in , ,

Asiknya Menikmati Kabut Danau Beratan Bali

Danau Bratan
Danau Bratan

Salah satu objek wisata yang ikonik di Pulau Bali adalah Danau Beratan, lokasinya di kawasan Bedugul, Desa Candikuning Kecamatan Baturiti – Tabanan. Lokasi Danau Beratan berada di kawasan dataran tinggi dan terletak di antara 2 danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan dan Buyan. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat Danau Beratan selalu diselimuti kabut cantik yang siap kita nikmati.

Baca juga : Festival The Ubud Writers and Readers 2018 Siap Digelar, Kamu Siap Datang?!

Jika kita dari Bandara Ngurah Rai menuju danau ini bisa kita tempuh dalam waktu 2 jam dengan mengendarai mobil. Selama perjalanan ke tempat ini kita akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan sayuran yang indah dengan jalur naik turun yang berliku-liku. Selanjutnya untuk masuk ke dalam objek wisata Danau Beratan kita akan dikenai tiket masuk Rp. 20.000,- untuk dewasa dan Rp. 15.000,- untuk anak-anak.

1. Pura Lambang Keharmonisan Umat Beragama

Berjalan masuk ke dalam objek wisata ini, kita akan melihat di tengah Danau Beratan Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu yang juga ada sebuah stupa budha di dalamnya. Pura ini menggambarkan keharmonisan umat agama hindu dan budha sejak zaman dulu. Stupa budha dan pura selalu dijaga dan mendapat perawatan rutin sehingga kebersihannya selalu terjaga. Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan terhadap Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Akan sangat disayangkan kalau kita tidak berkunjung ke Pura Ulun Danu., karena kalau kita datang di hari baik menurut kalender Bali mungkin kita bisa menyaksikan warga lokal Bali yang sedang melakukan ibadah ataupun upacara keagamaan di tempat ini.

2. Berfoto Cantik Menatap Pura Terapung

Pura Ulun Danu memang punya ciri khasnya tersendiri lagi selain adanya stupa budha di dalamnya. Pura yang letaknya dikelilingi air danau ini membuatnya terlihat seperti terapung, apa lagi kalau air sedang dalam keadaan meluap. Pasti akan menjadi objek menarik untuk menambah koleksi foto kita.

Pura terapung yang indah ditambah danau yang mempersona serta udara dingin yang mengasikkan membuat kita bisa sangat kerasan menikmati suasana di tempat ini. Duduk-duduk santai sambil menikmati suasana dan mengabadikan setiap momen tentunya akan menjadi pilihan tepat.

Air di Danau Beratan yang terkadang surut membuat tepian danau terlihat. Tapi tentu ini juga tidak mengurangi keindahannya. Turun ke tepian danau yang surut ini, kemudian berpose menghadap Pura Ulun Danu yang sangat cantik tentunya akan membuat foto kita juga terlihat cantik. Tapi perlu diingat, berfoto dengan gaya seperti ini hanya bisa dilakukan kalau airnya surut dan tentunya juga licin. Jadi kita juga harus tetap berhati-hati menuruninya.

3. Cantiknya Bunga Dengan Paduan Pura

Objek wisata Danau Beratan ini memang sudah sangat terawat. Karena selain sebagai tempat wisata, tempat ini memang digunakan untuk upacara keagamaan saat hari-hari besar umat Hindu. Terawatnya lokasi ini bisa kita lihat dengan banyaknya tanaman hijau dan juga bunga yang mengelilingi danau ini. Bahkan di tepian danau ada bunga yang semuanya indah. Tentu ini juga bisa menjadi sebuah objek keindahan lain selain Pura Ulun Danu yang memang sudah sangat mempesona.

4. Ilalang Indah Di Sisi Lain Danau

Berjalan ke sisi pojok kiri dari objek wisata ini kita akan menemui sudut keindahan lainnya di Danau Beratan ini. Hamparan ilalang yang tumbuh di dalam air tepian danau terlihat sangat syahdu berpadu dengan kabut indah yang menyelimuti. Kita bisa juga berfoto di tempat ini, tapi sangat tidak disarankan untuk turun ke air mengingat sangat berlumpur dan becek.

5. Berlayar Di Danau Beratan

Satu hal lagi yang pasti dan harus kita lakukan saat berwisata di Danau Beratan ini adalah menaiki perahu bercadik yang disediakan, dan kita akan diantar berkeliling danau yang romantis ini. Pilihan lainnya adalah naik speed boat, dengan naik speed boat kita akan lebih bisa berkeliling jauh memutari Danau Beratan dengan ditemani kabut.

Buat kita yang tidak ingin menaiki perahu atau speed boat tentu hanya dengan berjalan mengelilingi area wisata ini adalah pilihan menarik, karena pemandangan yang disediakan cukup indah dan asri. Sebagai seorang muslim yang datang ke sini pun kita tidak perlu kuatir, karena di tempat ini menyediakan fasilitas mushalla untuk umat islam beribadah. Kemumudian setelah selesai berwisata di Danau Beratan, di perjalanan pulang melewati jalan yang berliku kita juga bisa membeli oleh-oleh hasil pertanian warga sekitar untuk dibawa pulang. Next

ramadan
Blendi Tewel

Blendi Tewel, Kuliner Pedas Saingan Gudeg dari Jawa Timur

Budaya Toraja

Wisata Budaya di Toraja, Kaya Adat yang Istimewa