in ,

8 Kota di Indonesia yang Sediakan Bus Wisata, Banyak yang Gratis

Saat berkunjung ke suatu kota untuk berlibur, tentu akan sangat menyenangkan jika bisa berkeliling mengunjungi semua sudut di kota tersebut. Kalau punya banyak waktu, mungkin saja sih bisa dilakukan. Tapi bagaimana jika hanya punya satu hari?

Baca juga : 4 Warung Nasi Gandul yang Tak Hanya Ada di Pati, Sudah Coba?

Ada sebuah solusi menarik, yaitu dengan menaiki bus wisata. Ini adalah bus yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling ke tempat-tempat andalan di kota tersebut. Di Indonesia, ternyata sudah banyak loh kota yang menyediakan. Di mana saja ya?

Surabaya Sampai Punya Tiga Bus

Foto via tunashijau

Tidak hanya satu bus, Kota Pahlawan ini sampai punya tiga bus wisata loh. Yang pertama adalah bus Surabaya Shopping Culinary Track, yang akan membawamu keliling ke beberapa titik populer cukup dengan Rp7.500 saja. Yang kedua ada bus Surabaya Heritage Track, yang disediakan gratis oleh Museum House of Sampoerna. Yang terakhir adalah bus Suroboyo yang bisa dinaiki dengan menukar sampah botol plastik.

Bus Tingkat untuk Weekend di Solo

Foto via Jatengprov.go.id

Tak perlu jauh ke London, Inggris, untuk bisa naik bus tingkat. Di Solo ada yang serupa, namanya bus Werkudara. Bus tingkat ini melayani wisatawan di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Untuk tiketnya dibanderol sekitar Rp20 ribu. Rutenya adalah Kantor Dishubkominfo Solo Рperempatan Manahan Рpertigaan Kerten, Sriwedari РGladag РBalai Kota РPasar Gede РBank Indonesia Рperempatan Panggung РTugu Cembengan, dan berhenti di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ)

Naik Bus ala Harry Potter di Bandung

Foto via nyeritain.com

Bus wisata tingkat di Bandung ini punya penampilan yang menarik. Vintage seperti bus yang ada di film Harry Potter. Kenalan dulu, namanya Bandros atau Bandung Tour On Bus. Bandros punya 12 armada setiap harinya dengan 5 rute. Harga tiketnya mulai dari Rp20.000- Rp40.000, dengan rute ke beberapa titik seperti Alun-Alun Bandung, Taman Cibeunying, Lapangan Gasibu, Taman Dewi Sartika, dan Balai Kota Bandung.

1,5 Jam Keliling Malang Gratis Naik Bus

Foto via Grid Oto

Satu lagi bus wisata tingkat yang akan mengajakmu keliling kota, namanya Macito atau Malang City Tour. Selama 1,5 jam kamu bisa berkeliling menikmati jalanan kota Malang dengan udara yang sejuk. Cukup daftarkan diri secara gratis di loket Tawira belakang Balai Kota mulai pukul 07.00 pagi. Bus Macito tersedia setiap hari dengan jam keberangkatan 09.00-12.00 dan 14.00-15.30.

Membuat Kenangan di Semarang dengan Modal KTP

Foto via Line Today

Sudah tahu dong kalau Semarang punya banyak sekali sejarah, terutama pada bangunan-bangunannya? Untuk bisa melihat semuanya, kamu bisa loh naik si Kenang. Ini adalah bus wisata yang akan membawamu melewati Stasiun Tawang, Kota Lama, Lawang Sewu, Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Klenteng Sam Poo Kong, lalu kembali ke Museum Mandala Bhakti. Naik si Kenang ini gratis kok, cukup bawa KTP ke Museum Mandala Bhakti untuk ditukar menjadi tiket bus.

Ajak Jalan Mpok Siti di Jakarta

Foto via Novazakiya.com

Bus wisata tingkat ini bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta. Sebut saja Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah. Ada dua rute yang disediakan, Senin-Jumat Bundaran (HI) hingga Sarinah. Sedangkan pada akhir pekan, rutenya menjadi Bundaran (HI) Hotel Indonesia hingga Balai Kota.

Bus Wisata di Kota Angkot, Bogor

Foto via okezone

Bus wisata yang mirip tram ini punya nama Uncal atau Unforgettable City Tour at Lovable City. Bus dioperasikan pada akhir pekan dengan rute  Balai Kota, Taman Heulang, Taman Kencana, dan kembali ke Balai Kota. Ingin menyewanya untuk wisata bersama keluarga? Kamu bisa loh meminjam bus Uncal ini.

Jelajah Kota Pendekar Madiun dengan Mabour

Foto via cakrawala.co

Mabour atau Madiun Bus On Tour bisa jadi solusi jika kamu ingin berkeliling Kota Pendekar, Madiun. Bus ini akan mengantarkanmu menuju beberapa destinasi, seperti wisata kuliner hingga sejarah. Nah, bus ini punya fasilitas unik lho, yaitu karaoke. Jadi tak perlu merasa bosan deh. Catat ya, bus ini beroperasi di akhir pekan dan hanya bisa menampung sekitar 18 – 30 orang. Ada tiga armada yang bisa ditemukan di Balai Kota Madiun

Itu dia beberapa bus wisata yang ada di Indonesia. Kira-kira mana yang akan kamu coba di liburan selanjutnya? Next

ramadan

Menelisik Sejarah Islam Nusantara Melalui Eyang Santri Sang Pendukung Diponegoro

Healing diTengah Warna Warni Taman Bunga Celosia Bandungan