in , ,

BolehBaca, Hadirkan Surga Bagi Para Pecinta Buku Impor di Kota Malang

Menengok salah satu pusat buku berkualitas di Malang

Untuk Teman Traveler yang tinggal di Malang, apakah kesulitan mendapatkan buku-buku berbahasa Inggris? Jangan khawatir! BolehBaca by Boba Library hadir untuk kalian! Ingin tahu lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Kuliner Pacitan dengan Nama yang Aneh, Sudah Pernah Coba?

Apa itu BolehBaca?

img_20191118_123949_YpH.jpg
BolehBaca (c) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Mulai tahun 2018 lalu, berdiri sebuah perpustakaan bernama Boba Library yang terletak di Jalan Soekarno Hatta PTP II No. 26 Malang. Perpusatakaan ini memang berada di rumah pemiliknya, Rezza Deviansyah, alumnus Australian National University.

Boba Library sebenarnya adalah “kantor” dari start-up BolehBaca. Boba (singkatan dari BolehBaca) adalah situs pinjam-meminjam dan jual-beli buku. Teman Traveler bisa akses situs ini melalui bolehbaca.com dan melihat ribuan koleksi buku di sana.

Terdapat istilah “Reader” dan “Owner” di situs ini. Reader adalah mereka yang meminjam atau membeli melalui situs BolehBaca, sedangkan Owner adalah mereka yang meminjamkan atau menjual bukunya. Konsepnya seperti pemilik lapak online dan pembelinya di marketplace begitu, tapi ini khusus kaitannya sama buku!

Apa saja buku yang bisa dibaca di BolehBaca?

img_20190722_wa0013_OK3.jpg
Buku-buku impor menarik menunggu untuk kamu baca (c) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Buku-buku yang terdapat di Boba Library sebagian besar merupakan milik sang founder yang menjalani perkuliahan Master of Globalisation di Australia. Kebanyakan buku beliau adalah politik, hukum, ekonomi, dan hubungan internasional. Tidak sedikit juga buku sastra Barat semacam Shakespeare, Sir Arthur Conan Doyle, Charles Dickens, sampai Jane Austen.

Selain buku berbahasa Inggris yang bermutu, buku lokal juga ada lho! Kamu bisa melihat beragam koleksi buku anak-anak dan novel bahasa Indonesia, karena si founder juga pastinya ingin perpustakaannya lengkap dan bisa dinikmati semua kalangan. Plus, jangan lupa kalau kamu bisa intip banyak judul lain di situsnya yang bisa kamu pinjam meskipun jarak memisahkan.

Bagaimana sistem peminjaman buku di BolehBaca?

img_20190622_wa0018_JQn.jpg
Bukunya bisa kamu baca di tempat juga dengan gratis (c) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Nah, coba kamu cek di situsnya. Kalau buku yang kamu dambakan itu milik Boba Library, kamu bisa langsung meluncur ke lokasi. Namun, jika milik orang lain yang bukunya tidak dititipkan di Boba Library, lanjutkan transaksi di situs tersebut.

Nantinya si “Owner” akan mendapatkan notifikasi untuk menyetujui peminjaman atau pembelian kamu. Setelah itu, Teman Traveler bisa ambil buku di tempat Owner atau melalui jasa kurir pengiriman barang.

Kalau Mau Pinjam Bukunya, Berapa yang Harus Dibayar?

img_20190213_wa0031_dZn.jpg
Luluk HF, penulis best-seller novel Mariposa di event BolehBaca (c) Maulidina Marlita/Travelingyuk

Ada dua paket yang ditawarkan oleh BolehBaca. Pertama, untuk buku-buku dengan harga di bawah Rp100.000 kamu akan dikenai biaya sewa mulai dari Rp12.000 aja! Sedangkan pilihan kedua untuk buku di atas Rp100.000, cukup membayar Rp600 sampai dengan Rp2.000 per hari. Murah banget untuk buku berkualitas, bukan?

Itulah tadi ulasan menarik tentang BolehBaca. Buat kamu penggemar buku-buku impor terbaik, tunggu apalagi, yuk segera meluncur ke destinasi favorit ini! Next

ramadan

Pulau Mori ‘Diminta’ UEA, Inilah Potensi Wisata yang Ada di Sekitarnya

4 Larangan Saat Naik Shinkansen di Jepang, Jangan Lakukan Kalau Tak Mau Diturunkan