in , , , , ,

Sarubobo, Boneka Keberuntungan ala Jepang yang Penuh Makna

Cari Keberuntunganmu di Jepang!

Jimat Lainnya (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Siapa yang tidak senang bila diberikan boneka sebagai hadiah. Apalagi kalau boneka tersebut lucu, hangat, berbulu dan besar. Tapi tidak dengan boneka yang satu ini. Tahukah Teman Traveler bahawa ada boneka di Jepang yang dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi yang memilikinya? Yup bener banget namanya Sarubobo. Bagaimana sih bentuk dan keberuntungan apa yang dibawa oleh boneka ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Puncak Sikunir, Spot Sunrise Terbaik Persembahan Alam Dieng yang Menawan

Mengenal Lebih Dekat Sarubobo

Lonceng Kecil di Atas Boneka (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Sarubobo merupakan boneka kain asal Jepang yang memiliki makna ‘saru’ berarti kera dan ‘bobo’ berari bayi, singkatnya sarubobo adalah boneka bayi kera. Bentuk bonekanya seperti manusia dengan kepala yang bundar dan memiliki tangan juga kaki, hanya saja tidak memiliki wajah. Kaki dan tangan boneka ini dibuat lancip tidak seperti boneka pada umumnya. Sarubobo biasanya digunakan dengan cara digantung.

Tempat Menemukan Boneka Sarubobo

Sarubobo via Shutterstock

Biasanya boneka ini dijual sebagai souvenir saat berlibur ke Shirakawago atau Takayama. Selian itu, terdapat wilayah yang terkenal dengan pegunungan sunyi dan pemandian air panas alami yang menjadikan boneka ini sebagai maskot yaitu Hida yang terletak di bagian uatwa Gifu. Teman Traveler bisa menjumpai Sarubobo di setiap restoran dan toko di wilayah ini.

Dipercaya Membawa Keberuntungan

Berbagai Macam Souvenir Lainnya (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Boneka ini dipercaya dapat memberikan keberuntungan kepada siapa saja yang memilikinya. Tidak jarang orang yang membeli boneka ini dengan harapan mendapatkan keberuntungan dalam hidup. Selain membeli, biasanya nenek di jepang membuat boneka ini untuk cucu dan anak agar selalu diberikan keberuntungan oleh yang Maha Kuasa.

Makna yang Lebih Mendalam

Membeli Salah Satu Boneka (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Terdapat kerpercayaan lain yang mendalam mengenai sarubobo ini yaitu dipercaya dapat membawa kehangatan dalam rumah tangga, membantu memudahkan perempuan saat melahirkan, dan bisa juga menemukan jodoh yang tepat bagi yang memilikinya. Makna ‘saru’ yang lebih mendalam berarari meninggalkan, sehingga dipercaya akan menolong pemilik boneka dari marabahaya yang akan menimpanya. Apakah Teman Traveler percaya?

Makna Berbeda dalam Warna Berbeda

Berbagai Macam Warna (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Berbagai macam warna dan ukuran boneka yang berbeda dijual belikan kepada wisatawan sebagai souvenir setelah berwisata. Terdapat 8 warna berbeda dengan harapan dan tujuan yang berbeda pula. Jadi pastikan tidak salah beli ya Teman Traveler.

Warna merah melambangkan keluarga dan pernikahan, kuning bermakna uang dan sukses dalam finansial, hijau bermakna kesehatan dan kedamaian, biru berarti pekerjaan atau sekolah, pink bermakna cinta, emas berarti uang dan sukses, hitam melambangkan umur yang panjang dan sukses serta yang terakhir hitam berarti perlindungan dari setan.

Nah itulah ulasan dari Sarubobo, jimat keberuntungan ala Jepang yang memiliki banyak ukuran, warna dan makna yang berbeda-beda. Ketahuilah maknanya dan pastikan agar tidak salah beli ya Teman Traveler. Next

ramadan
Tebing Tojinbo

Tojinbo Jepang, Satu dari Tiga Tebing Eksotik dan Unik di Dunia

Petruk, Kualitas Kopi Terbaik Asal Lereng Merapi