in , ,

3 Manfaat Matcha, Minuman Kekinian Menjamur di Kafe

Minuman Teh Hijau Matcha Punya Banyak Manfaat Positif

Minuman matcha
Minuman matcha via Instagram pecsikazevok

Belakangan dunia kuliner Indonesia dihebohkan dengan kehadiran beberapa minuman anyar nan kekinian. Salah satu yang sempat mencuri perhatian adalah es kepal milo. Jauh sebelum itu, ada teh hijau matcha yang pernah jadi sorotan. Namun tak sekedar tren, ternyata ada banyak manfaat matcha yang bagus untuk kesehatan.

Baca juga : Melipir ke Warung Mak Janah, Penjual Suto Lezat di Belitung

Matcha sendiri sejatinya merupakan salah satu jenis teh hijau. Rasanya unik, cocok dijadikan minuman maupun melengkapi rasa makanan. Belakangan banyak kafe yang menawarkan varian menu matcha. Namun tahukah sobat traveler bahwa ternyata ada banyak manfaat positif matcha? Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir Time.

1. Mengandung Antioksidan

Minuman matcha
Minuman matcha via Instagram gaiacherie

Sama seperti jenis teh hijau lainnya, matcha mengandung antioksidan khusus yang dikenal dengan istilah catechins. Matcha kaya akan zat cathecin bernama EGCG, akronim dari epigallocatechin gallate. Kandungan ini dipercaya mampu melawan sel-sel kanker.

2. Mencegah Beragam Penyakit

Cocho bomb matcha
Cocho bomb matcha via Instagram piggy_hosino

Masih dari laporan Time, beragam studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki pengaruh signifikan terhadap resiko pencegahan penyakit berbahaya. Tidak hanya kanker, namun juga penyakit jantung dan diabetes tipe dua. Bahkan ada yang meyakini bahwa meminum teh hijau secara teratur bisa membantu menurunkan berat badan jika diimbangi olahraga dan diet tepat.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Roti matcha
Roti matcha via Instagram chara.chen

Sebuah studi di 2014 terhadap 25 responden terkontrol mencoba mencari korelasi antara teh dan tekanan darah. Kesimpulannya, orang-orang yang meminum teh – terutama teh hijau – selama 12 pekan berturut-turut, mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

Sementara itu studi di 2011 mengungkapkan bahwa meminum teh sepertinya memiliki korelasi terhadap kandungan kolesterol jahat dalam tubuh. Karena matcha sendiri merupakan salah satu jenis teh, mungkin bisa memberikan efek yang sama. Sayangnya, masih belum ada cukup hasil riset untuk bisa benar-benar membuktikan klaim tersebut.

4. Perhatikan Konsumsi

Matcha latte
Matcha latte via Instagram ttothen

Meski tampak memiliki banyak manfaat positif, konsumsi matcha tetap harus diperhatikan. Mereka yang sensitif terhadap kafein harus menyadari bahwa teh hijau dan matcha tetap mengandung stimulan dalam jumlah yang cukup.

Berkaca pada 2016 silam, Organisasi Kesehatan Dunia – WHO, menemukan adanya korelasi antara mengonsumsi minuman panas, seperti kopi dan teh, terhadap resiko terkena kanker esophagus. Namun untungnya, resikonya tidak setinggi penyebab lain, seperti merokok misalnya.

Well, itulah tadi sejumlah manfaat positif matcha bagi tubuh. Jadi jika sobat traveler termasuk hobi nongkrong di kafe, tak ada salahnya memesan matcha demi sekaligus memanjakan badan. Namun ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Next

ramadan
Jembatan Kaca di Caping Park, Via Instagram faisal.saelani

Caping Park di Purwokerto, Tawarkan Spot Selfie Sampai Jembatan Kaca

Sirup Tjampolay, Via Instagram octa_dy

Oleh-oleh Khas Cirebon untuk Dibawa Pulang