in , ,

Candi Cetho, Keindahan Negeri di Atas Awan

Menapaki Jejak Keindahan Candi Cetho di Karanganyar

Candi Cetho Karanganyar
Candi Cetho Karanganyar (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Candi Cetho merupakan sebuah situs kuno yang bisa Teman Traveler temukan di sisi barat kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Berbeda dari bangunan sejenis, candi ini berada di ketinggian, seolah suguhkan sebuah keindahan yang hampir menyentuh awan. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga : Wisata Instagenic di Pasuruan, Berburu Stok Foto Sembari Liburan

Berada di Ketinggian 1496 Mdpl

dscf4012_ngd.jpg
Gapura Candi Cetho (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Candi bercorak Hindu ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya ada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jemawi. Berdasarkan prasasti bertuliskan huruf Jawa kuno di dinding gapura, candi ini diperkirakan mulai dibangun sekitar tahun 1475 M (1397) Saka.

Bangunan kuno nan megah ini berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuatnya suguhkan panorama keindahan yang seolah hampir menembus awan.

Buat Teman Traveler yang berencana mampir ke sini, pastikan kondisi tubuh sedang bugar. Sebaiknya gunakan juga jasa pengemudi yang telah benar-benar berpengalaman, mengingat medan yang akan dilalui sangat curam.

Dekat Kebun Teh Kemuning

dscf0855_rrC.JPG
Perkebunan Teh Kemuning (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Terlepas dari medannya yang menantang, akses menuju Candi Cetho sebenarnya lumayan mudah. Teman Traveler bisa memulai perjalanan dari pusat Solo menuju Kabupaten Karanganyar. Ikuti saja jalan raya Solo Tawangmangu hingga sampai pertigaan arah Kemuning dan Tawangmangu. Selanjutnya kalian tinggal ambil jalur kiri dan terus ikuti petunjuk jalan hingga sampai di tujuan utama.

Menariknya, selama perjalanan Teman Traveler akan disuguhi pemandangan indah Kebun Teh Kemuning. Kalian bakal melihat hamparan hijau sangat luas yang sungguh menyejukkan mata. Hal ini tentu bakal membuat perjalanan kalian takkan membosankan.

Masuk Jalur Pendakian Lawu

dscf4137_b1v.JPG
Salah satu teras candi (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Selain berfungsi sebagai tempat wisata dan peribadatan, Candi Cetho juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Lawu. Biasanya mereka yang memilih jalur ini penasaran dengan keberadaan Warung Makan Mbok Yem di lereng Lawu, yang diklaim sebagai warung tertinggi di Jawa.

Tiket Masuk

dscf4092_LMo.JPG
Candi Cetho (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Kawasan wisata ini buka tiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Teman Traveler cukup membayar tiket masuk Rp7.000 untuk menjelajah area sekitar sini. Khusus turis asing, bakal dikenakan biaya Rp25.000 per orang. Tarif tersebut sudah termasuk Poleng, kain berwarna hitam putih sebagai bentuk sikap hormat terhadap kesucian candi, yang hingga kini masih aktif digunakan sebagai sarana peribadatan.

Itulah ulasan singkat mengenai Candi Cetho, sebuah struktur kuno indah di kaki Lawu. Buat Teman Traveler yang sedang menjelajah wisata Karanganyar dan ingin melihat keindahan unik seolah menyentuh awan, tak ada salahnya mampir ke sini. Selamat berlibur! Next

ramadan
Pantai Drini

Pantai Drini, Primadona Gunungkidul yang Terus Mempesona

Yello Eatery Bogor

3 Kafe Unik Bogor, Ada Surga Penggemar Teh!