in ,

Bandoengsche Melk Centrale, Kedai Susu yang Beroperasi Sejak Zaman Belanda

Bandoengsche Melk Centrale di Bandung yang Melegenda

Bandoengsche Melk Centrale
Bandoengsche Melk Centrale

Produksi susu di dalam negeri ternyata sudah ada sejak zaman dahulu, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Banyak tempat legendaris yang merupakan tempat pengolahan susu ataupun lokasi penjualannya. Seperti Bandoengsche Melk Centrale di Bandung yang legendaris sejak zaman penjajahan Belanda. Yuk, baca lebih lanjut.

Baca juga : Deretan Restoran Rooftop Jogja, Santap Lezat di Beranda Angkasa

Sejarah Berdirinya Bandoengsche Melk Centrale

Bandoengsche Melk Centrale, via Instagram/ulfarp
Bandoengsche Melk Centrale, via Instagram/ulfarp

Bandoengsche Melk Centrale merupakan pusat susu yang telah ada sejak tahun 1928. Pada tahun 1903, ada kapal dari Prancis yang bernama La Seyne dan berlabuh di Tanjung Priok. Kapal tersebut berisi kumpulan orang Belanda “The Dutch Boers” yang berasal dari Afrika Selatan. Mereka begitu terkenal lantaran berhasil membuka perkebunan di Lembang.

Lokasi yang cukup Instagenic juga, via Instagram/levinwilliams
Lokasi yang cukup Instagenic juga, via Instagram/levinwilliams

The Boers membuka Bandoengsche Melk Centrale untuk menjual ragam hasil perkebunan dan juga peternakan. Tak hanya menampung, mereka juga mensterilkan susu-susu tersebut dan menyalurkannya ke beberapa pelanggan di dalam atau pun di luar Bandung.

Bandoengsche Melk Centrale ini pernah berpindah-pindah kepemimpinan. Sudah pernah dipegang oleh orang Belanda, Jepang, dan sampai akhirnya dikelola oleh Pemerintah Jawa Barat. Awalnya mengolah susu jadi minuman saja, sekarang telah menjadi beragam panganan enak. Mulai dari es krim, keju, mentega, bahkan krim untuk kosmetik.

Tak Hanya Tawarkan Olahan Susu, Juga Beragam Makanan

Tempat makan enak yang melegenda, via Instagram/ninayuliantri
Tempat makan enak yang melegenda, via Instagram/ninayuliantri

Karena memang pusat susu, tempat makan ini menawarkan beragam olahannya. Sebut saja yogurt, tiramisu, kefir, susu dengan berbagai rasa dan lain sebagainya. Selain minuman yang menyegarkan, di sini juga ditawarkan makanan yang enak. Sebut saja Sop Buntut Goreng, Nasi Timbel, Gado-gado, Nasi Goreng, dan lain sebagainya. Pilihan lokasi yang sangat tepat bukan?

Lokasi Bandoengsche Melk Centrale yang Klasik

Tempat nongkrong legendaris di Bandung, via Instagram/callme_dipy
Tempat nongkrong legendaris di Bandung, via Instagram/callme_dipy

Jika kamu masuk ke dalam tempat makan legendaris di Bandung ini, seakan diajak kembali ke masa lampau. Bangunannya vintage dengan mempertahankan gaya arsitektur Belanda yang sangat klasik. Meskipun ditata modern, namun suasana tempo dulu masih begitu kental. Di dalam ruangan Bandoengsche Melk Centrale, kamu akan melihat foto-foto Bandung jaman dulu.

Lokasinya berada di Jl. Aceh No. 30, alamat pastinya berada di dekat gedung DPRD Kota Bandung. Jam operasionalnya, mulai dari pukul 08:00 hingga 23:00 WIB. Tempat makan ini juga membuka cabangnya, yakni di Paris Van Java. Untuk harga yang ditawarkan, baik minuman atau makanan, kisaran harga Rp5.000 sampai dengan Rp50.000.

Jika kamu ingin makan di tempat yang begitu klasik yang menawarkan menu-menu yang beragam, tempat makan di Bandung ini bisa masuk dalam list untuk didatangi. Bisa nostalgia zaman dahulu kala di tempat yang cantik ini. Next

ramadan
Liburan Nikita Mirzani di Jepang

Jalan-jalan ala Nikita Mirzani di Jepang, Ajak Anak Jadi Ninja

6 Luxury Resorts in Ubud with Charming Green Views