in ,

Bakso Pak Ndo di Solo, Sudah Ada Selama 4 Dasawarsa dengan Rasa Tetap Terjaga

Bakso Pak Ndo di Solo, Sudah Dirintis Sejak 40 Tahun yang Lalu

Bakso Pak Ndo di Solo
Bakso Pak Ndo di Solo

Bakso memang kuliner sederhana. Meskipun begitu, banyak warung bakso yang bisa bertahan puluhan tahun lamanya. Seperti halnya Bakso Pak Ndo di Solo yang sudah ada berpuluh-puluh tahun yang lalu. Bahkan sampai sekarang ini tetap digemari banyak orang. Cita rasanya yang nikmat membuat orang-orang kembali berdatangan.

Baca juga : Spot Foto Baru Jatim Park 3, Nuansa Keliling Dunia

Bakso Pak Ndo Telah Ada Sejak 1978

Bakso Pak Ndo yang legendaris, via Instagram/laliluwe
Bakso Pak Ndo yang legendaris, via Instagram/laliluwe

Pak Ndo memiliki nama asli Suwarji. Diberi julukan dengan nama Ndondo karena dahulu cara bicaranya agak terganggu. Namun nama itulah yang memberikan berkah tersendiri untuk pria asal Masaran Magelang ini. Yup, terhitung sejak tahun 1978, nama Pak Ndo disematkan pada usaha baksonya.

Awal usahanya, Pak Ndo berjualan keliling di belakang Balai Kota Solo, mulai dari 1978 sampai dengan 1984. Kemudian menetap di satu tempat pada tahun 1986. Dari usaha yang awalnya begitu sederhana ditekuni sampai sekaran bisa membesarkan ketiga buah hatinya. Memang usaha tidak pernah mengkhianati hasil, bukan?

Keistimewaan Bakso Pak Ndo yang Legendaris

Rasa yang mantap, via Instagram/jajanbakso
Rasa yang mantap, via Instagram/jajanbakso

Tentu saja kamu bertanya-tanya apakah yang membuat Bakso Pak Ndo digemari meski sudah puluhan tahun berdiri. Ternyata, rasa bakso di tempat makan Solo ini begitu otentik. Rasa dagingnya cukup dominan, tidak seperti tempat lainya yang lebih banyak tepungnya. Tidak hanya itu saja, kuahnya juga memiliki rasa menggiurkan.

Biasanya, satu porsi bakso di tempat ini akan berisi pentol, bakso goreng, pangsit, dan juga irisan daun sawi hijau. Tidak jauh beda dengan bakso lainnya, ada mi atauupun bihun di dalam mangkuknya. Rasanya begitu otentik dan bikin mau nambah lagi.

Pasang Surut Usaha Pak Ndo yang Pernah Akan Digusur

Bakso komplet tawarkan kenikmatan yang tak terlupakan, via Instagram/dhikanov
Bakso komplet tawarkan kenikmatan yang tak terlupakan, via Instagram/dhikanov

Seperti usaha kuliner lainnya, Bakso Pak Ndo juga mengalami pasang surut. Pernah beberapa waktu lalu lapak baksonya pernah hampir digusur dan ditertipkan. Namun lantaran sudah menjadi langganan banyak orang, akhirnya Pak Ndo diberi kesempatan untuk merapikan lapaknya. Bahkan diberi meja besi dan payung milik Pemkot Surakarta, dengan imbalan membayar biaya retribusi setiap harinya.

Alamat Bakso Pak Ndo di Solo yang Melegeda

Bakso daging sapi yang enak, via Instagram/dhikanov
Bakso daging sapi yang enak, via Instagram/dhikanov

Sekarang ini, Bakso Pak Ndo berlokasi di depan SD Marsudirini, Pangudi Luhur. Jam bukanya mulai 08:00 sampai sore. Jangan harap lokasinya mewah ya Teman Traveler, warungnya sederhana namun sajikan bakso dengan rasa yang bikin ketagihan. Harga kuliner Solo ini cukup terjangkau. Satu porsi bakso komplet ditambah koyor hanya dipatok Rp15.000 saja.

Jangan lupa datang ke Bakso Pak Ndo di Solo yang suguhkan rasa enak. Semoga memberikan sensasi rasa yang tak terlupakan. Next

ramadan
Basilika Santo Petrus

Megah Bersejarah, Jelajah Bangunan Kuno Sekitar Roma

Restoran Hotel Jakarta Pusat dengan Easter Brunch via Facebook @keratonattheplazajakarta

Rayakan Paskah di Restoran Hotel Jakarta Pusat, Mulai Dari Brunch Sampai Egg Painting