in , ,

Yakin Sudah Pilih Sepatu Gunung yang Tepat? Yuk Simak Dulu Tipsnya Sebelum Membeli

Mendaki gunung bukan hanya butuh persiapan fisik saja, melainkan juga peralatan yang sesuai standar. Salah satunya yakni sepatu gunung. Jangan sepelekan pemilihan alas kaki saat mendaki gunung. Jika salah pilih, malah akan menyiksa kaki sepanjang pendakian.

Baca juga : 4 Rekomendasi Bingsoo di Jakarta, Segarnya Bukan Main!

frank_busch_bdkk2m5eyd4_unsplash_F4m.jpg
Ilustrasi sepatu gunung yang melindungi mata kaki via Frank Busch

Risiko terkilir hingga terpeleset saat mendaki kerap kali terjadi jika sang pendaki salah memilih alas kaki. Ya, alas kaki yang tepat akan membantu melindungi Teman Traveler saat mendaki. Jangan siksa kakimu, yuk
pahami beberapa tips untuk memilih sepatu gunung yang tepat!

Pahami jenisnya

Tips yang pertama yakni pahami dulu berbagai jenis sepatu gunung. Ada low cut, mid cut, dan high cut. Beberapa jenis itu bisa dibedakan dari ukuran leher sepatu. Mid cut dan high cut merupakan dua jenis sepatu gunung yang memiliki ukuran leher lebih panjang sehingga bisa melindungi kaki. Berbeda dengan low cut, yang memiliki ukuran leher sepatu tidak menutupi mata kaki.

igor_sergeyev_l76tznzhsok_unsplash_GEJ.jpg
Ilustrasi sol sepatu via Igor Sergeyev

Memilih jenis sepatu gunung yang akan digunakan pun tidak sembarangan. Jenis yang akan Teman Traveler pilih bisa disesuaikan dengan medan dan lama pendakian, juga berat beban saat mendaki. Ada baiknya Teman Traveler memilih jenis mid cut maupun high cut, yang bisa memberikan
perlindungan  pada kaki. Tak lupa juga gunakan kaus kaki yang tepat, agar mampu menjaga sirkulasi udara pada kaki dengan baik.

Periksa sol sepatu

Setelah memahami jenis-jenis sepatu gunung, tips yang kedua yakni periksa sol sepatu. Teman Traveler harus memastikan bahwa sol sepatu yang akan digunakan sudah cukup ideal untuk melakukan pendakian selama berjam-jam. Tentu saja berbeda dengan sol sepatu yang Teman Traveler gunakan sehari-hari. Sol sepatu gunung sengaja dibuat bergerigi agar cocok di segala medan.

fikri_rasyid_og_uizb9xmg_unsplash_T2Q.jpg
Ilustrasi memilih nomor sepatu yang tepat via Fikri Rasyid

Jangan hanya tergiur dengan model bahkan warnanya saja. Cek terlebih dahulu sol sepatu pilihan Teman Traveler. Pastikan sepatu tersebut mampu melewati jalan berliku, licin, berbatu, juga tantangan lainnya selama pendakian. Pemilihan sol sepatu yang tepat akan membantu kaki menapak dengan mantap.

Satu nomor lebih besar

Periksa sol sepatu juga sudah, lalu apa tips selanjutnya? Pilihlah ukuran yang tepat, yakni satu nomor lebih besar dari sepatu Teman Traveler biasanya. Jika alas kaki yang Teman Traveler gunakan sehari-hari memiliki ukuran yang pas dengan kaki, maka berbeda halnya dengan sepatu gunung. Mengapa harus memilih satu nomor lebih besar daripada alas kaki yang digunakan sehari-hari?

joanna_nix_osq7uavxioi_unsplash_doV.jpg
Ilustrasi sepatu gunung via Joanna Nix-Walkup

Jawabannya adalah agar kaki tidak tersiksa. Terutama saat perjalanan turun gunung, yang akan membuat kaki tertekan jika memilih ukuran pas. Jika ukuran sepatu gunung dipilih layaknya alas kaki sehari-hari, jari-jari kaki terutama ibu jari akan tertekan saat melalui medan turunan. Pasti tidak ingin menyiksa kaki sendiri kan?

Itulah sekilas ulasan mengenai beberapa tips yang dapat Teman Traveler terapkan saat memilih sepatu gunung. Jangan menyiksa kaki sendiri, yuk pilih sepatu gunung yang tepat demi keamanan dan kenyamanan pendakian. Segera realisasikan rencana pendakian kalian. Selamat mendaki Teman Traveler! Next

ramadan

Warung Playboy, Buka Cuma 5 Hari Selalu Antri Padahal Menunya Gonta-Ganti

Gemerlap Kota Gorontalo dari Bukit Layang