in ,

Ini Dia Jajaran Pemenang Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, Pastikan Jadi Destinasi Liburan Akhir Tahunmu!

Jajaran Pemenang Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, Siap Jadi Destinasi Liburan Seru!

Bertempat di Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya, pada malam tanggal 23 Oktober 2018, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menggelar malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Dalam pagelaran ini, sembilan destinasi wisata di Jawa Timur menerima penghargaan dalam tiga kategori. Masing-masing yaitu daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya dan daya tarik wisata buatan. Penasaran nggak siapa saja pemenang dari penghargaan bergengsi ini? Uraian berikut bisa menjawab rasa penarasan Teman Traveler.

Baca juga : Intip Peninggalan Napoleon di Museum Radya Pustaka Solo, Jalan-jalan Sambil Tambah Wawasan

1. Air Terjun Tumpak Sewu, Kabupaten Lumajang

Tumpak Sewu Waterfall, Lumajang Indonesia via shutterstock.com

Ini dia Terbaik I untuk kategori Daya Tarik Wisata Alam pada penyelenggaraan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018; Air Terjun Tumpak Sewu. Kemegahan air terjun ini membuatnya disandingkan dengan keindahan Niagara Falls yang berada di antara negara bagian Amerika Serikat dan Kanada. Berbeda dari kebanyakan air terjun di Indonesia, karakter batuan tebing di Tumpak Sewu melebar dan sedikit melengkung. Meski aliran airnya tidak terlalu deras, ia mengalir dengan rata di batuan tebing. Alirannya melebar dengan cantik, mengikuti tebing yang dilaluinya. Teman Traveler yang penasaran mengunjungi air terjun ini bisa mengambil rute dari Malang atau Lumajang.

2. Wisata Gunung Kelud, Kabupaten Kediri

Keindahan Kawah Gunung Kelud, Kediri via shutterstock.com

Terbaik ke II pada anugerah yang sama, diserahkan pada pengelola Wisata Gunung Kelud di Kabupaten Kediri. Sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, destinasi wisata alam ini suguhkan pemandangan kawah yang luar biasa dari atas puncaknya. Selain kawah, Teman Traveler juga bisa merasakan tenangnya berendam air hangat di kawasan tersebut. Menyenangkan! Pas sekali untuk liburan!

3. Watu Rumpuk, Kabupatan Madiun

Sunset di Watu Rumpuk via Instagram/ agungdwijatmiko15

Kabupaten Madiun menyumbang satu nama pada penyelenggaraan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018. Watu Rumpuk mendapat penghargaan sebagai Terbaik III kategori Wisata Alam. Di sini, Teman Traveler akan merasakan sejuknya hawa pegunungan sembari menikmati pemandangan dari gardu pandang di ketinggian. Menikmatinya bersama keluarga akan terasa lebih menyenangkan.

4. Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi, Tuban

Wisata Budaya Sekaligus Religi ke Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi via Instagram/ niamul_qolbi

Dalam acara Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, diserahkan juga penghargaan untuk kategori Wisata Budaya. Dan, Terbaik I untuk kategori tersebut diberikan kepada Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi. Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi berada di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Beliau merupakan sosok ulama besar yang menjadi cikal-bakal hadirnya para Wali, yang sekaligus merupakan ayahanda dari Sunan Ampel. Kompleks pemakaman Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi dikelola dengan baik. Tidak mengherankan jika lokasi ini juga ramai dikunjungi para pengunjung yang ingin berwisata religi sekaligus budaya.

5. Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong, Sumenep

Ahli Keris yang Masih Pertahankan Tradisi di Desa Aeng Tong Tong via Instagram/ mohammadbadrizamzam

Lanjut ke Terbaik II untuk kategori Wisata Budaya, penghargaan diberikan pada Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong yang ada di Desa Aeng Tong Tong, Sumenep, Jawa Timur. Masyarakat Desa Aeng Tong Tong merupakan pembuat keris berkualitas yang masih mempertahankan budaya sejak zaman Kerajaan Sumenep. Pada zaman dahulu, Raja Madura memercayakan pembuatan keris dan senjata untuk para prajurit kepada warga Desa Aeng Tong Tong. Keris dari desa ini, banyak diminati oleh kolektor dari negara-negara di Asia Tenggara. Teman Traveler yang ingin tahu banyak mengenai keris, bisa berwisata ke desa ini.

6. Desa Wisata Bumiaji, Kota Batu

Pemandangan yang Dapat Disaksikan dari Desa Bumiaji via Instagram/ nabelagustin

Selanjutnya, Terbaik III untuk kategori Wisata Budaya pada ajang Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, diberikan kepada pihak pengelola Desa Wisata Bumiaju, Kota Batu. Masyarakat di Desa Bumiaji, masih memelihara tradisi daerahnya dengan sangat baik. Berkunjung ke sini, Teman Traveler bisa mencicipi Ketan Gimbal dan Unjukan Panunggul.

Selain itu, ada beberapa penampilan tarian khas Bumiaji beserta rumah budaya. Yang unik, di sini juga terdapat Kebun Sawung; sistem pertanian purbakala yang masih dipertahankan turun-temurun. Sistem ini mengedepankan ekosistem dan rantai makanan alami untuk membasmi hama atau hewan pengganggu yang dapat menurunkan kualitas hasil tani. Menarik ya?

7. Kampung Coklat Kabupaten Blitar

Nongkrong Santai di Bawah Pohon Coklat di Kampung Coklat via Instagram/ gendhis_trip

Selain Wisata Alam dan Wisata Budaya, Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 juga memberikan penghargaan pada kategori Wisata Buatan. Untuk kategori ini, Terbaik I diberikan pada Kampung Coklat, Kabupaten Blitar. Destinasi wisata yang pas untuk liburan keluarga ini jaraknya hanya 10 Km dari Kota Blitar. Berada di Kampung Coklat, Teman Traveler bisa mengetahui lebih banyak seluk-beluk tentang coklat. Menyenangkan ya? Terutama untuk siapa pun yang memang sangat menggemari coklat.

8. Atlantis Land, Kota Surabaya

Ajak Keponakan Main Air di Atlantis Land Surabaya via Instagram/ allanmorens

Resmi dibuka pada 23 Desember 2017, Atlantis Land di Kota Surabaya mendapat penghargaan sebagai Terbaik II untuk kategori Wisata Buatan pada ajang AWJT 2018. Terinspirasi oleh keseruan Universial Studio Singapore, wahana wisata seluas 15 hektare ini didesain langsung oleh arsitek asal Australia. Jalan-jalan di sini seharian, Teman Traveler akan kenyang berkeliling ke berbagai wahana menyenangkan. Seperti beragam kolam renang yang unik dan beragam pertunjukan menarik. Seru! Nggak perlu jauh-jauh ke Singappore ya jadinya.

9. Wisata Edukasi Kopi dan Kakao di Puslitkoka, Kabupaten Jember

Kereta yang Akan Membawa Pengunjung Berkeliling di Puslitkoka, Jember via Instagram/ ahmad_syawqy

Selanjutnya, Terbaik III untuk kategori Wisata Buatan di ajang Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, diberikan pada Wisata Edukasi Kopi dan Kakao di Puslitkoka Kabupaten Jember. Berada di Jln. Jenggawa, Mumbulsari, Jember, saat berkunjung ke sini, Teman Traveler akan diajak mengelilingi kebun kopi dan kakao menggunakan kereta yang didesain dengan unik. Terdapat juga hewan rusa yang bisa diajak berfoto dan diberi makan. Masih belum lelah? Liburan di sini bisa dilanjutkan dengan mengikuti tur pengolahan kopi dan kakao. Sesuatu yang nggak bisa didapatkan sehari-hari, kan?

Penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 diberikan kepada para pihak pengelola yang berperan besar untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan, yang pada akhirnya secara tidak langsung turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar objek wisata. Selama 2017, jumlah kunjungan wisatawan lokal ke Jawa Timur mencapai angka yang fantastis, yakni 65.623.535. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara jumlah kunjungan mencapai angka 690.509. Sebuah pencapaian luar biasa yang tidak mungkin terjadi tanpa kerja keras.

Jadi, Teman Traveler mau berkunjung ke mana akhir tahun nanti?! Ke manapun itu, selamat bersenang-senang ya! Tetap jaga kesehatan, kelestarian dan kebersihan! Next

ramadan
Via Instagram/hoteltentrem

Hotel Tentrem di Jogja, Lokasi Menginap Mariah Carey yang Juga Pernah Diinapi Barack Obama

Via Instagram/fanny_ho3021

Viral Durian di Sriwijaya Air, Ini Barang Bikin Heboh Lainnya di Alat Transportasi Umum