in ,

Bukit Apetlepet, Pesona Alam Bondowoso yang Menawan

Bukit Apetlepet di Kaki Gunung Ijen
Bukit Apetlepet di Kaki Gunung Ijen

Bondowoso terkenal dengan wisata pegunungan Ijen yang memesona. Tak hanya punya ini sebagai daya tarik, wilayah di sekitarnya pun sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Ibaratnya, setiap jengkal di kaki gunung Ijen sangatlah indah. Salah satunya adalah Bukit Apetlepet yang artinya berlapis-lapis. Yuk, lihat lebih dekat lagi.

Baca juga : Panduan Menghabiskan Waktu di Seminyak, dari Kafe Hingga Beach Club yang Bikin Males Beranjak

Apetlepet berada di kaki Gunung Ijen. Mirip dengan bukit teletubbies pada di Bromo atau daerah lainnya. Namun, karena berdekatan dengan spot indah lainnya, bukit ini menjadi istimewa.

Berpose di Bukit Apetlepet
Berpose di Bukit Apetlepet [image source]

Hanya dengan memberi uang seikhlasnya pada petani kentang di bawah bukit, kamu sudah bisa duduk manis dan menikmati kebesaran Tuhan lewat ciptaannya ini. Sungguh memesona, kan?

Bukit Apetlepet Bondowoso
Bukit Apetlepet Bondowoso [image source]

Area ini bisa dibilang masih tersembunyi, tak seperti Ijen yang sudah ramai wisatawan. Jadi, kamu bisa puas menikmati setiap sudutnya, layaknya sedang berada di gunung milik pribadi.

Bukit Apetlepet dan Kawah Ilalang
Bukit Apetlepet dan Kawah Ilalang [image source]

Di depan Bukit Apetlepet terdapat kawah ilalang yang membuat keindahannya menjadi berkali-kali lipat. Segala kejenuhan dan stress bisa hilang seketika, nih. Siapa yang tidak terpesona, coba?

Kawah Ilalang Bondowoso
Kawah Ilalang Bondowoso [image source]

Bukit terlihat hijau yang menyegarkan saat musim hujan. Namun, saat kemarau pun, Apetlepet tetap tampak eksotis. Setuju, kan?

Kawah Ilalang saat kemarau
Kawah Ilalang saat kemarau [image source]

Bukit dan kawah di atas berada di Wilayah Kawah Wurung. Disebut “wurung” karena kawah ini sudah mati. Lokasi ini bisa dijadikan alternatif saat Ijen sedang aktif dan tidak bisa didaki.

Kawah Wurung Bondowoso
Kawah Wurung Bondowoso [image source]

Wilayah ini juga banyak diminati para pecinta motor trail sebagai jalur favorit. Coba ajak sahabatmu untuk ber-trail atau offroad ke area sini. Seru banget!

Trail ke Kawah wurung
Trail ke Kawah wurung [image source]

Jangan khawatir, saat kelelahan setelah trekking, di Kawah Wurung sudah disediakan gazebo-gazebo kecil untukmu meluruskan kaki dan menikmati bekal. Ingat, jangan buang sampah sembarangan.

Pondok istirahat di Kawah Wurung
Pondok istirahat di Kawah Wurung [image source]

Spot keren lainnya yang masih berada di satu wilayah adalah Guest House Jampit. Rumah tua peninggalan Belanda ini masih terlihat kokoh, klasik dan cantik.

Guest House Jampit Bondowoso
Guest House Jampit Bondowoso [image source]

Guest House Jampit yang dibangun sejak 1927 ini berada di Kebun Kopi Kalisat-Jampit, Sempol, Bondowoso. Di depan rumah terdapat taman bunga yang ditumbuhi tanaman asli dari Eropa, lho.

Guest House Jampit ala Belanda
Guest House Jampit ala Belanda [image source]
Wah, di satu lokasi disuguhi berbagai tempat indah yang minta dikunjungi satu persatu. Luangkan akhir pekanmu untuk menjelajah Gunung Ijen, ya. Jadi, kapan nih? Next

ramadan
Wisata baru Kulon Progo, Kebun Tebu Girimulyo

Kebun Tebu, Wisata Unik di Kulon Progo, Yogyakarta

Apple Chips, Kripik Apel Rasa Kekinian dari Malang