in , ,

Wisata Gunung di Jawa Tengah yang Juga Oke Untuk Camping

Kali ini, Travelingyuk ingin mengajak Anda untuk mampir ke Jawa Tengah dan mencari spot-spot indah untuk camping. Camping sendiri telah menjadi salah satu hobi yang banyak digemari, khususnya bagi mereka yang sedang ingin merelaksasi pikiran dan tubuh.

Baca juga : Menakjubkan, Ini Sungai-sungai dengan Aliran Air Berwarna Biru

Nah, menurut hasil penelitian yang dilansir pada jurnal Current Biology, camping bisa mengatasi insomnia lho. Dengan pergi camping, para penderita insomnia dapat beristirahat lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan segar. Hal ini karena camping bisa membuat tubuh  Anda terkena cahaya alami saat senja, sehingga itu membuat jam biologis tubuh kembali normal.

So, bila Anda merasa susah berkonsentrasi pada pekerjaan karena terlalu stres atau susah tidur, tak ada salahnya untuk lebih sering camping di alam terbuka. Dan gunung bisa menjadi spot yang pas untuk melakukannya. Berikut kami sajikan enam wisata gunung di Jawa Tengah yang juga oke untuk camping. Yuk kita simak bersama!

1. Gunung Prau

Buat Anda yang masih merasa pendaki pemula, Gunung Prau bisa menjadi tempat latihan yang asyik lho. Gunung ini dikatakan sebagai tapal batas antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo. Keindahan dari gunung ini tentunya sudah tak diragukan lagi. Keelokan dari Gunung Prau akan terlihat lebih indah jika Anda sudah mencapai puncaknya.

Gunung Prau
Gunung Prau [via instagram]
Di sana Anda akan menemukan lanskap padang rumput luas, yang memanjang dari barat ke timur. Tertarik untuk camping di gunung ini? Tersedia tiga jalur untuk menuju Gunung Prau. Jalur pertama adalah Pranten, Kecamatan Bawang, dan Kabupaten Batang. Kedua, jalur Patak Banteng dan Wonosobo. Dan jalur terakhir adalah Kenjuran dan Kendal.

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing menjadi salah satu tujuan pendakian yang banyak didatangi di Pulau Jawa. Menjulang setinggi 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung ini masuk dalam  tiga kawasan kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung Sumbing
Gunung Sumbing [via instagram]
Jika Anda ingin mendaki gunung ini, Garung bisa menjadi jalur pendakian yang paling pas. Jalur tersebut bahkan sudah lama menjadi favorit para pendaki. Garung merupakan nama desa di kaki gunung Sumbing. Tak jauh dari desa ini, Anda bisa menemukan basecamp untuk pendakian gunung Sindoro.

3. Gunung Andong

Gunung Andong adalah salah satu destinasi wisata yang populer di Kabupaten Magelang atau lebih tepatnya berada di antara Ngablak dan Tlogorjo. Nah, spot yang paling sering dikunjungi di Gunung Andong adalah Hutan Wisata Mangli. Dan lokasi dari Hutan Mangli sendiri tidaklah jauh dari akses utama jalan Jogja-Semarang.

Gunung Andong
Gunung Andong [via instagram]
Tujuan wisata alam di lereng Gunung Andong tersebut memang sering disinggahi oleh para traveler. Di kawasan itu, terdapat pula bumi perkemahan Mangli, yang terhampar di pelataran lembah di sela-sela batang pohon pinus. Kawasan perkemahan yang cukup luas tersebut bahkan sudah dilengkapi fasilitas MCK.

4. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro memiliki banyak sebutan, seperti Sindara atau juga Sundoro. Gunung berjenis stratovolcano yang terletak di Jawa Tengah ini bisa diakses lewat Kota Temanggung. Dan sedikit informasi untuk Anda, Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Oleh karenanya, banyak yang menyebut Gunung Sindoro sebagai kembaran dari Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro
Gunung Sindoro [via instagram]
Untuk sampai ke puncak, trek umumnya didominasi oleh bebatuan, hutan lamtoro, dan diakhiri dengan padang edelweiss. Eits, tapi jangan iseng mencabut tanaman edelweiss ya. Dan pencinta alam sejati seharusnya tidak merusak alam. Puncak dari Gunung Sindoro sendiri berupa kawah yang dikelilingi oleh bebatuan kerikil yang terhampar luas.

5. Gunung Ungaran

Yuk kita beralih ke spot keren lainnya, yaitu Gunung Ungaran. Gunung berapi yang terletak di Kabupaten Semarang ini memiliki ketinggian 2.050 meter. Gunung ini cukup populer di kalangan pendaki, khususnya yang masih pemula. Hal ini karena akses untuk menuju ke gunung ini sudah cukup baik.

Gunung Ungaran
Gunung Ungaran [via instagram]
Jalur dari Pasar Jimbaran hingga ke Pos Mawar sudah diplester halus, sehingga para traveler pun bisa dengan leluasa naik kendaraan. Eits, tapi rasanya tidak seru kalau camping ke gunung malah naik kendaraan. Banyak juga lho yang memilih jalan kaki agar perjalanan terasa lebih greget. Gunung Ungaran juga terkenal dengan spot-spot indah nan romantis lho, seperti misalnya Umbul Sidomukti dan Pondok Kopi.

6. Gunung Lawu

Gunung setinggi 3.265 meter ini terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Magetan. Meski gunung berapi ini sudah lama tidak aktif, di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Bagi Anda yang suka mendaki, gunung ini memiliki tiga puncak; Puncak Hargo Dalem; Hargo Dumiling; dan Hargo Dumilah. Dan Hargo Dumilah adalah yang tertinggi dari ketiganya.

Gunung Lawu
Gunung Lawu [via instagram]
Untuk mengekslorasi gunung ini, para pendaki biasanya memilih jalur Cemoro Sewu. Cemoro Sewu berada di antara kabupaten Karanganyar dan Magetan atau lebih tepatnya di jalur Tawangmangu menuju Sarangan. Menariknya, para pendaki juga tak perlu takut kehabisan makanan saat mendaki gunung ini. Hal ini karena di tengah perjalanan dan juga di puncaknya, Anda bisa menemukan beberapa warung makan.

Ada banyak destinasi wisata yang tersebar di Pulau Jawa, yang menunggu untuk kita eksplorasi lebih dalam. Dan salah satunya adalah Jawa Tengah. So tunggu apalagi? Siapkan jadwal cuti Anda dan bersiaplah untuk traveling! Next

ramadan

Written by andi

andi

Wallpaper Komputer? Bukan! Ini Wisata Air Terjun Jawa Barat yang Super Cantik

Tempat Wisata Malang yang Instagram-able