in , ,

Bukit Puthuk Setumbu, Tempat Nikmati Sunrise Borobudur di Magelang

puthuk setumbu
puthuk setumbu

Bagi teman traveler yang berkunjung ke Magelang, sebaiknya, jangan lewatkan keindahan sunrise di Bukit Puthuk Setumbu yang lokasinya juga tak jauh dari  Candi Borobudur.  Momen matahari terbit dari spot wisata ini akan menyajikan keindahan Candi Borobodur yang berpadu dengan Gunung Merapi dan Merbabu.   

Baca juga : Hotel Bumi Surabaya, Nuansa Hutan di Tengah Metropolitan

puthuk setumbu
puthuk setumbu via instagram @andreas_hie

Yah, keindahan alam Indonesia ini memang tak diragukan lagi. Sebelum pandemi, maka tak heran, saat berkunjung ke Puthuk Setumbu kita akan menjumpai wisatawan dari berbagai belahan dunia. Popularitas Puthuk Setumbu pun semakin meningkat sejak dijadikan salah satu lokasi syuting film “Ada Apa Dengan Cinta” seri kedua.  

Tempat wisata yang terletak di  desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter dan memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncaknya. Untuk mencapi spot sunrise, kita harus menapaki anak tangga yang cukup menguras keringat.  Tapi jangan khawatir, energi dan keringat yang kita keluarkan pun akan terbayang tuntas dengan keindahan alam di lokasi tersebut.  

Untuk memasuki kawasan Puthuk Setumbu kita cukup mengeluarkan budget Rp 15.000 rupiah saja. Di sana, juga terdapat pedagang kopi atau mi instan yang cocok untuk mengahangatkan tubuh sembari menikmati indahnya matahari terbit.

Puncak bukit untuk spot sunrise berupa lahan memanjang yang juga dilengkapi dengan spot foto instagramable. Jadi, lokasi ini juga cocok untuk mereka yang hobi fotografi atau ingin melakukan prewedding.   Agar tak ketinggalan momen matahari terbit, sebaiknya kita harus berada di puncak sebelum pukul 05.00 WIB. 

Sunrise terindah bisa kita dapatkan saat musim kemarau karena di musim tersebut kemungkinan besar langit tak akan tertutup kabut. Demi keamanan dan kenyamanan saat mencapai puncak bukit, sebaiknya kita memakai alas kaki yang nyaman seperti sneakers atau sepatu kets. Hindari juga berkunjung saat musim penghujan.

Selain kemungkinan besar awan yang tertutup mendung atau kabut,  jalur menuju puncak juga menjadi licin dan berbahaya, terutama jika kita memakai alas kaki yang tak memadai. Keindahan Putuhuk Setumbu memang berhasil menghipnotis para wisatawan dari berbagai dunia hingga dijuluki “Borobudur NIrvana  Sunrise”. 

Bukan hal yang sulit untuk menuju Puthuk Setumbu. Dari Jogjakarta kita menuju arah Magelang atau kawasan Candi Borobudur, yang hanya perlu menempuh perjalanan sepanjang 40 kilometer atau sekitar satu hingga dua jam.  Di sekitar Borobudur biasanya terdapat ojek yang bersedia mengantar hingga lokasi.       Next

ramadan
fi kamar nenek

Ngabuburit Sambil Swafoto di Kamar Nenek Bandung, Lokasi yang Ciamik Buat Ootd

fi tradisi ramadan di Indonesia

Tradisi Bulan Ramadan di Indonesia, Menyambut Ibadah Puasa