in , , ,

Palung Mariana Terdalam di Bumi, Kedalamannya Mengalahkan Ketinggian Gunung Everest

Palung paling dalam di bumi

fi palung mariana

Palung terdalam di bumi yaitu Palung Mariana atau Mariana Trench terletak di titik antara Guam dan Filipina. Bagian terdalamnya bernama Challenger Deep. Kedalaman palung ini mengalahkan ketinggian Gunung Everest lho! Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Trending Twitter! Lawu via Cemoro Sewu Dibuka Kembali untuk Pendaki

Kedalamannya Mengalahkan Tinggi Gunung

kedalamannya mengalahkan
Ilustrasi via pexels Kon Karampelas

Palung Mariana berada di Lautan Pasifik Utara bagian barat, dikutip dalam National Geographic diperkirakan palung ini memiliki kedalaman sekitar 36.201 kaki atau 11.304 meter. Kedalamannya mengalahkan tinggi Gunung Everest yaitu sekitar 29.035 kaki atau sekitar 8.8850 meter.

Palung ini masih jauh lebih dalam dibanding gunung tertinggi di dunia, jika dipoisikan pada palung Mariana, puncak Gunung Everest masih tetap berada di kedalaman tujuh ribu kaki atau 2.133 meter di bawah permukaan air laut.

Proses Terbentuknya

proses terbentuknya
Ilustrasi via pexels Elianne Dipp

Kemudian untuk proses terbentuknya Palung ini, menurut Live Science terbentuk oleh proses yang terjadi di zona subduksi, di mana dua lempeng patahan kerak dalam laut bertabrakan. Pada zona tersebut patahan saling terdorong dan tertarik sehingga tumpang tindih hingga tenggelam dalam lapisan bumi. Palung terbentuk di lengkungan patahan yang tenggelam.

Patahan Samudera Pasifik membengkok di bawah patahan Filipina, patahan atau lempeng Pasifik juga disebut sebagai lempeng tektonik dan berusia 180 juta tahun, lempeng Filipina masih lebih muda serta berukuran kecil.

Habitat Hewan dan Organisme Laut

habitat hewan
Ilustrasi via instagram reef_org

Meski menjadi palung terdalam, di sini juga merupakan habitat hewan laut seperti udang-udangan berukuran besar, krustea raksasa, sejenis flatfish, dan snailfish. Serta ada 200 mikroorganisme laut dan makhluk kecil yang hidup di sini. Selain itu terdapat elemen yang merupakan bagian dari inti bumi seperti, belerang cair, karbondioksida, hingga gunung lumpur aktif.

Polutan Tetap Ditemukan

polutan tetap ditemukan
Ilustrasi via instagram essenceofplanet

Fakta lainnya adalah pada kedalamannya tetap bisa ditemukan polutan, ketika para peneliti mengamati jenis amphipoda yang hidup di Palung Mariana, ditemukan polutan organik dalam jumlah sangat besar di jaringan lemak hewan ini.

Ternyata amphipoda ini memiliki tingkat kontaminasi sama dengan sampel yang ditemukan di Suruga Bay, salah satu tempat industrial paling tercemar di barat laut Pasifik.

Demikian ulasan Palung Mariana terdalam di bumi, bagaimana dengan palung terdalam di Indonesia ya Teman Traveler? Next

ramadan
fi hey beach

Hey Beach di Tangerang, Kafe Dengan Suasana Pantai Bali

Batu Caves

Batu Caves – Kuil Suci Dewa Murugan di Negeri Jiran Malaysia