in , ,

Bikepacking Jakarta-Bogor, Bisa Mampir ke 7 Tempat Wisata ini Lho!

Menikmati Keindahan dan Kesegaran Alam dengan Bikepacking Jakarta-Bogor

bikepacking Jakarta-Bogor
bikepacking Jakarta-Bogor

Untuk traveling, banyak transportasi yang bisa Teman Traveler gunakan. Selain pesawat, kereta api, atau kendaraan bermotor, ada juga cara seru lain yang bisa dicoba. Salah satunya adalah bikepacking Jakarta-Bogor, yaitu menggunakan kendaraan roda dua untuk sampai di lokasi. Menariknya, bisa mampir ke banyak tempat wisata. Beberapa di antaranya sudah dirangkum oleh Kontributor Travelingyuk, Yudi Rachmatullah. Apa saja?

Baca juga : Makanan Kesukaan Bu Risma Saat Blusukan, Sederhana Tapi Bikin Nagih

1. Kebun Binatang Ragunan

Pusat Primata Schmutzer-Sumber Foto: IG @little.traveler
Pusat Primata Schmutzer via instagram/@little.traveler

Bikepacking Jakarta-Bogor dimulai dengan mengambil arah menuju Jalan Gatot Subroto dan berbelok ke sebelah kanan di perempatan Patung Pancoran atau Monumen Patung Dirgantara menuju Jalan Raya Pasar Minggu. Saat melewati jalur ini, sekalian pula mampir ke Kebun Binatang Ragunan. Teman Traveler bisa menikmati suasana yang teduh dan asri di sini. Belum lagi melihat beragam spesial di sini. Bisa sekalian belajar mengenai fauna bukan?

Pusat Primata Schmutzer-Sumber Foto: IG @pupil_mata
Pusat Primata Schmutzer- via instagram/@pupil_mata

Tiket masuk dan parkirnya cukup terjangkau. Sambil menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumah, Teman Traveler juga bisa memilih berbagai wahana permainan di area Kebun Binatang Ragunan ini.

2. Danau Universitas Indonesia (UI) Depok

Danau Universitas Indonesia - Sumber Foto: IG @afarianbach
Danau Universitas Indonesia – via instagram/@afarianbach

Teman Traveler belum mendapat kesempatan untuk kuliah di Universitas Indonesia? Jangan khawatir, karena Teman Travaler masih bisa datang untuk menikmati danau yang ada di area kampus UI Depok ini. Banyak mahasiswa atau pun pengunjung yang kagum dengan suasana alamnya di tepian danau. Apalagi saat sore hari, pengunjung makin banyak. Tidak hanya untuk bersantai, tapi juga olahraga sore, seperti jogging atau bersepeda.

Monumen Patung Dirgantara (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Monumen Patung Dirgantara (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

3. Hutan Kota di Universitas Indonesia (UI) Depok

Hutan Kota di Universitas Indonesia - Sumber Foto: IG @Dina7ian
Hutan Kota di Universitas Indonesia – via instagram/@Dina7ian

Masih tempat wisata yang dapat didatangi saat bikepacking Jakarta-Bogor adalah Hutan Kota UI. Selain danaunya, hutan kota yang berfungsi sebagai air resapan Kota Depok bisa jadi jujukan. Di wisata hijau ini, Teman Traveler bisa menikmati lebat dan rindangnya suasana hutan di tengah kota. Jenis pohonnya beragam, mulai dari Jati, Meranti, Kopi, Karet, dan banyak lainnya. Di dalam area hutan kota UI Depok ini juga terdapat area tracks sepeda. Bisa sekalian mencoba jalur bukan?

Sumber Foto: IG @raimba_richi
Sudut lain dari Kebun UI via intagram/@raimba_richi

4. Situ Jatijajar

Situ Jatijajar - Sumber Foto: IG @deddyworm
Situ Jatijajar – via instagram/@deddyworm

Setelah keluar dari kota Depok dan menuju Jalan Raya Bogor, ada satu situ atau danau yang bisa Teman Traveler datangi untuk beristirahat sejenak. Lokasinya berada di Jalan Setu Jatijajar 1. Ada beberapa permainan air yang bisa Teman Traveler coba di area danau ini, selain tentunya menikmati kesegaran dan keindahan alamnya.

5. Taman Buah Mekarsari

Taman buah mekarsari (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Taman buah mekarsari (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Sekitar satu jam dari Situ Jatijajar, Teman Traveler bisa langsung menuju Taman Buah Mekarsari melalui Jalan Alternatif Cibubur atau Jalan Akses Tol Cimanggis. Tempatnya cantik dengan aneka jenis tanaman. Jika Teman Traveler ingin menghabiskan waktu lama di sini, sebaiknya jadwalkan ulang dan mencoba tour keliling perkebunan buahnya ketika akhir pekan. Tak perlu khawatir, tiket masuk wisata ini hanya sebesar Rp10.000.

Water Kingdom (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Water Kingdom (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

6. Perkampungan Budaya Betawi

Perkampungan budaya betawi (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Perkampungan budaya betawi (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Jika Teman Traveler pulang menuju Jakarta melalui jalur yang sama, di kota Depok bisa mampir dulu ke Perkampungan Budaya Betawi. Lokasinya berada di Jalan Mohammad Kahfi II, Srengseng sawah. Di sini bisa melihat kehidupan masyarakat Betawi yang masih memegang erat budaya yang berkaitan dengan kesenian, kehidupan gotong-royong dan lain sebagainya. Bisa juga mampir Situ Babakan yang lokasinya tak begitu jauh.

7. Museum Satriamandala

Museum Satriamandala (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk
Museum Satriamandala (c) Yudi Rahmatullah / Travelingyuk

Untuk tempat wisata terakhir dari bikepacking Jakarta-Bogor ini adalah museum Satriamandala yang merupakan Pusat Sejarah TNI. Tempat tersebut sangat luar biasa karena Teman Traveler bisa melihat berbagai macam kendaraan tempur, senjata-senjata, dan juga benda-benda sejarah lainnya. Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, museum di Jalan Gatot Subroto No. 4 cocok dikunjungi selama perjalanan.

Museum Satriamandala - sumber foto : IG @sushe_shop
Museum Satriamandala – via instagram/@sushe_shop

Teman Traveler, itulah pengalaman saya Bikepacking Jakarta-Bogor. Ternyata ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Nah, untuk Teman Traveler, mau coba pengalaman liburan seperti saya? Next

ramadan

Written by Yudi Rahmatullah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Presiden Jokowi resmikan Trans Jawa

Liburan Tahun Baru Kian Mulus dengan Tol Trans Jawa, Ini Tarif Lengkapnya

Bukit Pamoyanan

Indahnya Bukit Pamoyanan, Negeri di Atas Awannya Tanah Pasundan