in , ,

10 Bakso Favorit di Pandaan, Ada yang Terbuat dari Nangka Muda!

Bakso favorit di Pandaan

Kuliner bakso memang selalu menjadi favorit semua kalangan. Di setiap daerah hampir dipastikan ada yang menjual olahan daging ini. Berikut beberapa warung bakso favorit di Pandaan yang bisa dicoba Teman Traveler. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Cantik Banget, Ini Dia Pose Artis Pakai Hanbok Saat Traveling ke Korea Selatan

1. Bakso Pak Kumis

img_20190829_145921_dku.jpg
Bakso Pak Kumis via Instagram surabayafoodies

Bakso ini adalah salah satu yang terkenal di Pandaan, penikmatnya tidak hanya warga sekitar tapi juga banyak yang dari luar kota. Tempatnya di Jl. Juanda No. 41, Pandaan. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 12 malam.

Menunya sama seperti bakso pada umumnya, ada pentol kasar, pentol halus, pangsit goreng, dan tahu. Kuahnya sangat gurih, bisa ditambah jeruk nipis dan sambal agar semakin mantap. Seporsi hanya Rp 10.000. 

2. Bakso Citra

bakso_citra_yGs.jpg
Bakso Citra via Instagram infokulinerpandaan

Bakso ini cukup lama berjualan di Pandaan dan selalu ramai pembeli. Lokasinya di sebelah PT. MSD Pandaan, Jl. Raya Kali Tengah. Semangkok bakso berisi pentol, pangsit goreng, bihun, dan tahu goreng, ditambah dengan sayuran sawi dan kol.

Di sini juga menjual cilok, teksturnya sangat kenyal dan nikmat dicocol dengan saus sambal dan kecap. Pentolnya berjenis bakso urat atau biasa disebut pentol kasar, jadi masih terasa tetelan dagingnya. Harga baksonya Rp 12.000, sedangkan ciloknya Rp 5.000 per porsi. 

3. Baksone Mbak Jeje

img_20190906_055623_zh6.jpg
Baksone Mbak Jeje via Instagram jakulpandaan

Kalau Teman Traveler ingin mencoba bakso isi keju maupun isi lainnya, bisa langsung datang ke Baksone Mbak Jeje. Baksonya dilengkapi dengan pangsit goreng dan sayuran. Lokasinya di dekat Alfamart Warung Lesehan Pak Sholeh. Buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam. Harga semangkok bakso dibanderol seharga Rp 7.000 saja. 

4. Bakso Cak To

cak_to_xYO.jpg
Bakso Cak To Pandaan via Facebook Bakso Cak To BCP Pandaan

Bakso Cak To Pandaan adalah salah satu bakso yang lokasinya mudah di temui karena di pinggir jalan besar tepatnya di Jl. Raya Kasri (setelah pertigaan patung sapi Pandaan). Warung ini selalu ramai pembeli karena memang enak dan harganya murah.

Menu andalannya adalah bakso jumbo, ada juga bakso ukuran biasa dan aneka tambahan pelengkap lainnya seperti tahu goreng, siomay, dan pangsit goreng. Di sini juga menjual mie ayam yang tak kalah enak. Minumannya ada es campur, jus buah, dan lainnya. Warung ini buka jam 9 pagi sampai jam 10 malam. 

5. Bakso Sidodadi

bakso_sidodadi_LfT.jpg
Bakso Sidodadi (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk

Bakso ini dulunya berada di dalam kawasan Terminal Pandaan, tapi sekarang pindah masuk gang di Jl. R. A. Kartini No. 25, Pandaan. Meskipun pindah lokasi, tapi warung ini tetap ramai karena sudah menjadi langganan sejak dulu.

Bakso ini terkenal sangat murah tapi rasa tidak murahan. Semangkok bakso berisi 10 (sepuluh) pentol kecil dan satu tahu goreng, harganya Rp 7.000 saja. Buka hanya di malam hari.

6. Bakso Beranak Besonggol Cak Hari

bakso_beranak_0qQ.jpg
Bakso Beranak via Instagram jakulpandaan

Warung bakso ini selalu rame pengunjung meskipun lokasinya masuk kampung, tepatnya di Jl. Desa Besonggol, Sumberejo, Pandaan. Harga per porsi Rp 10.000. Bakso beranaknya berisi pentol kecil-kecil sekitar 5 biji. Ada juga bakso daging dan bakso kasar. Buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam, hari Jumat tutup. 

7. Bakwan Kabul

bakwan_kabul_1Vf.jpg
Bakwan Kabul via (c) Ariza Ekky Saputri/Travelingyuk

Bakwan ini hampir sama dengan bakso pada umumnya, yang membedakan hanya pada kuahnya saja yang cenderung lebih bening dan rendah lemak. Isiannya pun sama dengan bakso. Ada bakso dengan ukuran jumbo, ada juga yang ukuran biasa.

Di sini pangsit gorengnya unik, karena adonannya dicampur dengan sayuran dan homemade. Seporsi bakwan harganya Rp 10.000. Lokasinya di Jl. Bangil – Pandaan No. 277, Kutorejo, Pandaan. Buka dari jam 11 siang sampai jam 9 malam. 

8. Bakso Basket dan Cilok BA

bakso_basket_G9F.jpg
Bakso Basket via Instagram wahyoemito23

Bakso favorit di Pandaan ini sudah ada sejak lama, dulunya hanya menjual cilok dengan bangunan bambu seadanya yang berada di atas sungai. Lama kelamaan, Pak Sigit, selaku penjual cilok tersebut banting setir dengan menjual bakso. Semakin sukses hingga membangun rumah makan yang lebih layak seperti saat ini.

Lokasinya di Jl. Pahlawan Sunaryo, Kuti, Pandaan. Menu spesial di sini adalah bakso mercon, yakni bakso dengan isian cabai. Bisa juga menambah cilok sebagai cemilan. Harganya murah dan porsinya cukup mengenyangkan.

9. Bakso Tewel (Nangka Muda)

bakso_tewel_y7Y.jpg
Bakso Tewel via Instagram linanora_

Bakso ini mungkin menjadi yang terunik dari bakso lainnya karena diolah dengan menggunakan tewel (nangka muda). Tewel mengandung kalori dan kolesterol yang rendah, dijamin lebih sehat dibanding bakso biasa.

Lokasinya berada di dalam Pasar Wisata Kompleks Masjid Cheng Hoo, Jl. Raya Kasri Blok B 13, Pandaan. Warung milik Pak Supadi ini buka dari jam 4 sore, hari Jumat tutup.

Ide membuat bakso tewel berasal dari anaknya, ia membuat adonan bakso dari campuran 50% daging sapi dan 50% tewel. Teksturnya kenyal dan lembut dengan harga per porsi Rp 10.000. Ada juga wedang kelor yang bisa dicoba, minuman unik ini sangat kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh.

10. Bakso Solo Pandaan

baksopan_dub.jpg
Bakso Bakar Solo Pandaan via Instagram infokulinerpandaan

Bakso ini termasuk baru beroperasi di Pandaan. Tempatnya di seberang lapangan Kuti, Pandaan. Buka dari pukul 09.00 WIB – 22.00 WIB. Pentolnya enak terasa banget dagingnya, kuahnya gurih sedap, tahu dan pangsit gorengnya juga juara.

Bakso ini rasanya mirip sekali dengan bakso solo yang ada di Malang. Jadi, kalau Teman Traveler kangen bakso solo khas Malang, datang saja ke Bakso Sopan (Solo Pandaan). Selain bakso solo, ada menu bakso bakar juga. Semuanya enak dan recommended. Harganya mulai dari 10 ribuan. Jangan lupa cobain es teler duriannya juga ya! Dijamin bakal ketagihan deh.

Demikian daftar bakso favorit di Pandaan, Jawa Timur. Jangan lupa untuk mencicipinya ya saat berlibur ke sana. Next

ramadan

Kebun Bibit Pare, Destinasi Agrowisata Instagenic Pelepas Penat

Pasar Apung Banjarmasin

Pasar Apung Banjarmasin, Sensasi Belanja Ditemani Riak Sungai