in , ,

Lontong Medan, Sajian Khas yang Punya Cita Rasa Gurih dan Nikmat

Lontong sayur khas Medan dengan cita rasa gurih, nikmat, dan haum berkat santan dan bumbu kaya rempah. Biasa ditemukan di warung di Medan atau saat Lebaran.

Lontong Medan

Setiap daerah di Indonesia, punya kuliner khasnya yang sayang banget kalau tidak dicicip saat berada di daerah tersebut. Contohnya saat kamu sedang berada di Sumatra Utara, jangan sampai melewatkan sajian bernama lontong medan.

Baca juga : Terminal Jatijajar Depok, Suasananya yang Bikin Kangen Mudik

Lontong Sayur Khas Medan

Lontong medan sejatinya merupakan lontong sayur. Ya, lontong yang diiris-iris dan disajikan dengan berbagai macam sayur. Sayur yang disajikan berupa kuah santan, biasanya gulai labu siam, kacang panjang, atau nangka muda.

Lontong Medan
Foto via Instagram

Sayu ini memiliki cita rasa yang begitu lezat. Berasal dari gurihnya santan dan berbagai rempah yang menjadi bumbu dasar. Beberapa rempah tersebut di antaranya adalah kemiri, ketumbar, hingga jinten. Baunya pun harum berkat ditambahkannya daun jeruk dan daun salam.

Memiliki Perbedaan dengan Lontong Sayur Biasa

Yang membedakan lontong medan dengan lontong sayur di daerah lain adalah bumbu dan topping yang khas. Menggunakan tauco, bihun goreng, keripik kentang, sambal tempe, teri, bihun goreng, kerupuk udang, hingga serundeng.

Lontong Medan
Foto via Instagram

Selain sayur gulai, lontong sayur juga bisa disajikan dengan tambahan sambal goreng berbahan dasar daging atau ikan yang membuatnya makin nikmat. Beras yang digunakan pun menggunakan beras ketan yang biasanya dimasak dengan agak padat.

Menjadi Sajian Saat Lebaran

Menjadi kuliner khas, sajian ini bisa ditemukan di banyak tempat di Medan. Kamu bisa menemukan di warung yang menyediakan sarapan, karena beberapa disajikan dengan porsi yang pas untuk sarapan.

Sajian Lebaran
Foto via Instagram

Selain itu, lontong medan juga menjadi sajian saat Lebaran. Jadi, jangan heran jika kamu berada di Medan saat Lebaran kemudian menemukan sajian ini di rumah banyak orang.

Meski bahan dan cara memasak lontong sayur bisa dengan mudah ditemukan di internet, tapi biasanya masing-masing warung atau rumah, memiliki sumbu yang berbeda sehingga menghasilkan cita asa yang unik pula. Next

ramadan
Balong Geulis Sumedang

Balong Geulis Sumedang, Kolam Renang Bak Berada di Atas Awan

Mountain Cabin Bandung

Mountain Cabin Bandung, Perpaduan Penginapan Kekinian dengan Alam yang Sejuk dan Tenang