in , ,

Bakso Solo Asli Sampurna, Legenda Jember Sejak 80-an

Nikmatnya Kuah Juara dari Bakso Solo Asli Sampurna yang Melegenda

Bakso Solo Asli Sampurna
Bakso Solo Asli Sampurna (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jember punya beragam wisata kuliner legendaris yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pecel, soto, hingga bakso. Nah, salah satu kuliner bakso yang sudah melegenda di Kota Tembakau adalah Bakso Solo Asli Sampurna. Seperti apa istimewanya? Yuk, simak pengalaman saya bersantap di sana.

Baca juga : Ngetrip Tipis-Tipis ke Bundaran Jetak Bojonegoro

Legenda Empat Dekade

p_20190828_172446_W7m.jpg
Bakso Solo Sampurna cabang Diponegoro (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Bakso Solo Asli Sampurna merupakan salah satu kuliner legendaris di Jember. Eksis sejak 1980-an, kedai ini selalu jadi langganan saya bila sedang berada di Kota Karnaval. Lokasinya ada di Jalan Diponegoro no. 83, dekat sekali dengan Johar Plaza Jember. Hanya terpisah jarak beberapa meter saja.

p_20190828_172612_U6c.jpg
Pegawai sedang menyajikan pesanan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Mereka juga sudah membuka cabang di Jalan Gajah Mada no. 53-55, Jember. Tidak sulit menemukan lokasinya karena berada di jalan protokol. Mereka buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 21.00.

Terasa Daging Sapinya

p_20190828_172923_gwf.jpg
Seporsi bakso campur (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Bakso Solo Asli Sampurna memiliki cita rasa khas. Seporsinya terdiri dari bakso daging dan tahu yang disiram kuah kaldu sapi segar. Begitu sampai di depan mata, Teman Traveler akan mencium aroma sangat menggoda. Saya kerap mencicipi kuahnya lebih dulu, terasa gurih dan sedap khas Bakso Solo. 

p_20190828_172807_mtB.jpg
Pesanan bakso dan gorengan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Beres dengan kuah, saya lantas buru-buru menyantap baksonya. Sekali gigit sudah sangat terasa cita rasa dagingnya. Teksturnya padat dan terasa sangat lezat, begitu pula dengan tahu berisi adonan bakso.

Soal harga, sajian legendaris ini dibanderol cukup terjangkau. Seporsinya bisa Teman Traveler tebus seharga Rp17.500 saja.

Gorengan Crunchy

p_20190828_172901_woh.jpg
Gorengan crunchy (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Setiap pelanggan di sini akan mendapat sepiring gorengan. Tambahan ini sifatnya opsional; boleh dimakan, boleh juga tidak. Kalau saya sudah pasti tidak bisa menahan godaannya. Dari luar saja sudah terlihat begitu crunchy. Satu biji gorengan ini dihargai Rp3.000 saja Teman Traveler.

p_20190828_173917_gn8.jpg
Gorengan isi daging ayam (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Gorengan di sini jadi salah satu favorit lantaran memang begitu nikmat. Isiannya berupa campuran daging ayam, tepung, dan beberapa sayuran seperti wortel. Begitu dibelah, langsung terlihat jelas semua komponen yang begitu menggoda untuk segera disantap. Teman Traveler juga bisa mencelupkannya lebih dulu ke kuah bakso sebelum disantap.

Selalu Ramai Pengunjung

p_20190828_172514_mMG.jpg
Daftar menu dan harga (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain bakso, kedai ini juga sajikan mie ayam sebagai salah satu menu andalan. Rasanya juga tidak kalah nikmat, disajikan dengan sawi rebus dan topping ayam. Cukup bayar Rp14.000, kalian bakal dibuat kenyang dengan semangkuk sajian ini.

p_20190828_174432_jCF.jpg
Suasana di dalam warung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Meski sudah puluhan tahun buka, Bakso Solo Asli Sampurna tetap eksis dan justru makin populer di kalangan wisatawan. Lokasinya sangat dekat dengan pusat bisnis dan perbelanjaan, menjadi keunggulan lain dari kedai legendaris ini. Tak heran tempatnya tak pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan.

Jika Teman Traveler sedang wisata di Jember atau sedang singgah, jangan lupa mampir ya. Dijamin rasa baksonya nampol abis dan pasti bikin ketagihan. Selamat mencoba! Next

ramadan
Kedai Cakue Ko Atek

Cakue Ko Atek Pasar Baru, Eksis Berjualan Sejak 1971

angkot unik indonesia

4 Angkot Unik di Indonesia, Ada yang Berlantai Keramik