in ,

Serba Sagu, 5 Kudapan Khas Maluku untuk Diburu

Pilihan Camilan Khas Maluku yang Berbahan Dasar Sagu

Via Instagram vsamperuru
Via Instagram vsamperuru

Sagu merupakan makanan pokok masyarakat Maluku. Maka dari itulah sangat banyak sekali olahan khas setempat yang berbahan dasar sagu. Olahan ini mulai dari masakan sampai dengan camilan. Sagu memang bisa diolah menjadi beragam jenis makanan yang enak. Buat kamu yang sudah mengagendakan waktu untuk berjelajah, jangan lupa untuk memasukkan lima camilan khas Maluku berikut ini sebagai jajanan yang perlu untuk diburu.

Baca juga : Waduh! Sebentar Lagi Bayar Tol Enggak Bisa Pakai Tunai Nih

1. Sinole

Kue Sinole, Via Instagram dorangbilang
Kue Sinole, Via Instagram dorangbilang

Sinole merupakan kudapan yang bisa kamu cicipi saat bepergian ke Maluku. Ini merupakan kudapan yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa, kemudian di dalamnya akan diisi dengan gula aren atau gula merah. Untuk membuat rasanya memiliki citarasa lebih enak, biasanya ditambahkan garam ke dalam adonan. Sekilas, sinole ini mirip dengan roti dadar gulung dengan warna putih kecokelatan.

Sinole yang tidak digulung, Via Instagram makanvegetok
Sinole yang tidak digulung, Via Instagram makanvegetok

2. Kue Sagu/Bagea

Bagea, Via Instagram chefcessar
Bagea, Via Instagram chefcessar

Camilan selanjutnya berbahan dasar sagu adalah kue sagu atau yang biasa disebut juga dengan bagea. Teksturnya sedikit keras dan sangat cocok disajikan bersama dengan secangkir teh hangat ataupun juga kopi. Kudapan satu ini juga biasa menjadi oleh-oleh para traveler yang singgah ke Maluku. Rasanya memang sedikit keras, tapi kue sagu sudah menjadi camilan favorit masyarakat Maluku.

3. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng, Via Instagram rabbit.inthekitchen
Sagu Lempeng, Via Instagram rabbit.inthekitchen

Ada juga camilan bernama sagu lempeng yang dibuat dengan cara dibakar dalam cetakan yang terbuat dari tanah liat. Warnanya kecoklatan dan teksturnya sendiri cenderung agak keras. Jadi, cara makan paling enak saat menyantap sagu lempeng ini adalah dengan mencelupkannya ke teh hangat ataupun juga kopi.

4. Sagu Tumbu

Sagu Tumbu, Via Instagram ana_bin_umar
Sagu Tumbu, Via Instagram ana_bin_umar

Masyarakat setempat banyak menyebut sagu tumbu sebagai paumido. Camilan satu ini terbuat dari bahan utama sagu yang dicampur dengan bahan-bahan seperti halnya gula merah dan juga kenari. Proses pembutannya ditumbuk sehingga menghasilkan citarasa yang enak, ada manis, gurih dan juga renyah. Kuliner satu ini sering ada pada acara-acara besar seperti halnya hari raya.

5. Talam Sagu Bakar

Talam Sagu Bakar, Via Insstagram zurrin_cakehouse
Talam Sagu Bakar, Via Insstagram zurrin_cakehouse

Citarasa talam sagu bakar adalah manis dan gurih lantaran terbuat dari bahan-bahan seperti halnya, sagu, gula merah, santan dan juga gula pasir. Bahan-bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai mengental, kemudian ditambahkan bahan-bahan seperti halnya mentega, kacang brenebon, dan kenari. Proses selanjutnya adalah dibakar.

Demikian itu camilan khas Maluku yang berbahan dasar sagu. Cocok untuk dicicpi di tempat ataupun dibawa pulang untuk orang-orang tersayang yang sudah menunggu di rumah. Next

ramadan
One Day Trip

Travelingyuk Community One Day Trip Serentak di Tiga Kota, Ikuti Keseruannya!

Instagram hafid.ahmad_

Birunya Lautan Sampai Hutan, Begini Pesona Pantai Pulo Doro di Malang Selatan