan dari dalam Tuk-tuk
Pemandangan dari dalam Tuk-tuk (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Angkor Wat terpisah jarak sekitar lima kilometer dari Siem Reap atau bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 15 menit. Teman Traveler takkan menemukan bus kota atau kereta di sini. Sebagai alternatif transportasi, kalian bisa memesan taksi. Jika ingin lebih murah, bisa menggunakan kendaraan tradisional tuk-tuk.

Dua kendaraan tersebut bisa Teman Traveler temukan di hampir tiap sudut Siem Reap. Jangan lupa nego terlebih dulu karena pemilik kendaraan sering memberi tarif seenaknya, terutama pada wisatawan asing. Setelah sepakat, mereka akan siap mengantar kalian mengelilingi komplek angkor, plus mengantar lagi ke penginapan.

Sebagian penginapan di Siem Reap juga menyediakan taksi dan tuk-tuk khusus bagi para tamu hotel. Selain praktis, rate tarifnya juga lebih murah dibanding mencari sendiri.

Tiket Masuk

Awal Februari 2017, tiket masuk Angkor Wat naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya, yakni USD37 atau kira-kira Rp521.700. Cukup mahal memang, tapi sangat worth it dengan apa yang bisa Teman Traveler nikmati di sana. Jangan lupa juga, komplek candi ini sangat luas, kalian harus pandai mengatur waktu untuk bisa mengelilingi semuanya.

Loket tiket masuk letaknya terpisah, bahkan cukup jauh dari komplek Angkor Wat. Namun tenang saja Teman Traveler, semua tuk-tuk atau taksi memang harus berhenti di sini terlebih dulu. Kalian takkan menemukan loket lain di dalam komplek Angkor. Selain itu, tidak ada sistem pembelian secara online.

Waktu Kunjungan Terbaik

Pelataran candi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Saat terbaik mengunjungi Komplek Angkor adalah saat matahari terbit maupun terbenam. Mengapa demikian? Sebab ketika cuaca sedang cerah Teman Traveler akan bisa mengagumi kemegahan candi utama seutuhnya, berpadu apik dengan pendaran sinar mentari.

Komplek Angkor buka mulai pukul 05.00. Kira-kira pukul 05.30, wisatawan akan memadati pelataran depan untuk mengabadikan momen sunrise. Teman Traveler jangan sampai ketinggalan.

Sunrise di sekitar candi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Selepas menikmati sunrise, Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan ke candi lain di komplek ini. Tentunya tak kalah megah dan mengandung unsur sejarah tinggi.

Itulah sekilas panduan singkat mengunjungi Angkor Wat di Siem Reap, Kamboja. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tertarik liburan ke sini suatu saat nanti? Next

ramadan

10 Kedai Kopi di Jakarta dengan Biji Asli Nusantara, Pas untuk Pecinta Ngopi Sejati

Recreate the Scenes from Lord of the Rings in Jawatan Benculuk