in

Dari Kare hingga Lodho, Ini Kuliner Ayam Berkuah Santan di Malang

Ayam Kuah
Ayam Kuah

Kekayaan resep masakan Indonesia berasal dari banyaknya jenis rempah yang digunakan. DIantaranya ada jahe, kunyit, ketumbar, lengkuas, kencur, dan lain sebagainya. Selain bumbu rempah tersebut, masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang dulu juga menggunakan bahan lain untuk menambah kenikamtan masakan, salah satunya adalah santan.

Baca juga : Taman Banjarsari, Wisata Alam yang Cantik di Tengah Kota Solo

Santan berasal dari parutan daging kelapa tua yang diperas kemudian disaring sehingga menghasilkan cairan berwarna putih susu. Kandungan nutrisi utama di dalam santan adalah lemak, protein dan karbohidrat. Lemak inilah yang membuat santan dapat digunakan sebagai penyedap rasa karena akan membuat masakan menjadi lebih gurih (wikipedia.com).

Ada banyak sekali masakan khas Indonesia yang menggunakan santan, diantaranya kare, gulai, tongseng, opor, lodeh, rendang, dan masih banyak lagi. Kali ini, Travelingyuk akan mengulas beberapa warung yang menjual olahan ayam berkuah santan yang sangat nikmat dan patut dicoba ketika berkunjung ke Malang. Yuk, disimak satu-persatu!

1. Kare Ayam Kampung Warung Mak Ten

mak_ten_Cv8.jpgKare Ayam Mak Ten via Instagram/@kuliner_with_,mark

Biasanya kare ayam selalu ada di dalam daftar menu warung-warung yang menjual masakan khas Jawa Timur. Di Malang ada warung sederhana yang menu spesialnya adalah kare ayam kampung. Alamatnya di Jl. Raya Genengan No. 246, Dusun Binangun, Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Buka dari pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB, hari Minggu tutup.

Kare Ayam di sini benar-benar spesial, kuah santannya kental dan rasanya sangat nikmat dan gurih, Daging ayam kampungnya lunak, semakin nikmat dengan tambahan taburan bawang goreng dan sambal. Seporsi nasi kare ayam kampung harganya sekitar Rp 15.000. Di sini juga ada banyak menu khas Jawa Timur lainnya seperti pecel, rawon, lodeh, sayur bening dan nasi campur. Jika kalian ingin mencoba kare ayam kampung di Warung Mak Ten ini, usahakan datang pagi/siang, karena biasanya menjelang sore sudah habis terjual. 

2. Jangan Pedes Ayam Warung Tangkilsari

tangkilsari_bQO.jpgJangan Pedes Ayam Warung Tangkilsari via Instagram/@yuwonooktav

Warung ini sebenarnya sudah lama berdiri, tapi baru-baru ini semakin dikenal masyarakat hingga di luar Pulau Jawa. Alamatnya di Jl, Raya Tangkilsari No. 37, Tajinan, Kabupaten Malang. Meskipun lokasinya tersembunyi, warung ini selalu ramai apalagi ketika jam makan siang. Menu utama di sini adalah masakan berkuah santan yang biasa disebut “jangan” oleh orang Malang, dengan berbagai macam pilihan seperti ayam, bebek, menthok, ikan pe, kikil, udang, dan lain-lain.

Hampir semua menunya sangat pedas dan menggugah selera. Ada dua pilihan nasi yaitu nasi putih dan nasi jagung. Jika tidak ingin masakan pedas, ada juga lauk kering seperti ayam goreng, ikan goreng, mendol tahu dan bakwan jagung. Harganya murah mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 30.000 per porsi. Perlu dicatat, Warung Tangkilsari ini tutupĀ  setiap Senin Wage.

3. Ayam Lodho Pak Bondan

p_bondan_f3O.jpgAyam Lodho Pak Bondan via Instagram/@katalogmalang

Berbeda dengan kare, ayam lodho diolah dari ayam kampung yang dipanggang terlebih dahulu, baru kemudian disiram kuah santan yang kental dan gurih. Kuahnya cukup pedas karena berisi cabe rawit utuh. Aroma ayam lodho juga sangat khas karena berasal dari panggangan ayam. Daging ayamnya empuk dan rasanya cenderung manis.

Kuliner khas Tulungagung ini biasanya sangatĀ nikmat disajikan dengan nasi putih ditambah urap sayur. Salah satu warung ayam lodho yang bisa dicoba di Malang adalah Ayam Lodho Pak Bondan. Alamatnya di Jl. Candi Bajang Ratu No. 12 D, Malang. Harga nasi ayam lodho + urap sayur sangat murah, mulai dari Rp 17.000. Warung ini buka dari jam 18.00 WIB – 23.00 WIB.

4. Ayam Lodho Warung Lama Haji Ridwan

h_LcJ.jpgAyam Lodho Warung Lama Haji Ridwan via Instagram/@sbykulinerinfo

Warung Lama Haji Ridwan merupakan salah satu warung legendaris yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malang. Lokasinya di dalam Pasar Besar Malang Lantai Dasar Stan No. 15-16. Buka dari pukul 07.00 WIB – 15.30 WIB. Menu yang ditawarkan sama seperti warung masakan khas Jawa Timur lainnya, tapi yang paling spesial di sini adalah sate komoh. Sedangkan ayam lodho merupakan menu terbaru di warung ini dan menjadi hidangan favorit karena rasanya yang pedas dibanding menu lainnya. Harga seporsi nasi ayam lodho pedas ditambah acar: Rp 16.000.

5. Ayam Edan Warung Presiden

ayam_edan_4nw.jpgAyam Edan Warung Presiden via Instagram/@lambengunyahmalang

Mungkin ini salah satu warung yang kurang begitu dikenal masyarakat luas, karena lokasinya bukan di tengah kota Malang. Namanya Warung Presiden, alamatnya di Jl. Ki Ageng Gribig No. 3, Madyopuro, Malang (seberang SDN Madyopuro 5). Buka dari jam 6 pagi sampai 7 malam., warung ini berkonsep unik karena banyak dipasang foto presiden dari Ir. Soekarno sampai Jokowi.

Menunya ada soto, rawon, sop, dan yang paling spesial dan wajib dicoba adalah ayam edan. Tampilannya seperti kare ayam dan rasanya sangat pedas, maka dari itu dinamakan edan .Tapi kita bisa memilih level kepedasan dari tidak pedas, sedang, atau sangat pedas. Ayam edan menggunakan ayam kampung dan harganya cukup murah, hanya Rp 12.000 saja. Next

ramadan

Gunung Budheg, Nikmati Lautan Awan di Tulungagung

RS Lavalette

7. Bangunan Tua yang Dianggap Mistis di Malang Raya