in , ,

Menikmati Denpasar dari Menara Bajra Sandhi

Bajhra Sandi Bali
Bajhra Sandi Bali

Jika sedang berlibur di Denpasar, sempatkanlah berkunjung ke monumen Bajra Sandhi di Jalan Raya Puputan. Monumen Bajra Sandhi sering dijadikan tempat untuk berkumpulnya orang Bali jika ada event besar.

Baca juga : Gronjong Wariti, Dari Sungai Kumuh jadi Destinasi Wisata Air Tercantik di Kediri

Bagian depan Bajra Sandhi

Monumen ini dikelilingi lapangan luas yang biasanya dikenal dengan sebutan Lapangan Niti Mandala, biasanya digunakan sebagai tempat berolahraga bagi warga sekitar. Monumen ini berlaku juga seperti museum yang menggambarkan tentang perjuangan Bali dalam merebut kemerdekaan.

Bajra Sandhi

Terdapat empat gate yang mengelilingi monumen namun hanya satu gerbang yang buka namun jangan bersedih jika mendapati gerbang dikunci, itu tandanya kalian harus cari gerbang yang terbuka. Terdapat loket di dekat gerbang yang tidak terkunci ini. Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar 25 ribu rupiah sedangkan untuk anak-anak hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja.

Bajra Sandhi

Setelah memasuki pintu utama kedalam area monumen, pengunjung bisa masuk melalui pintu di sebelah kanan maupun kiri. Terdapat pula danau kecil di sekitar monumen. Danau kecil ini mengelilingi monumen. Begitu masuk kedalam monumen, hal pertama yang akan menyambut kita adalah lukisan, ruang pameran lukisan serta perpustakaan.

Salah satu lukisan

Naik satu lantai diatasnya maka kita akan menuju ruang diorama. Ruang diorama ini memiliki 33 diorama tentang perjuangan rakyat Bali mempertahankan Bali dari penjajah serta kehidupan orang Bali bahkan ribuan tahun yang lalu.

Keterangan diorama dituliskan dalam Bahasa Bali – Indonesia – Inggris

Meninggalkan lantai ini, naiklah lagi menuju menara teratas. Tangga spiral ini akan membawa pengunjung menuju lantai teratas untuk melihat sekitar Kota Denpasar. Tangga menuju ke atas ini mirip seperti mercusuar yang dibatasi dengan kaca.

Pemandangan dari menara Bajra Sandhi

Selain sebagai museum yang menceritakan perjuangan rakyat, monumen ini dijadikan pula sebagai tempat untuk berfoto pre-wedding. Beberapa spot bisa digunakan sebagai tempat berfoto mulai dari tangga masuk pintu utama hingga tangga menuju menara. Dalam sehari pun bisa terdapat 3 pasangan yang berfoto disana.

Bajra Sandhi

Baca Juga : Informasi Terupdate Biaya Transfer Antar Bank

Nah, di sebelah kiri pintu masuk monumen, terdapat pula I am Bali 3D Museum (upside down) karya anak bangsa. Tiket masuk menuju museum 3D ini bisa dibeli di loket yang sama seperti membeli tiket masuk monumen Bajra Sandhi. 3D museum ini bisa dijadikan tujuan selanjutnya setelah Bajra Sandhi. Selamat menikmati Denpasar. Next

ramadan

Written by Prisca Lohuis

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

fi tuur maasering

Tuur Maasering di Sulawesi Utara, Wisata Alam Sambil Menikmati Minuman Khas

Bajigur Sewon

Bajigur Sewon Bantul, Minuman Penghangat Tubuh di Pinggir Sawah