in , , , , ,

Bukit Rhema Gereja Ayam yang Tersembunyi di Balik Hutan

Bukit Rhema atau Gereja Ayam bukan hanya wisata religi, namun juga menyuguhkan pemandangan dan suasana alam yang menyenangkan.

Bukit Rhema Gereja Ayam Magelang

Buat kamu yang nonton film AADC 2, pasti tahu dong kalau Bukit Rhema jadi salah satu tempat syuting film ini? Bukit Rhema juga disebut dengan Gereja Ayam, dibangun pada tahun 1992 oleh Daniel Alamsjah. Ia mempunyai visi misi untuk membangun bangunan ini, yaitu untuk tempat ibadah bagi segala bangsa.

Baca juga : Pemakaman Batu Layang, Tempat Penemu Garuda Pancasila Disemayamkan

Bangunan ini berbentuk seperti seekor ayam yang sedang duduk di tanah, di bagian kepalanya terdapat sebuah mahkota. Bukan hanya penampakan luarnya yang unik, di dalamnya pun tak kalah menarik untuk ditelusuri.

Bagian-Bagian Gereja Ayam

Bukit Rhema Gereja Ayam
Bangunan Gereja Ayam (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Bangunan gereja yang berbentuk ayam ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tingkat pertama yang merupakan langit-langit gereja, leher ayam menjadi tingkat kedua, dan tingkat ketiga terletak pada mahkota ayam.

Tingkat Pertama, Langit-Langit Gereja

Di sini, Teman Traveler bisa melihat secara keseluaruhan ruangan gereja ayam. Ada beberapa pilar di sudut bagian ekor dan jendela-jendelanya berbentuk bunga di tiap sisinya.

Tingkat Kedua, Leher Ayam

Pada tingkat kedua, kamu bisa melihat pemandangan melalui beberapa jendela kecil yang berbentuk jajar genjang yang terletak di bagian leher. Termasuk pemandangan alam yang berpadu dengan bagian badan sampai ekor. Beranjak naik adalah bagian paruh ayam yang berwarna merah, bagian ini terdapat sarana untuk melihat pemandangan dari paruh ayam.

Wisata religi di Magelang
Lorong tempat ibadah gereja (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Tingkat Ketiga, Mahkota Ayam

Untuk mencapai mahkota ayam, kamu harus naik tangga yang lebarnya hanya cukup dilalui satu orang saja. Dalam mahkota ayam, hanya muat sekitar 5 hingga 7 orang saja.

Lokasi, jam operasional, HTM Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema Gereja Ayam
Halaman Depan Gereja Ayam (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Bukit Rhema berlokasi di Jalan Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk masuk ke area wisata ini, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang dan parkir sebensar Rp2.000. Setiap harinya, Gereja Ayam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Bukit Rhema Gereja Ayam bukan hanya wisata religi

Bukit Rhema Gereja Ayam
Area edukasi (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Tidak hanya menjadi tempat wisata religi, Bukit Rhema juga menjadi tempat edukasi hingga wisata alam di Magelang. Gereja Ayam menjadi rumah ibadah bagi mereka yang ingin berdoa secara khusus dengan fasilitas ruang doa pribadi.

Wisata alam di Magelang
View pemandangan Bukit Rhema (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Tempat ini juga menjadi sarana edukasi yang membahas tentang bahaya narkoba dan merokok. Juga menggambarkan nasionalisme yang dituangkan melalui lukisan menarik yang ada di dinding. Begitu pula tempat ini yang berdiri di atas perbukitan membuatnya dikelilingi pegunungan yang menyuguhkan pemandangan indah. Tempat ini juga tersohor akan spot sunrise yang keren.

Buat Teman Traveler yang ingin menjelajahi Gereja Ayam untuk wisata religi dan edukasi, bisa banget ke Bukit Rhema. Ditambah wisata alamnya yang memukau, membuat pikiran makin fresh!

   Next

ramadan
Stay More Cafe Tangerang

Stay More Cafe, Nongkrong Cantik di Dalam Pasar

The Mukaab

The Mukaab, Proyek Ambisius Arab yang Mirip Ka’bah tapi Dapat Kritik