in , ,

Bantul Expo 2019, Meriahnya Pameran Produk Kreatif Unggulan

Melihat Aneka Produk Andalan di Bantul Expo 2019

Produk unggulan di Bantul Expo 2019
Produk unggulan di Bantul Expo 2019 (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Bantul merupakan salah satu Kabupaten Jogjakarta dengan banyak industri kreatif unggulan. Tak heran jika mereka kerap adakan pameran aneka produk hasil kreasi lokal. Salah satu yang sudah dan masih berlangsung adalah Bantul Expo 2019.

Baca juga : Wajib Dicicipi! 5 Minuman Legendaris Solo

Bertempat di Pasar Seni Gabusan

p_20190729_200035_BVL.jpg
Pintu masuk expo (c) Rachma Muslika/Travelingyuk
p_20190729_200642_m4W.jpg
Salah satu produk yang dipamerkan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Bantul Expo merupakan salah satu ajang pameran UMKM terbesar. Rutin diselenggaran tiap tahun di Pasar Seni Gabusan. Buat Teman Traveler yang ingin mampir, bisa langsung meluncur ke Jalan Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Sewon.

p_20190729_204038_eYP.jpg
Aneka hasil kerajinan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Expo ini menampilkan sejumlah stand dengan beragam produk kreatif warga Bantul. Masing-masing kecamatan berpartisipasi dengan karya unggulan mereka. Sementara untuk kabupaten, tersedia tempat khusus dengan produk yang lebih spesifik.

Tanpa Biaya Masuk

p_20190729_204138_Cdn.jpg
Aneka kerajinan batik dan kesenian (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Mengunjungi Bantul Expo, Teman Traveler tak perlu bayar tiket masuk alias gratis. Cukup rogoh kocek untuk biaya parkir jika kalian datang menumpang kendaraan pribadi. Berikutnya kalian bisa sepuasnya menjelajah tiap sudut area pameran dan melihat beragam produk unggulan dari seluruh Bantul.

Beragam Kerajinan dan Produk Menarik

p_20190729_203753_Y3r.jpg
Stand Kecamatan Pandak (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Anyaman bambu, wayang, batik, keris, kerajinan batok, dan kerajinan perak adalah sebagian produk yang dipamerkan di sini. Buat Teman Traveler yang tertarik membeli, bisa langsung menghubungi pihak terkait di masing-masing stand.

p_20190729_200721_Rer.jpg
Aneka kerajinan wayang (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Bentuk kerajiannya bermacam-macam. Salah satu yang menurut saya lumayan menarik adalah anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi alat-alat rumah tangga. Selain itu ada beberapa pernak-pernik penghias sudut rumah dan kerajinan bertema seni seperti wayang.

Ada Stand Dinas Pendudukan, Pajak, dan Kesehatan

p_20190729_200916_A4a.jpg
Hiasan berbentuk tokoh pewayangan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Uniknya, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil juga membuka gerai di Bantul Expo. Pengunjung bisa sekalian membuat kartu identitas atau menyelesaikan urusan administrasi lain secara gratis di sini. Cukup menarik bukan?

RSUD Panembahan Senopati juga turut memeriahkan pameran kali ini. Mereka sediakan layanan cek kesehatan gratis untuk para pengunjung. Selain itu masih ada stand khusus Pajak Bumi dan Bangunan. Buat Teman Traveler yang belum selesaikan kewajiban membayar pajak, bisa banget mampir ke sini.

p_20190729_202801_qVu.jpg
Stand Dinas Pemadam Kebakaran (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Stand lain di luar produk kreatif yang cukup menarik perhatian adalah milik Dinas Pemadam Kebakaran. Di sini pengunjung bisa mengikuti beragam kuis untuk mendapat aneka hadiah menarik. Mereka juga berikan kesempatan buat yang ingin melihat aneka peralatan pemadam dari dekat, maupun mencoba kostum milik petugas pemadam. Tentunya akan sangat menarik, terutama bagi para pengunjung cilik.

Pasar Malam dan Pertunjukan Seni

p_20190729_202941_SAz.jpg
Stand unik milik Dinas Kebudayaan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Bantul Expo 2019 terasa makin meriah berkat kehadiran sederet gerai penjual makanan khas dan aneka permainan khas Pasar Malam. Teman Traveler bisa mencoba sejumlah wahana seru, di antaranya bianglala alias ferris wheel. Tentunya akan sangat menarik dijajal bersama seluruh anggota keluarga.

p_20190729_205951_9V0.jpg
Wahana seru ala Pasar Malam (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Pameran ini sudah berlangsung sejak 26 Juli dan baru akan berakhir pada 5 Agustus. Jadi Teman Traveler masih punya kesempatan untuk mampir hingga awal pekan mendatang. Buat Teman Traveler yang suka menonton pertunjukan budaya, tiap hari bakal ada penampilan seni dari sejumlah artis lokal di sini. Jadi jangan sampai kelewatan ya.

p_20190729_210514_zVf.jpg
Panggung seni dan hiburan (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Itulah sekilas pengalaman saya mengunjungi Bantul Expo 2019, ajang pameran produk kreatif unggulan di Kabupaten Bantul. Buat Teman Traveler yang sedang keliling wisata Jogja dan masih bingung hendak habiskan pekan di mana, boleh banget mampir ke sini bersama sahabat maupun keluarga. Yuk, langsung pesan tiket ke Kota Gudeg ini? Next

ramadan

Usulan Menu Warteg Gratis Youtuber Edho Zell, Mana Favoritmu?

Pangek Pisang

Pangek Pisang, Sajian Penghormatan Khas Solok Selatan