in , , ,

Nikmati Kesegaran Berendam di Babahan Crystal Water Tabanan

Keindahan panorama Bali seolah olah tak ada habisnya. Ada saja hal menarik yang bisa dijadikan tempat berlibur ketika tiba di Pulau Dewata ini. Selain keindahan pantai yang menawan, teman traveler dapat menikmati kesegaran air di Babahan Crystal Water. Sebuah tempat wisata berupa permandian air aliran sungai yang sangat jernih dan segar.

Baca juga : Wisata Alam Kalimantan Selatan, Teman Traveler Suka yang Mana?

Kejernihan air sungai bak kristal di Babahan Crystal Water. Foto via brisik.com

Lokasinya berada di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Sejak tahun 2021, pemerintah mulai mengembangkan wisata ini hingga pengunjung dapat menikmati wisata tubing atau menyusuri aliran sungai kecil bernama Subak Aya hingga 1 kilo meter panjangnya.

Pasti teman traveler bertanya tanya, mengapa dinamakan Crystal Water? Pasalnya, kejernihan aliran sungai seperti kristal ini sehingga dasar sungai tampak begitu jelas. Banyak wisatawan yang kerap berendam hingga dasar sungai kadangkala mereka tampak bermain kejar kejaran didalam aliran bersama sahabat, menarik bukan ?

Tak jauh dari Babahan Crystal Water terdapat terasering sawah yang indah. Foto via www.localguidesconnect.com

Rutenya mulai dari Babahan Crystal Water di Banjar Utu kemudian menyusuri Subak Ayu dan berakhir di Banjar Bolangan. Nanti kamu harus menaiki sebuah ban yang digunakan untuk menyusuri subak. Tiket masuknya Rp10.000, sudah termasuk sewa ban. Ditambah tarif parkir Rp2.000 saja.

Selama perjalanan menuju Subak Aya, teman traveler akan disuguhkan pemandangan yang keren serta kebun buah markisa. Tentu akan melintasi persawahan dengan terasering yang tampak hijau nan segar. Disitulah tempat foto dengan latar belakang persawahan. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera ya!

Tubing salah satu menu wajib saat kamu ke Babahan Crystal Water. Foto via nusabali.com

Masih satu wilayah, teman traveler bisa melihat pura bernama Pura Pajenengan Bangkiang Sidem sebagai tempat ibadah masyarakat sekitar. Selain menyusuri saluran irigasi, kamu diperbolehkan mandi, seperti yang dilakukan oleh warga setempat.

Untuk kamu yang datang kemari, waktu yang tepat berkunjung adalah saat musim kemarau. Dimana kamu dapat melihat hamparan sawah dengan terasering tersusun indah. Namun kamu harus datang lebih pagi karena kunjungan wisata dimulai dari pukul 09.00 hingga jam 1 siang. Selain berendam dialira sungai, kamu juga bisa beraktivitas lain seperti menikmati gemercik air terjun, bersepeda, dan hiking ke bukit bukit sekitar. Next

ramadan
Hotel di Surabaya dengan Bathtub

5 Hotel Murah di Surabaya dengan Bathtub, 300 Ribuan

Jalan Pahlawan Madiun Siap Manjakan Pengunjung dengan Spot Barunya