in , ,

Backpacker ke Pulau Karimunjawa, Demi Menghalau Lelahnya Jiwa

Liburan Hemat ke Karimunjawa dengan Backpackeran

Backpacker ke Karimunjawa Pulau Cemara Besar (c) Nurlaili S Travelingyuk
Backpacker ke Karimunjawa Pulau Cemara Besar (c) Nurlaili S Travelingyuk

Akhir tahun sudah di ujung mata, saatnya untuk menyiapkan liburan. Momen ini menjadi saat yang tepat untuk mengalau lelahnya jiwa usai bekerja sepanjang tahun. Maka destinasi yang tepat adalah Karimunjawa, mengingat panoramanya elok menyejukkan mata. Demi menghemat biaya Teman Traveler kalian dapat melakukan backpacker ke Karimunjawa.

Baca juga : Sunrise dan Sunset Menawan Teluk Asmoro Malang

Backpacker ke Karimunjawa
Pulau Karimunjawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Nyebrang Pulau Menggunakan Kapal Siginjai

image1__1__a5y.jpg
Kapal Ferry Siginjai (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Untuk menuju Pulau Karimunjawa, Teman Traveler bisa menyeberang melalui Pelabuhan Kartini Jepara. Dari pelabuhan Kartini terdapat dua kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa. Yakni Kapal Ferry Siginjai dan kapal cepat. Jika ingin menghemat biaya perjalanan, Kapal Siginjai merupakan pilihan yang tepat.

Untuk naik kapal ferry ini hanya diperlukan biaya sekitar Rp92.500an dengan lama perjalanan berkisar antara 4-5 jam. Namun, kapal ini hanya ada saat-saat tertentu, yakni hari Senin, Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu. Sebelum merencanakan perjalanan ke Karimunjawa, ada baiknya untuk memastikan waktu keberangkatan kapal terlebih dahulu.

dscf7314_WnF.jpg
Berkeliling Pulau Menggunakan Motor (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika sudah sampai di Dermaga Karimunjawa, Teman Traveler bisa menyewa motor yang berada di beberapa tempat dekat dengan dermaga. Namun, lebih baik Teman Traveler sudah memesannya terlebih dahulu agar saat tiba di Karimunjawa motornya bisa langsung diantar ke dermaga dan dipakai menuju penginapan. Harga sewa motor rata-rata Rp70.000an per hari, belum termasuk bensin ya. 

Carilah Akomodasi Paling Murah

dscf8193_IFW.jpg
Penginapan Bunga Jabe di Kemujan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Terdapat beragam pilihan akomodasi di Karimunjawa. Jika ingin menghemat biaya, carilah penginapan di rumah-rumah warga sekitar yang letaknya tidak terlalu dekat dengan alun-alun Karimunjawa. Semakin jauh biasanya akan relatif semakin murah, tapi itu juga tergantung fasilitas yang disediakan di penginapan tersebut. 

Sekadar tips lainnya, jika ingin lebih menghemat cobalah untuk memesan akomodasi dari jauh-jauh hari melalui aplikasi. Biasanya setiap aplikasi memiliki promo-promo tersendiri yang tentunya bisa semakin menghemat biaya tempat menginap. Biasanya mulai dari Rp100.000 per malamnya dan bisa digunakan sampai dengan 3 orang.

Eksplore Pulau Utama Karimunjawa

dscf7405_sA7.jpg
Sawah pun Bisa Menjadi Spot Menarik (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika ingin menikmati keindahan pulau Karimunjawa dengan biaya murah, pergilah ke lokasi-lokasi yang memang tidak menarik biaya tiket ataupun parkir. Tidak perlu bingung mau kemana karena pulau Karimunjawa memiliki keindahan yang luar biasa bahkan di setiap sudut pulaunya. Selalu ada hidden gems yang bisa Teman Traveler temukan di pulau ini.

Backpacker ke Karimunjawa
Sunset di Karimunjawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selanjutnya Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan pantai yang ada di Pulau Utama Karimunjawa. Ada banyak sekali pantai yang bisa Teman Traveler kunjungi menggunakan motor.

Biasanya pantai-pantai di Karimunjawa tidak ada tiket masuk, jika ada paling hanya pantai yang sudah dibangun resort itupun rata-rata hanya ditarik biaya Rp5.000an saja. Cukup murah bukan dengan panorama yang ditawarkan?

Island Hopping di Karimunjawa

dscf7810_80H.jpg
Island Hopping di Karimunjawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Pergi ke Karimunjawa tentu kurang lengkap kalau tidak melakukan island hopping. Island hopping adalah serangkaian aktifitas perjalanan keliling satu pulau ke pulau lainnya selama satu hari penuh. Untuk mengikuti island hopping memang tidak gratis, tapi Teman Traveler bisa menghemat dengan mengikuti open trip yang disediakan oleh para agen tour. Biaya open trip biasanya mulai dari Rp150.000 sampai Rp250.000an.

Backpacker ke Karimunjawa
Snorkeling di Karimunjawa (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Dalam paket island hopping biasanya sudah termasuk makan siang di pulau dan biaya sewa alat untuk snorkeling. Jadi nikmatilah alam bawah laut pulau Karimunjawa dengan kekayaan biota lautnya yang mempesona.

dscf7907_IvK.jpg
Pulau Cemara Besar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Ada beberapa pulau yang biasanya menjadi tujuan kegiatan island hopping, salah satunya adalah Pulau Cemara Besar. Saat tiba di pulau, Teman Traveler pasti akan dibuat terpukau dengan keindahan pulau yang disuguhkan.

Segera siapkan rencana perjalanan lengkap untuk backpacker ke Karimunjawa, ya. Yuk, buruan angkat ranselmu dan mulailah perjalanan menuju Pulau Karimunjawa. Next

ramadan
Hal Unik di Jepang (c) Amadea Novie/Travelingyuk

6 Hal Unik di Jepang, Ada Kebiasaan Tidur di Bawah Jembatan

Nikmatnya Berendam Air Hangat di Kedung Banyu Nget Trenggalek