in ,

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen di Solo, Resep Turun Temurun yang Menggoyang Lidah

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen yang Menggunakan Resep Turun Temurun

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen
Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen

Seenak makanan di Jogja, kuliner Solo juga menggugah selera. Terlebih, kebanyakan adalah kuliner tradisional. Salah satunya adalah Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen. Mie nyemek dengan kuah sedap satu ini memiliki sederet keistimewaan yang membuatnya sayang dilewatkan.

Baca juga : Taman Bunga Celosia di Gunungkidul, Lautan Warna yang Menawan

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen dengan Resep Turun Temurun

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen, Via Instagram/ramzi6699
Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen, Via Instagram/ramzi6699

Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen baru berjalan kurang lima tahun, namun sudah sangat kondang di Solo. Menu-menu yang ditawarkan memang enak. Bagaimana tidak, bumbu-bumbu yang digunakan ternyata merupakan rahasia warisan dari keluarganya.

Mbah Mangoen sendiri merupakan kakek dari sang pemilik, Wisnu Setyo Broto. Ternyata, dahulunya kakek sang pemilik ahli memasak bakmi. Konon, keluarga besar dari sang pemilik yang asli dari Sukorejo, Solo sudah malang melintang dalam bisnis bakmi Jawa. Tak mengherankan jika mereka memiliki resep khusus yang berisi rempah-rempah alami.

Tanpa Menggunakan MSG

Bakmi godhog, via Instagram/ani_tanusetiawan
Bakmi godhog, via Instagram/ani_tanusetiawan

Pengolahan di tempat makan Solo ini tidak menggunakan vetsin/MSG dan bahan penyedap rasa lainnya. Ada bumbu khusus yang tidak dibeberkan oleh sang pemilik. Cara memasak bakminya pun tak asal rebus. Ada tiga bumbu dasar yang digunakan. Yakni, tumbukan bawang putih, kemiri mutihan dan bumbu khusus lalu bahan-bahan untuk membuat bakmi.

Bakmi goreng, via Instagram/praditadiahp1
Bakmi goreng, via Instagram/praditadiahp1

Ciri khas lainnya yang membuat bakmi ini memiliki cita rasa yang tradisional adalah pengunaan anglo atau tungku dengan bahan bakar berupa arang hitam untuk memasaknya. Cita rasa makanannya jadi lebih sedap, bumbunya terasa, dan tingkat kematangannya bisa pas.

Satu hal lagi, bakmi Jawa ini dibuat satu per satu, sehingga rasanya pas. Selain bakmi Jawa, ada juga menu ayam goreng Jawa, yang teksturnya empuk.

Alamat dari Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen

Begitu menggiurkan, via Instagram/cumaincip
Begitu menggiurkan, via Instagram/cumaincip

Tergiur untuk mencicipi bakmi Jawa dan menu-menu yang ditawarkan di tempat makan Solo ini? Kamu bisa langsung menuju Jl. Kenanga No. 23, Purwosari, Laweyan, Solo. Satu porsi bakmi godok atau goreng di sini dibanderol Rp18.000. Sementara jika ditambah dengan bahan-bahan yang lainnya rempela ati, uritan, sayap, dan lain-lain, harganya Rp25.000 saja.

Bertambah lagi alternatif lain tempat kuliner menggiurkan saat jelajah Solo, bukan? Jika kamu penggemar olahan mie, Bakmi Djowo Koeno Mbah Mangoen ini wajib dicoba. Next

ramadan
Rekomendasi Festival Bulan April 2019

Rekomendasi Festival di Bulan April 2019, Siap-siap dari Sekarang!

Pukis di Surabaya

Pukis di Solo, Rasa Legitnya jadi Amunisi untuk Jelajah Kota Budaya