in ,

Bah Sampuran Simalungun Sumatera Utara, Segarnya Renang di Tengah Bergalon-galon Air Mineral

Berenang di Bah Sampuran Simalungun, Jernihnya Seperti Air Mineral

Pernah membayangkan berenang atau berendam dalam bergalon-galon air mineral? Sekarang sudah nggak zamannya kalau hanya membayangkan. Di Kabupaten Simalungun ada kolam alami yang saking jernihnya, ia disamakan dengan air mineral kemasan. Daripada penasaran, lebih baik langsung agendakan untuk berangkat ke Bah Sampuran Simalungun! Sebening apa, sih? Yuk baca keterangan lebih lanjut.

Baca juga : The Spiciest Gudegs in Yogyakarta

1. Berada di Area Perkebunan Kelapa Sawit

Kejernihan Bah Sampuran Simalungun Berada di Area Perkebunan Sawit via Instagram/ tohapmanurung26

Bah Sampuran Simalungun memiliki panjang dan lebar masing-masing sekitar 20 dan 10 meter. Tidak terlalu besar memang, tetapi ia memiliki daya tarik yang berhasil membuat banyak orang berkunjung. Uniknya, kolam alami yang oleh masyarakat setempat disebut Bah Tio ini berada di area perkebunan kelapa sawit dan pemukiman warga. Dari kriteria lokasi, sudah bisa dibayangkan kesejukannya ya? Selain air yang segar, pohon-pohon sawit yang rimbun membuat suasana di sini teduh dan cukup menenangkan.

2. Airnya Konon Berasal dari Danau Toba

Konon Berasal dari Danau Toba via Instagram/ yennychristine_

Kejernihan air yang ada pada kolam alami ini konon bersumber dari Danau Toba. Sebabnya, di sini ditemukan ikan yang biasa hidup di Danau Toba. Beberapa opini setempat menyebutkan bahwa terdapat terowongan di bagian bawah kolam yang mengalirkan air dari Danau Toba menuju Bah Sampuran. Bagaimana pun cerita-cerita berbau ‘konon’ ini kerap kali hadir sebagai penambah daya tarik dari sebuah tempat wisata.

3. Jernihnya Seperti Air Mineral Kemasan

Seperti Berenang di Bergalon-galon Air Mineral via Instagram/ dadozhuharahap

Di awal disebutkan bahwa Bah Sampuran Simalungun memiliki air yang sangat jernih. Beberapa pengunjung bahkan menyebutnya sebagai kolam dari salah satu merek air mineral.

Bah Sampuran Simalungun
Bah Sampuran Simalungun (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Sumber air yang ada di kawasan ini mengalirkan air jernih sebanyak 15 – 20 liter setiap menitnya. Bahkan, sumber air tersebut dimanfaatkan sebagai suplai air minum tambahan bagi warga yang tinggal di wilayah Simalungun.

4. Lokasi, Rute dan Tiket Masuk

Agendakan Segera untuk ke Bah Sampuran Simalungun Yuk! via Instagram/ gerygum_

Penasaran ingin mencoba kesegarannya? Teman Traveler bisa datang ke Sumatera Utara lebih dulu. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Simalungun. Tujuan selanjutnya adalah Kecamatan Jorlang Hataran dan Nagori Balata. Untuk masuk ke lokasi pemandian, tidak dipungut biaya alias gratis. Luar biasa? Pastinya! Hanya, tetap jaga kebersihan dan selalu berhati-hati ya.

Siapa yang sudah nggak sabar untuk jejeguran di airnya yang jernih? Pertimbangkan untuk datang di pagi hari ya, karena air di Bah Sampuran Simalungun ini masih sangat jernih. Bisa sekalian untuk bercermin lho. Bagaimana, jadi mau ajak siapa? Next

ramadan
Karlovy Vary

Karlovy Vary, Kota Cantik dengan Sumber Air Alami di Republik Ceko

Via Instagram/yusfikamaulidia

Wisata Instagenic di Pasuruan, Berburu Stok Foto Sembari Liburan