in , ,

Bah Damanik, Eksotisnya Pemandian Keluarga Raja

Merasakan Sensasi Segar Pemandian Bah Damanik di Sumut

Pemandian Bah Damanik
Pemandian Bah Damanik (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Teman Traveler yang tinggal di Sumatra Utara mungkin mengenal Sidamanik sebagai kawasan perkebunan teh. Namun ternyata daerah ini menyimpan destinasi wisata yang tawarkan suasana berbeda lho. Bertajuk Bah Damanik, atau dikenal juga sebagai Aek Manik, tempat ini diyakini sebagai bekas tempat pemandian keluarga raja.

Baca juga : Sapo Juma, Villa Penuh Bunga yang Langsung Menghadap Danau Toba

Cocok untuk Wisata Keluarga

1998cam_2019_09_09_15_56_21_fn_boW.jpg
Pemandian Bah Damanik dari atas (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Bah Damanik merupakan wisata pemandian yang tawarkan perairan jernih dengan corak biru alami. Lokasinya tidak terlalu pelosok kok, dekat dengan Jalan Besar Sidamanik. Bisa Teman Traveler gapai dengan mudah.

Tempatnya sendiri tidak terlalu luas. Kolam airnya juga tidak terlalu dalam, sehingga Teman Traveler tak bakal bisa berenang di sini. Tapi jangan khawatir, sudah cukup asyik untuk bermain air bersama keluarga maupun sosok terkasih kok.

Jika sudah lelah bermain air, Teman Traveler bisa menyewa saung di sekitar pemandian untuk beristirahat. Buat yang kelaparan, di sekitar sini telah tersedia beberapa warung yang sajikan beragam menu makanan dengan harga terjangkau.

Dekat Kolam Lele

bah damanik
Berfoto di dekat pemandian (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang tak ingin basah-basahan, bisa juga duduk santai di sekitar pemandian dan menikmati pemandangan sekitar. Tapi siap-siap relakan celana kalian basah karena area ini sering dilewati pengunjung lain.

Oh ya, tak jauh dari sini Teman Traveler bakal temukan semacam kolam berisi lele dumbo. Uniknya, kolam ini menyatu dengan kolam air yang digunakan pengunjung untuk mandi-mandi. Tapi tenang saja, mereka tidak akan mengganggu kok. Airnya juga tetap jernih dan bersih.

Eksotis, Aman untuk Anak

1998cam_2019_09_09_16_16_45_fn_Q5v.jpg
Pemandangan di sekitar pemandian (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Lingkungan sekitar pemandian dikelilingi hutan tropis cantik nan eksotis. Paduan corak hijau hutan dan birunya air ciptakan pemandangan menyegarkan mata. Cocok untuk membuat pikiran rileks, usai sepekan belakangan lebih sering memandang layar smartphone maupun komputer.

Jika berkunjung ke sini saat sepi, Teman Traveler bakal merasa sedang berada di pemandian pribadi. Kalian juga akan menemukan sebuah pancuran tinggi dari bambu. Kehadirannya seolah menambah kesan eksotis di sini.

bah damanik
Ada banyak anak kecil bermain (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang berniat membawa anak kecil, jangan khawatir. Kolam di sini tidak terlalu dalam dan luas kok. Para orang tua bakal mudah untuk mengawasi buah hati mereka bermain. Jadi bisa dibilang tempat wisata ini kid-friendly ya.

Suasana Eksotis Hutan Tropis

bah damanik
Kawasan hutan tropis sekitar pemandian (c) Farah Salsabila/Travelingyuk

Kehadiran hutan tropis di sekitar pemandian makin menambah suasana eksotis. Di sini hidup sejumlah monyet mungil yang sesekali memperlihatkan diri pada pengunjung lho. Pertama melihat, ada sedikit ketakutan dalam benak saya. Namun tenang Teman Traveler, mereka sama sekali tidak mengganggu kok. Hanya sedikit hiperaktif mungkin.

Sembari bermain air, Teman Traveler bisa santai sejenak dan menikmati pemandangan hutan tropis. Tiket masuknya juga sangat murah, hanya Rp5.000-an per orang. Tapi sebaiknya datang pagi jika ingin suasana yang lebih private ya.

Itulah sedikit pengalaman saya di Bah Damanik. Bagaimana, wisata Sumatra Utara ini lumayan juga kan? Next

ramadan
Diorama Laksamana Cheng Ho

Museum Bahari Jakarta, Telusur Jejak Maritim Nusantara

Teluk Pacitan dilihat dari Sentono Gentong

Sentono Gentong Pacitan, Kawasan Indah Sarat Sejarah