in ,

Sambut dengan Sukacita, Cirebon Kini Punya Bus Citros untuk Pariwisata Lho

Perkenalkan Ini Bus Citros, Akomodasi Wisata Cirebon yang Baru

bus citros
bus citros

Buat masyarakat Cirebon dan para wisatawan yang berkunjung, ada kabar yang sangat menggembirakan. Sekarang, sudah bisa merasakan keliling tempat wisata Cirebon dengan menggunakan transportasi yang bernama bus Citros atau kepanjangan dari Cirebon Tourism on Bus. Traveling makin mudah di Cirebon. Yuk, baca ulasan lengkapnya.

Baca juga : Hotel di Legian Bali, Hanya 300 Ribuan Sudah Nyaman dan Dekat Pantai Lho

Citros Diluncurkan oleh Sekda Jabar dan Wakil Wali Kota Cirebon

Peluncuran Citros, via Instagram/disparbudjabar
Peluncuran Citros, via Instagram/disparbudjabar

Tepat pada Sabtu (23/2/2019) sore, Citros diluncurkan. Bahkan meskipun hujan melanda, ratusan wisatawan antusias untuk berkeliling kota Cirebon di malam harinya. Peluncuran moda transportasi wisata masyarakat Cirebon ini dilakukan oleh Iwa Karniwa selaku Sekretaris Daerah Jawa Barat, Eti Herawati selaku Wakil Wali Kota Cirebon dan sekitar 100 pengusaha travel se-Indonesia, Cirebon khususnya.

Tujuan Diluncurkannya Citros di Cirebon

Penampakan Citros, via Instagram/cirebonheritage
Penampakan Citros, via Instagram/cirebonheritage

Bukan sekadar ikut-ikutan daerah lainnya, ternyata peluncuran Citros ini sendiri merupakan salah satu implementasi visi misi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengusung Jabar Juara. Hal tersebut juga diunggah oleh Ridwan Kamil dalam akun Twitternya,

“BUS PARIWISATA khas Cirebon sudah mulai beroperasi melayani titik2 wisata termasuk Keraton Kasepuhan dan kuliner nyam nyam khas Cirebon. Akan hadir di 27 kota/kab se Jabar, Bagian dari kinerja nyata membangun Jawa Barat melalui lokomotif ekonomi Pariwisata. #JabarJuara” dilansir Travelingyuk dari cuitan Ridwan Kamil pada Minggu (24/2/2019).

Bus Citros dan beberapa moda lain, via Instagram/pena_cirebon
Bus Citros dan beberapa moda lain, via Instagram/pena_cirebon

Pariwisata memang selama ini merupakan salah satu jalan tercepat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Dengan keberadaan Citros sendiri, hal ini merupakan salah satu peningkatan sarana pariwisata, seperti halnya di kota lainnya, Bandung yang memiliki Bandros (Bandung Tour in Bus) ataupun Surabaya dengan Suroboyo Bus.

Fasilitas Citros yang Akan Terus Ditingkatkan

Citros dari samping, via Instagram/pena_cirebon
Citros dari samping, via Instagram/pena_cirebon

Untuk menyedot lebih banyak penumpang, pihak pengelola menjanjikan sejumlah layanan, baik itu yang bersifat langsung ataupun juga digital. Karsono, Wakil manager Citros menyebutkan jika bus yang memiliki kapasitas 20 penumpang itu rencananya akan dibuat lebih menarik lagi. Salah satunya dengan penambahan mini kafe ataupun juga distro di dalamnya.

Tidak cuma-cuma, Citros rencananya akan diberi plat nomor kuning. Sebab nantinya wisatawan yang menggunakan jasa Citros akan dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk satu keliling. Bukan secara cuma-cuma ya Teman Traveler. Sangat terjangkau, kan?

Trayek yang Ditempuh Bus Citros di Sekitaran Cirebon

Mulai beroperasi awal Maret, via Instagram/cirebonheritage
Mulai beroperasi awal Maret, via Instagram/cirebonheritage

Jika berjalan sesuai rencana, bus Citros ini akan mulai beroperasi mulai bulan Maret 2019. Sementara itu untuk trayeknya, dimulai dari tempat wisata religi di Makam Sunan Gunung Jati hingga kawasan Batik Trusmi. Mulai dari Gunung Jati kemudian Kota Tua, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Gua Sunyaragi, kemudian melewati Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi Stasiun Kejaksan, dan mengarah ke Batik Trusmi.

Bus wisata Cirebon ini akan dimulai jam 09:00 sampai pukul 17:00 WIB. Sehari bisa mengangkut beberapa kali penumpang. Jika ramai dan memungkinkan, akhir pekan bisa sampai dengan malam. Jadwal keberangkatan bisa dilihat dari aplikasi Wistakon. Bus pun sudah dilengkapi dengan GPS.

Buat Teman Traveler yang berencana jalan-jalan ke Cirebon, tentunya kehadiran Bus Citros ini akan sangat menguntungkan, ya. Keliling kota jadi makin mudah dan menyenangkan. Jangan lupa mencicipi berbagai kuliner khas Cirebon juga, ya. Next

ramadan

Tampilan Baru Pedestrian Jam Gadang Bukittinggi, Tambah Cantik Dilengkapi Air Mancur Warna-warni!

Rainbows at Night in Curug Cimahi