in , , , ,

Bale Tani, Atmosfer Pedesaan Penuh Kesan Kesederhanaan!

Suasana Pedesaannya Buat Betah dan Stres pun Hilang!

Ada yang sudah pernah jalan-jalan di Kabupaten Jombang? Kalau belum, perlu dicoba nih jalan-jalan ke tempat kelahiran Gus Dur ini. Ada beberapa tempat menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi di Jombang, salah satu diantaranya adalah Bale Tani. Mungkin memang belum banyak orang tahu tentang destinasi wisata unik ini. Berikut beberapa hal menarik yang akan menyambut Teman Traveler saat berlibur ke sini.

Baca juga : Eksotisnya Pantai Pasir Hitam di Tabanan Bali, Meski Gelap Banyak yang Cari!

1. Apa dan Dimana Bale Sawah?

lrm_export_20190826_070354_t7x.jpg
Pinti Masuk Bale Tani (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bale Tani memang tidak berlokasi di pusat Kota Jombang. Lokasinya berada di Jl. Dr. Soetomo, Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Perjalanan menuju lokasi wisata ini, dari pusat Kota Jombang Teman Traveler perlu mengambil arah ke Mojokerto untuk selanjutnya berbelok ke daerah Banjaragung, Kecamatan Bareng. Kalau dihitung-hitung perjalanan dari pusat Kota Jombang ke destinasi wisata ini memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

lrm_export_20190826_070333_H37.jpg
Berbagai Macam Tanaman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bale Tani adalah wisata buatan yang lebih difokuskan sebagai wisata untuk bersantai, bermain, sambil menikmati kealamian area persawahan dengan beragam keindahan tanam-tanaman yang ada di dalamnya. Intinya, tempat wisata ini sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Sementara itu, dinamakan Bale Tani karena sebelumnya area wisata ini menjadi pusat pelatihan pertanian untuk para petani desa setempat. Selain itu, lokasi wisata Bale Tani ini pun juga berada di tengah area persawahan warga.

2. Langsung Disambut Area Selfie

lrm_export_20190826_070457_9tD.jpg
Pajangan Sepeda Ontel (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Walaupun bernama Bale Tani, tidak lantas Teman Traveler masuk ke dalam area wisata ini menjadi sangat membosankan. Terlihat dari saat pertama kali masuk saja, Teman Traveler akan langsung disambut beberapa spot foto yang unik dan menarik hasrat berfoto Teman Traveler. Berjalan tidak lebih dari 10 meter dari pintu masuk, Teman Traveler akan menemukan sebuah spot foto lucu dengan perpaduan box telepon umum dan juga sepeda angin berwarna pink. Spot ini tentu akan disukai pengunjung khususnya kaum hawa yang gemar berfoto.

lrm_export_20190826_070522_qWV.jpg
Spot Lampion yang Instagenic (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Masuk semakin dalam ke area wisata Bale Tani, Teman Traveler akan disuguhkan sebuah hamparan kebun tanaman bunga-bunga indah yang menarik hati. Tapi bukan itu sisi paling menariknya, hal paling unik dan menarik ialah ornamen lampion yang ada di atas area taman bunga. Lampion ini tergantung manis disepanjang jalan yang membelah kebun bunga mini. Hal ini membuat berfoto di bawahnya akan sangat menarik dengan hiasan bunga disekelilingnya.

lrm_export_20190826_070543_5MZ.jpg
Ornamen Caping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak jauh dari area lampion di taman kebun bunga, Teman Traveler akan menemukan spot dengan nama Bale Sawah. Jika ingin masuk ke dalam spot Bale Sawah ini, Teman Traveler ditarik biaya tambahan sebesar Rp5.000 saja. Di dalamnya, Teman Traveler akan menemukan jajaran gazebo untuk bersantai menikmati makanan yang bisa Teman Traveler pesan di kantin setempat. Selain itu, ornamen caping yang menggantung indah di area ini membuatnya semakin manis untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

3  Cafe Bernuansa Tradisional

lrm_export_20190826_070603_uWk.jpg
Kafe Outdoor (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sesuai dengan fungsinya, lokasi wisata Bale Tani ini memang sangat cocok jika digunakan sebagai tempat bersantai sambil menikmati suasana tenang ditemani dengan pernak-pernik unik yang manarik. Salah satu hal yang bisa membuat Teman Traveler menikmati suasana di Bale Tani adalah tersedianya cafe-cafe dengan berbagai macam tema yang menarik perhatian wisatawan.

Salah satu cafe unik yang ada bertema outdoor dengan tempat duduk berpayung di tepi persawahan yang sangat indah. Kantin penjual makanan yang ada disekelilingnya pun juga bernuansa pedesaan karena interiornya terbuat dari bambu lengkap dengan hiasan kluntungan bambu yang akan berbunyi saat diterpa angin. Terbayang kan betapa nikmatnya bersantai di Bale Tani ini.

4. Kolam Renang Anak Dan Permainan Air

lrm_export_20190826_070709_v4M.jpg
Kolam Renang Balita (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Satu spot menarik ada di dalam Bale Tani adalah tersedianya area kolam renang anak yang terdiri atas 3 kolam, 2 diantaranya adalah kolam berukuran kecil dan sangat dangkal. Kolam ini berada di sisi selatan dengan pemandangan apik disekelilingnya. Taman bunga yang mengelilingi kolam dipadu dengan area tempat duduk bersantai membuat kolam ini tidak terasa berlokasi ditengah area persawahan. Kolam kecil dan dangkal ini sangat cocok digunakan untuk balita yang belum terbiasa mandi di kolam renang.

lrm_export_20190826_070626_Rmv.jpg
Terdapat 2 Kolam Renang Anak (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tepat di sisi utara kolam anak-anak yang kecil ada sebuah kolam renang lagi yang masih dikhususkan juga untuk anak-anak. Tapi, spot yang satu ini kolamnya lebih dalam dan luas. Sangat cocok untuk anak-anak yamg sudah bisa berenang tapi takut kedalaman. Di sekeliling kolam pun masih dihiasi berbagai taman bunga yang indah sehingga menimbulkan suasana yang nyaman saat berenang.

lrm_export_20190826_070646_Gz6.jpg
Wahana Sepeda Air (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tidak jauh dari area kolam renang anak, Teman Traveler bisa menemukan sebuah kolam air yang bisa dimanfaatkan untuk wahana sepeda air. Tidak luas memang, tapi cukup untuk anak-anak berputar-putar bermain sepeda air sembari melepas kejenuhan bersekolah.

5. Gubuk Batik Bisa Disewa Untuk Istirahat

lrm_export_20190826_070730_w60.jpg
Bale Tani (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang berasal dari luar kota, Bale Tani juga menyediakan beberapa pondok untuk beristirahat. Pondok itu bernama Bale Batik. Tempat ini menyediakan beberapa pondok berupa kamar-kamar ruangan untuk beristirahat. Bangunan yang terbuat dari kayu dan juga anyaman “gedek” bambu membuat suasana khas pedesaan sangat melekat di pondokan ini. Tentu sangat pas dengan nama tempat wisata ini yaitu Bale Tani, yang mencerminkan sebuah tempat wisata di area pedesaan yang membuat Teman Traveler nyaman berlama-lama istirahat di tempat ini.

Bale Tani menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk warga kota yang menginginkan tempat bersantai menikmati suasana alam pedesaan dalam balutan taman yang indah. Tiket masuk per orangnya yang hanya Rp5.000 saja juga membuat tempat wisata Bale Tani ini bisa dijangkau semua kalangan. Yuk berkunjung ke sini saat pandemi virus corona berakhir. Stay safe ya Teman Traveler! Next

ramadan

Ayam Geprek Mr.Boy, Wisata Kuliner Alternatif Selain Empal Gentong di Cirebon

Resep Ayam Kecap Pedas Manis, Menu Buka Puasa yang Maknyus Abis!