in ,

Camilan Tradisional Khas Jawa Timur, Salah Satunya Ada Ampo Tanah Liat

fi camilan jawa timur

Indonesia memiliki beraneka ragam cita rasa masakan dari penjuru nusantara, ada juga berbagai kue khas yang lezat dan nikmat. Berikut daftar camilan tradisional khas Jawa Timur, salah satunya ada ampo dari Tuban terbuat dari tanah liat lho! Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Grace Rose Farm Bandung, Budidaya Unik Si Mawar Cantik

1. Wingko Babat

wingko babat
Ilustrasi via instagram liliana.wijaya68

Pertama ada wingko babat yang lebih dikenal di Jawa Tengah tetapi aslinya berasal dari sebuah daerah di Lamongan Jawa Timur, bernama Babat. Terbuat dari tepung beras ketan, kelapa muda dan gula dibentuk bulat pipih, lalu dipanggang sampai matang mengeluarkan bau wangi. Rasanya gurih dan manis sangat cocok dijadikan pendamping minum teh atau kopi.

Teman Traveler dapat mencoba wingko babat khas Lamongan di Wingko Babat Cap 55 Bu Salam berlokasi di Jalan Nasional 20 No.101, Banaran, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jam operasional pukul 08.00-16.00 WIB, buka setiap hari.

2. Pudak

pudak
Ilustrasi via instagram maktiendailyfood

Berikutnya ada pudak kue tradisional khas kota Gresik, terbuat dari tepung beras, gula pasir dan santan yang dibungkus dengan pelepah daun pinang setelah itu dikukus. Keunikan kue ini hanya ada di Gresik, Cita rasanya manis dengan tekstur lembut dan kenyal.

Teman Traveler dapat mencoba pudak untuk dijadikan oleh-oleh di Sari Kelapa Group Toko Pudak berlokasi di Jalan 15 No, Gang XV No.2, Kebungson, Kemuteran, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jam operasional toko pukul 08.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

3. Alen-Alen

alenalen
Ilustrasi via instagram andik_nyr

Kemudian ada alen-alen camilan tradisional berasal dari Trenggalek, berbentuk bulat berlubang di tengah mirip ali-ali dalam bahasa jawa atau cincin sesuai dengan namanya. Terbuat dari tepung tapioka yang sudah dicampur bersama bumbu, lalu digoreng. Memiliki tekstur keras tetapi renyah dan cita rasanya gurih, camilan ini mirip dengan Lanting khas Kebumen Jawa Tengah.

Teman Traveler dapat mencoba alen-alen sebagai buah tangan saat berkunjung ke Trenggalek dengan membelinya di Alen-alen Gading Mas Bu Sukarti berlokasi di Jalan Dusun Pojok, RT.21/RW.11, Pojok, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jam operasional toko buka selama 24 jam setiap hari.

4. Ampo

ampo
Ilustrasi via instagram ilovetuban

Selanjutnya ada ampo makanan tradisional khas Tuban yang unik terbuat dari tanah liat bercita rasa seperti coklat dicampur kopi tetapi gurih. Tanah yang digunakan bukan sembarangan yaitu tanah latosol dengan tekstur lembut tidak mengandung pasir, kerikil dan batu. Pemilihan tanah juga harus cermat agar benar-benar steril.

Camilan ini dipercaya memiliki khasiat memberikan efek dingin ke tubuh dan mengobati diare, gatal-gatal dan demam. Jika Teman Traveler penasaran dapat mencoba pada produsen yang masih bertahan yaitu Mbah Rasimah berlokasi di Dusun Trowulan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Demikian ulasan daftar camilan tradisional khas Jawa Timur yang unik dan nikmat, bisa dijadikan referensi oleh-oleh Teman Traveler saat berkunjung ke daerah-daerah tersebut. Next

ramadan
Omah Kayu Batu

Omah Kayu, Wisata Batu dengan Pemandangan Keren

fi lokasi perkemahan malang

Lokasi Perkemahan di Malang, Untuk Liburan Setelah Bosan Di Rumah Saja