in ,

Camilan Tradisional Khas Jawa Barat, Asli Tanah Pasundan

fi camilan khas jawa barat

Teman Traveler menikmati jajanan ditemani dengan teh atau kopi saat pagi maupun sore hari pasti menyenangkan, apalagi memiliki cita rasa yang otentik. Seperti camilan tradisional khas Jawa Barat berikut ini, asli tanah Pasundan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Pilihan Tempat Menginap Dekat Stasiun Bogor 200 Ribuan, Nggak Khawatir Ketinggalan Kereta!

1. Ali Agrem

ali agrem
Ilustrasi via instagram pecinta.ulen_nin

Pertama ada ali agrem makanan tradisional Karawang terbuat dari tepung beras, kelapa sangrai, dan gula merah lalu digoreng. Bentuknya mirip donat, bulat di tengah tetapi berukuran kecil, nama ali sendiri merujuk pada cincin yang melingkar. Cita rasa manis, gurih dan terasa legit di lidah akan Teman Traveler rasakan, biasanya camilan ini disajikan saat ada pernikahan.

Teman Traveler dapat mencoba kue khas ini pada Ali Agrem Buhun dengan Rp 20.000 untuk satu porsinya yang berlokasi di Jalan Nasional III, Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon, Bandung, Jawa Barat. Jam operasional kedai buka selama 24 jam setiap hari.

2. Colenak

colenak
Ilustrasi via instagram caeciliass

Berikutnya ada colenak yaitu tape bakar khas Bandung, namanya sendiri dari cara menikmatinya dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur serutan kelapa menghasilkan rasa enak. Camilan ini ditemukan oleh Aki Murdi pada tahun 1930an, memiliki cita rasa asam dan manis.

Teman Traveler dapat mencobanya di Colenak Murdi Putra yang terkenal memiliki cabang di mana-mana dengan Rp 15.000 saja untuk mendapatkan satu porsi colenak, salah satu lokasinya di Jalan Jendral Ahmad Yani No.733, Padasuka, Kecamatan Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat. Jam operasional kedai pukul 06.30-20.00 WIB, buka setiap hari.

3. Awug

awug
Ilustrasi via instagram duniakulinerbdg

Kemudian ada Awug camilan khas Cimahi terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, aroma pandan, dan gula merah lalu dikukus pada aseupan (tempat kukusan) beralaskan daun pisang. Kue ini dibuat saat panen usai oleh masyarakat sekitar, cita rasanya gurih, manis nan legit bertekstur mirip kue putu.

Teman Traveler dapat mencobanya di kedai Awug Cibeunying dengan satu porsi dibanderol Rp 12.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Jalan Warung Contong No.1-5, Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Cimahi, Jawa Barat. Jam operasional kedai pukul 14.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

4. Combro

combro
Ilustrasi via instagram vv_luv_eatntravel

Selanjutnya camilan tradisional khas Sunda ada combro atau comro mirip seperti misro tetapi ini versi gurihnya yang terbuat dari adonan singkong parut kemudian diisi dengan tumisan oncom pedas lalu digoreng. Memiliki cita rasa gurih pedas yang menggugah selera dan membuat ketagihan.

Teman Traveler dapat mencobanya di Combro Atmaja dengan dibanderol Rp 5.000 per biji, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Berlokasi di Jalan Suryakencana St, RT.01/RW.07, Sukasari, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat. Jam operasional pukul 11.30-16.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan camilan tradisional khas Jawa Barat yang lezat dan nikmat bisa dijadikan ide jajanan saat sore hari, Teman Traveler! Next

ramadan
fi arch de triomphe

Monumen Arc de Triomphe di Paris Diselimuti Kain?

Sensasi Menyusuri Kawah Gunung Selamet, Antara Takjub dan Deg-Deg an