in , ,

Batu Caves – Kuil Suci Dewa Murugan di Negeri Jiran Malaysia

Batu Caves
Batu Caves

Negeri jiran Malaysia memang memiliki banyak bagunan yang iconic dan bersejarah penting, bahkan peranan bangunan bersejarah tersebut ikut andil dalam kemajuan pariwisata di Malaysia, bahkan Indonesia menjadi negara ke 2 yang sering mengunjungi Malaysia setelah Singapura loh, tentunya semua ini bukan tanpa alasan, karena dari segi geografisnya yang dekat, kemudian budget untuk trip ke Malaysia juga sangat bersahabat dengan kantong kita orang Indonesia.

Baca juga : Sekarbela, Sentra Kerajinan Mutiara Kualitas Terbaik di Lombok

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Salah satu tempat yang sedang populer saat ini yaitu Batu Caves, kuil yang terletak di Selangor sekitar 13 kilometer dari pusat kota Kuala Lumpur ini sebetulnya sudah lama ada. Bahkan pada tahun 2012 situs ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan kebudayaan dunia.

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Selain menjadi tempat wisata, kuil suci yang bernama Sri Subramaniar Swamy ini juga menjadi tempat ziarah dan ritual bagi umat Hindu dari seluruh dunia. Untuk menghormati Dewa Murungan dibangun patung dengan tinggi mencapai 43 meter dan konon merupakan patung Dewa Hindu tertinggi di dunia.

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Selain patung raksasa ada 272 anak tangga yang mengarah langsung pada kuil utama yang berada di dalam gua dan tepat sebelah kiri tangga terdapat kuil yang isinya patung para Dewa yang biasa dijadikan tempat puja atau berdoa.  

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Mengenai akses untuk menuju kuil ini cukup mudah. Bila kalian dari bandara KLIA2 kalian bisa naik bus menuju KL Sentral dengan tarif 24 RM atau 42 ribu, lama perjalanan kurang lebih 2 jam. Kemudian dari KL Sentral lanjut ke Batu Caves menggunakan kereta komuter dengan tarif 6 RM atau 22 ribu tapi kalian harus bertanya pada petugas stasiun yah agar tidak salah naik kereta.

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Atau jika ingin lebih mudah lagi kalian bisa menggunakan taxi online dengan tarif kurang lebih 60 ribu satu kali jalan. Terus dari stasiun komuter Batu Caves ke lokasi kuil cukup berjalan 10 menit. Harga tiket masuknya gratis hanya jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir saja. untuk memasuki kuil  kalian harus berpakaian sopan yah tapi kalo kebetulan kalian tidak membawa celana panjang kalian juga bisa sewa kain yang telah di sediakan oleh pihak pengurus kuil.      

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Di atas sempat disebutkan bahwa di kuil ini terdapat 272 anak tangga yang harus kalian naiki untuk mencapai kuil utama yang berada dalam gua. Warna tangga yang bak pelangi ini menjadi daya tarik wisata kuil ini. Terutama bagi para Traveller yang mencari spot photo unik. Sebelumnya tangga ini tidak memiliki warna pelangi seperti saat ini. Namun guna menyambut ritual Kumbhabhishekham kemudian pengurus kuil memberikan cat ulang seluruh area kuil.

Batu Caves (c) Muhamad/Travelingyuk

Ritual ini merupakan ritual yang dilakukan 12 tahun sekali sesuai periode kalender Hindu. Dan yang hebatnya lagi, pewarnaan ulang kuil ini hanya memerlukan waktu sekitar 3 hari saja. Sekedar Tips jika kalian ingin mendapatkan hasil foto yang bagus. Sebaiknya kalian dateng lebih pagi, karena semakin siang kuil suci ini akan semakin ramai dan penuh oleh wisatawan maupun orang yang datang untuk berdoa. Menaiki Tangga di Temani Penghuni Gua.   Next

ramadan
fi palung mariana

Palung Mariana Terdalam di Bumi, Kedalamannya Mengalahkan Ketinggian Gunung Everest

fi gua jegles

Gua Jegles di Kediri, Terkenal Angker Kini Menjadi Tempat Wisata Hits