in , ,

Pemandangan Istimewa dari Sunrise Point Bukit Kingkong Bromo

Jika berwisata ke Gunung Bromo pasti destinasi pertama yang akan kita tuju adalah Sunrise View Point. Lokasi Sunrise View Point di wisata Gunung Bromo ada beberapa tempat, yang pertama adalah Penanjakan 1, Penanjakan 2 (Seruni Point), Bukit Cinta, dan juga Dingklik.

Baca juga : Exploring Pura Meru, the Biggest Temple in Lombok

Semua spot tersebut merupakan tempat untuk menyaksikan matahari terbit. Sebenarnya ada satu tempat yang paling istimewa dan harus kita kunjungi saat ingin melihat sunrise. Tempat itu bernama Bukit Kingkong. Lokasinya ada di Desa Tosari Kabupaten Pasuruan, tepat sebelum Penanjakan 1 atau sesudah Sunrise View Point Bukit Cinta.

1. Suasana Sunrise Yang Istimewa

Walaupun Bukit Kingkong merupakan Sunrise View Point dengan tinggi nomor 2 setelah Penanjakan 1, ternyata view yang ditawarkan justru paling indah. Dari Bukit Kingkong ini kita bisa melihat matahari terbit dengan leluasa. Berbeda dengan Penanjakan 1 yang selalu ramai dan berjubel orang-orang yang menyaksikan matahari terbit.

2. Memandang Perkampungan Suku Tengger Sukapura

Selain sebagai tempat Sunrise View point, memandang ke bawah dari atas Bukit Kingkong ini kita akan mendapatkan pemandangan yang sangat cantik. Salah satu pemandangan yang bisa kita dapatkan dari atas bukit ini adalah sebuah perkampungan Suku Tengger yang berada di Desa Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Jika tidak tertutup kabut, mulai sebelum matahari muncul pun kita bisa melihat indahnya suasana pedesaan Sukapura dengan kerlap-kerlip lampu yang sangat indah.

Setelah menjelang siang dan matahari mulai naik, Desa Sukapura yang terlihat dari atas puncak Bukit Kingkong juga masih terlihat indah. View Desa Sukapura ini juga merupakan view khas yang akan kita dapatkan saat kita berada di tempat ini, jadi tidak ada salahnya kalau kita berfoto dengan latar Pedesaan Sukapura yang terlihat indah dari kejauhan.

3. Memotret Keindahan Puncak Semeru Dari Jauh

Gunung Bromo merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, selain itu masih ada gunung Batok dan perbukitan Widodaren yang merupakan jajaran Pegunungan Tengger, serta ada Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Saat kita berada di Bukit Kingkong ini, dengan leluasa kita bisa memandang jauh ke ujung puncak Mahameru, nama puncak dari Gunung Semeru. Dari Bukit Kingkong ini, saat masih gelap kita juga akan bisa melihat kelap-kelip lampu senter pendaki di puncak Semeru yang menandakan mereka sedang melakukan summit mencapai puncak Mahameru, sungguh indah sekalu tentunya.

4. Hamparan Lautan Awan Luas Yang Indah

Datang ke atas Bukit Kingkong di saat-saat tertentu, kita bisa melihat hamparan lautan awan putih dan kabut tebal yang menggantung di bawahnya. Tapi lautan awan ini masih menyisakan ujung-ujung dari Gunung Bromo, Batok, dan juga Semeru yang masih terlihat gagah. Keadaan ini membuat kita merasa sedang berada di negeri di atas awan. Tapi perlu diingat kalau kabut dan awan putih tebal ini tidak selalu ada dan tidak bisa diprediksi kehadirannya. Saat kita ke tempat ini dan melihatnya, jangan lupa untuk mengabadikannya ke dalam foto.

5. Paduan View Pegunungan Bromo, Batok, Widodaren

View yang sangat khas lagi dari Bukit Kingkong jelas pemandangan pegunungan Bromo, Batok, Widodaren, dan juga Semeru. Semuanya akan terlihat sangat jelas, apa lagi semakin siang semua view itu akan terlihat fantastis. Tapi waktu terbaik menyaksikan keindahan dari Bukit Kingkong adalah hanya sampai jam 7 pagi saja, setelah itu terik matahari akan menyengat kulit kita.

6. Hamparan Luas Lautan Pasir Bromo

Kita tahu kalau Gunung Bromo, Batok, dan juga Widodaren dulunya adalah sebuah Gunung Tengger purba, dan setelah meletus membentuk kaldera dengan beberapa gunung-gunung yang ada di dalamnya. Makanya tidak heran kalau di wilayah Gunung Bromo terdapat lautan pasir yang sangat luas terhampar dari sisi ke sisi. Lautan pasir yang luas ini juga akan bisa kita lihat dengan jelas dari puncak Bukit Kingkong. Dengan guratan-guratan jalan air dan juga lintasan mobil yang berada di lautan pasir itu membuat pemandangan terlihat sangat indah dari atas sini.

Nah, buat yang mau berwisata ke Bromo jangan lupa nih dicatat kalau mau lihat sunrise datangnya ke Bukit Kingkong saja. Dijamin tidak akan menyesal dan foto-foto yang kita dapatkan akan sangat memuaskan. Next

ramadan

Bakso Solo Pok Can Sidoarjo, Antri Sampai Dusel-duselan

Breaking News! Karantina Dari Luar Negeri Kini Cuma 5 Hari