in , ,

7. Bangunan Tua yang Dianggap Mistis di Malang Raya

RS Lavalette
RS Lavalette

Sebuah bangunan yang memang sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda memang sering sekali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Selain bangunannya yang terkesan megah tapi angker, suasana di sekitar area bangunan juga sering dianggap angker oleh orang-orang sekitar.

Baca juga : Persiapan Sambut Festival Danau Sentarum, Berikut Rangkaian Acara FDS 2018 yang Harus Kamu Catat!

Malang sebagai salah satu pusat pemerintahan kolonial Belanda jaman dulu tentu juga banyak memiliki peninggalan bangunan kuno yang masih berdiri dan digunakan sampai sekarang, dan kebanyakan dianggap seram. Lokasinya beragam ada yang di Kota Malang dan juga beberapa di Kabupaten Malang. Walaupun seram tentunya objek-objek ini sering dijadikan untuk mengambil foto.

1. Rumah Sakit Jiwa Lawang

Rumah Sakit Jiwa Lawang

Rumah Sakit Jiwa atau RSJ di daerah Lawang yang bernama Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Widyoningrat adalah salah satu bangunan peninggalan jaman Belanda yang masih aktif digunakan sampai sekarang dan dianggap seram. Rumah sakit jiwa ini berdiri sekitar tahun 1865, tepat di belakang bangunan ada sebuah lapangan sepak bola yang bedampingan dengan sebuah makam belanda di sebelah timurnya. Makam itu pun memang sudah ada di lokasi tersebut saat tempat ini dibangun. Tahun 1980-an makam belanda di area belakang Rumah Sakit Jiwa dijadikan pemakaman untuk pasien yang tidak punya keluarga. Karena adanya pemakaman ini penghuni dan juga warga sekitar Rumah Sakit Jiwa sering mengatakan kalau melihat penampakan noni belanda.

2. Hotel Niagara Lawang

Hotel Niagara Lawang

Jika kita melewati Jalan Raya Lawang pasti tidak asing dengan bangunan sebuah hotel yang bernama Hotel Niagara, tepatnya berada di sebelah utara Pasar Besar Lawang. Hotel tinggi megah dan menjulang ini sudah berusia lebih dari 100 tahun, dan sangat unik kalau dilihat arsitekturnya. Tapi ternyata hotel ini terkenal seram dimata orang sekitar dan bagi siapapun yang pernah menginap di dalamnya. Banyak yang bilang kalau sering dijumpai penampakan hantu 3 noni Belanda di lantai 4 hotel ini. Selain itu juga banyak yang bilang ada hantu bermuka datar di atap bangunan ini.

3. Jembatan Sulfat

Jembatan Sulfat

Di dalam Kota Malang, tepatnya di daerah Sulfat mengarah ke perumahan Sawojajar bisa ditemukan sebuah jembatan yang dikenal dengan nama jembatan sulfat. Bangunan jembatan ini dipercaya seram oleh warga sekitar dan juga pengguna jalan yang melintas, pada umumnya pengendara sepeda motor sering merasa berat saat berkendara sendirian di tengah malam saat melintasi jembatan ini, mereka percaya kalau ada kuntilanak yang menumpang. Hal ini tentu juga dipercaya karena diperkuat fakta kalau jembatan ini sudah ada dari jaman dulu, dan pembangunannya memangkas area makam.

4. Musium Brawijaya Malang

Musium Brawijaya Malang

Jika kita di Kota Malang atau berkunjung ke kota ini, kita pasti pernah melewati Jl. Besar Ijen. Di jalan yang merupakan kawasan rumah elit dari jaman kolonial Belanda ini ada sebuah bangunan Musium. Musium yang bernama Musium Brawijaya ini menyimpan berbagai macam koleksi peralatan perang. Kalau kita mengunjungi musium saat siang hari tidak akan merasakan aura seramnya, karena justru terlihat rapi dan bagusnya musium ini. Tapi jika kita mengunjunginya saat malam pasti akan terasa seram. Hal ini karena musium ini menyimpan salah satu gerbong maut kereta api yang dulunya dipakai untuk mengangkut 100 orang pejuang perang, karena sempitnya gerbong membuat sebagian pejuang itu meninggal. Sehingga banyak orang yang bilang ada suara rintihan dan tangisan berasal dari gerbong kereta maut itu saat malam hari.

5. Wisma Tumapel

Wisma Tumapel

Beranjak ke wilayah bundaran Alun-Alun Tugu yang berlokasi di dekat Balai Kota Malang, tepatnya berseberangan dengan Hotel Splendid Inn terdapat bangunan kuno yang bernama Wisma Tumapel. Walaupun sekarang kondisi bangunan sudah direnovasi, tapi tetap mempertahankan bentuk aslinya. Dulu ketika belum direnovasi bangunan ini sering menjadi objek foto para fotografer yang mencari lokasi bangunan lawas. Tentunya kalau kita ke Wisma Tumapel ini harus menjaga sopan santun dan dilarang masuk ke ruangan-ruangan di dalamnya, karena banyak yang percaya kalau ada hal buruk yang terjadi setelahnya. Selain ini di bangian lorong di dalam bangunan ini sering ditemui penampakan noni belanda. Bahkan cerita itu maih beredar sampai sekarang walaupun bangunan sudah diperindah.

6. SMA Negeri 1 Malang

SMA Negeri 1 Malang

Tempat angker lainnya yang berada di kawasan Tugu adalah SMAN 1 Malang. Selain dikenal sebagai salah satu sekolah favorit, ternyata sekolah ini menyimpan cerita seramnya sendiri. Banyak yang bilang bahwa di dalam ruangan teater sekolah ini ada sebuah bercak darah yang tidak bisa dihingkan, sekalipun ubinnya diganti beberapa kali. Tentunya hal itu sangat menyeramkan ditambah lagi di dalam bangunan sekolah yang memang sudah ada sejak jaman dulu ini juga sering ditemukan penampakan-penampakan noni belanda.

7. Rumah Sakit Lavalette

Rumah Sakit Lavalette

Di Jl. WR. Supratman No. 10 Rampal Celaket, tepatnya bersebelahan dengan SMPN 5 Malang ada sebuah bangunan Rumah Sakit yang telah berdiri sejak jaman Belanda, namanya adalah Rumah Sakit Lavalette. Dulunya Rumah Sakit ini dimiliki oleh pemerintah Hindia-Belanda saat jaman peperangan. Sampai sekarang rumah sakit ini masih beroperasi dengan cerita mistisnya tersendiri. Beberapa pepohonan besar dan tua di area rumah sakit ini dipercaya sebagai tempat berdiamnya makhluk halus yang sering menampakkan diri pada karyawan dan juga pengunjung saat malam hari. Next

ramadan
Ayam Kuah

Dari Kare hingga Lodho, Ini Kuliner Ayam Berkuah Santan di Malang

Visa

Visa Schengen, Visa Sakti untuk Menjelajahi Benua Biru