in , , ,

Balong Geulis Sumedang, Kolam Renang Bak Berada di Atas Awan

Balong Geulis Sumedang menyuguhkan wisata kolam renang di antara kebun teh dan hutan pinus dengan pemandangan dan suasana sejuk khas pegunungan.

Balong Geulis Sumedang

Buat warga Jakarta yang butuh suasana liburan bau berbau alam, bisa banget berkunjung ke Balong Geulis di Sumedang. Tempat ini menyuguhkan wisata kolam renang dengan pemandangan dan suasana alam yang tak akan kamu temukan di pusat kota Jakarta.

Baca juga : Warung Pak Bos, Solusi Nongkrong Ramah Kantong di Nusa Dua

Pernah membayangkan berenang di tengah alam dan di ketinggian? Nah, di sini kalian akan merasakannya. Bukan cuma itu, tapi ada fasilitas lain yang bisa kamu manfaatkan untuk belibur. Apa aja sih? Yuk simak sampai habis!

Punya Pemandangan dan Suasana Sejuk Khas Pegunungan

Balong Geulis Sumedang termasuk wisata yang baru, tepatnya buka pada tahun 2020 lalu. Tempatnya yang berada di antara Kebun Teh Cibubut dan hutan pinus Gunung Kareumbi, membuatnya memiliki suasana tenang nan sejuk.

Balong Geulis Sumedang
Foto via Instagram

Tak heran jika memiliki nama Balong Geulis yang berati kolam yang cantik. Pemandangan sekitarnya memang begitu indah. Saat berada di sini, kamu bisa melihat pemandangan pegunungan, pepohonan, dan kabut cantik. Di antaranya adalah Gunung Masigit Kareumbi, Gunung Cakrabuana, Kawasan Damaraja, Kawasan Malangbong.

Balong Geulis Sumedang Bak di Atas Awan

Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.174 dengan luas area 2 hektare. Kabut akan menyelimuti di waktu-waktu tertentu, maka itulah kamu akan merasakan berenang bak di atas awan. Airnya pun begitu segar karena berasal dai sumber mata air perkebunan teh.

Balong Geulis Sumedang
Foto via Instagram

Balong Geulis Sumedang beralamatkan di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Keberadaannya yang ada di perbatasan antara Sumedang dan Garut, membuatmu bisa ke sini dari dua kota tersebut.

Jika dari pusat kota Sumedang, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 35 kilometer. Sedangkan jika dari Garut lebih dekat, yaitu 18 kilometer.

Kolam Renang hingga Camping Ground

Terdapat 2 kolam renang yang tersedia, yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman 165 sentimeter, sedangkan anak-anak sedalam 80 sentimeter. Terdapat perosotan dan ember tumpah yang bisa menambah keseruan saat berenang.

Wisata Alam Indonesia
Foto via Instagram

Tidak hanya kolam renang, tempat wisata ini juga memiliki camping ground dengan persewaan peralatan camping, vila untuk penginapan, flying fox, dan kolam pemancingan.

Jam Operasional dan HTM Balong Geulis Sumedang

Balong Geulis Sumedang buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB dengan HTM sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak. Jangan lupa untuk menyiapkan uang retribusi parkir sebesar Rp2.000 untuk moto dan Rp5.000 untuk mobil.

Kolam Renang Alami
Foto via Instagram

Untuk biaya sewa area camping ground, kamu perlu membayar sebesar Rp40.000 per orang dengan fasilitas kayu bakar untuk api unggun. Harga tersebut belum termasuk persewaan alat camping.

Fasilitas yang ada di sini cukup memadai. Beberapa di antaranya ada area parkir yang luas, musala dan kamar mandi yang nyaman, waung, gazebo, wahana permainan, dan spot selfie. Tak perlu khawatir sinyal handphone menghilang, karena di sini kamu tak akan mengalaminya.

Setelah menghabiskan waktu di sini, kamu akan merasa segar kembali dan siap melakukan aktivitas di kota asalmu. Sudah siap mau berlibur di sini? Next

ramadan
Ayam Tangkap

Ayam Tangkap, Perpaduan Ayam dan Dedaunan Goreng yang Unik Khas Aceh

Lontong Medan

Lontong Medan, Sajian Khas yang Punya Cita Rasa Gurih dan Nikmat