in , ,

Gemerlap Kota Gorontalo dari Bukit Layang

Jalan jalan ke Gorontolo sungguh menyenangkan. BaGemerlapgaimana tidak, hamparan lautan dengan pantai yang indah serta gunung dan perbukitan dengan mudah dijumpai. Tak jauh dari pusat kota, terbentang perbukitan yang tidak begitu tinggi namun menyimpan panorama. Walau pun tempatnya cukup sederhana, namun pesona yang ditawarkan oleh Bukit Layang tidak main-main, di sana kamu bisa melihat Kota Gorontalo dari kietinggian di atas bukit.

Baca juga : Tanjung Mebulu, Tebing Surga dengan Spot Instagenic Tanah Dewata

Bukit Layang Gorontalo dengan view sunset yang menawan. Foto via kumparan.com

Bukit Layang masuk ke dalam wilayah Kelurahan Siendeng, Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Gorontalo, cukup 15 menit.dari alun alun Gorontalo. Soal akses tak perlu khawatir, karena untuk menuju ke lokasi kamu akan melalui jalanan beraspal yang cukup lebar, dan sedikit mulai menyempit ketika memasuki jalanan desa. Sesampainya di kaki bukit, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking menuju ke puncak. Cukup menguras tenaga, namun semua lelahmu dijamin akan langsung terbayar tuntas dengan keindahan yang disuguhkan dari puncak bukit.

City view dari atas bukit Layang. Foto via wisato.com

Bukit Layang memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl, sehingga kamu akan menemukan udara yang cukup sejuk di atas bukit, terlebih bukit yang satu ini juga banyak ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang. Di sana, pemandangan Kota Gorontalo akan terlihat lebih menawan, lengkap dengan bangunan-bangunan beton yang mulai banyak tertancap. Terlihat juga Sungai Bone yang berkelok-kelok membelah Kota Gorontalo, hingga kemudian bermuara di Teluk Tomini.

Bagi kamu yang ingin lebih lama menikmati keindahan Kota Gorontalo dari atas Bukit Layang, bisa juga mendirikan tenda di puncak. Kondisi bukit yang tidak terlalu tinggi membuat siapa pun bisa mendaki hingga ke puncak, untuk mendirikan tenda sebagai tempat berkemah. Akan tetapi, kamu harus membawa perlengkapan kemah dari rumah atau bisa menyewanya di Kota Gorontalo, karena di sekitar Bukit Layang belum ditemukan tempat penyewaan alat-alat outdoor. Memang berkemah disini menjadi pengalaman tak terlupakan untuk kamu. Apalagi melihat suasana malam dengan cengkerama bersama sahabat membuat pengalamanmu sangat berarti.

Kepadatan Kota Gorontalo dari atas Bukit. Foto via NativeIndonesia.com

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Bukit Layang adalah ketika sore hari, yang mana matahari sudah mulai beranjak meninggalkan bumi, menyisakan seberkas cahaya kuning kemerahan yang menawan. Pesona itu lah yang banyak dicari oleh para pengunjung Bukit Layang, hingga membuat tempat ini lebih ramai dikunjungi pada sore hari.

Tidak hanya itu, pemandangan malam hari di Bukit Layang juga sangat mengesankan. Dari sana kamu bisa melihat city light Kota Gorontalo yang berhiaskan cahaya lampung berwarna-warni. Bagi kamu yang berkemah di Bukit Layang, tentunya city light tak boleh dilewatkan. Namun, bagi kamu yang tidak berkemah disarankan segera turun kembali dari Bukit Layang sebelum matahari benar-benar tenggelam, karena trek yang kamu lewati akan berubah gelap gulit tanpa adanya penerangan yang cukup. Next

ramadan

Yakin Sudah Pilih Sepatu Gunung yang Tepat? Yuk Simak Dulu Tipsnya Sebelum Membeli

Nikmati Eksotisme di Taman Meksiko Bogor