in , , , , ,

Menelusuri Peristirahatan Raja Majapahit di Candi Gambar Wetan

Menelusuri peninggalan sejarah kerajaan memang sangat menarik untuk diulas dan dinikmati. Terlebih ketika berhubungan dengan Kerajaan Majapahit yang mana kerjaan ini sangat luas dimasanya. Selain di Trowulan, situs situs peninggalan kerajaan terbesar di Asia Tenggara ini tersebar dibeberapa daerah salah satunya di Blitar Jawa Timur. Tak hanya sejarah zaman dahulu, namun sejarah modern seperti masa kemerdekaan Indonesia pun juga hadir di Kota ini yaitu Makam Bung Karno.

Baca juga : 4 Tradisi Setelah Salat Idul Adha di Dunia, Ada yang Dari Indonesia

Candi Gambar Wetan berada diperbukitan kaki gunung Kelud. Foto via medium.com

Kota Proklamator ini tidak hanya menyuguhkan candi candi yang sudah dikenal masyarakat nasional saja yaitu Candi Penataran, tetapi terdapat candi candi lain seperti Candi Sawetar, Candi Kotes, Candi Simping, dan Candi yang lainnya. Salah satu tempat wisata candi yang menarik yaitu Candi Gambar Wetan. Karena candi ini terus dilakukan penggalian hingga sekarang untuk menemukan struktur candi yang lebih luas.

Candi Gambar Wetan ini terletak di Desa Gambar, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Tepat berada di 9 kilometer kearah utara pusat kota Blitar atau sekitar 7 kilometer dari Candi Penataran. Lokasi Candi Gambar Wetan memang tersembunyi di dalam perkebunan warga, namun jangan khawatir untuk kamu yang ingin berkunjung sudah tersedia jalur yang dilalui sampai ke lokasi. Candi ini berada di atas bukit disebelah selatan gunung Kelud tepat dialiran lahar gunung Kelud.

Salah satu arca Dwarapala yng berada di sebelah tangga. Foto via instagram @apriartadenis

Area Candi Gambar Wetan terbagi menjadi empat bagian yaitu tangga candi, teras candi pertama, teras candi kedua, dan candi utama. Tangga candi menjadi struktur pintu masuk sekaligus jalan untuk naik ke bagian candi utama yang berada di atas. Lokasinya berada tepat dibawah pohon pule yang sudah berusia ratusan tahun. Di bawah tangga terdapat sebuah arca dan sebuah arca lagi yang berada di luar pagar area candi.

pintu masuk candi Gambar Wetan yang sangat asri dengan taman yang indah. Foto via instagram @nopi_koi

Setelah menaiki tangga candi yang lumayan tinggi, kemudian memasuki bagian teras candi yang pertama. Di sana terlihat dua buah arca Dwarapala atau patung penjaga pintu masuk. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan Arca Mbah Bodo dan Arca Mbah Dewo. Setelah itu, memasuki teras candi yang kedua yang strukturnya tidak jauh berbeda dengan teras candi yang pertama. Terakhir memasuki bagian utama candi di area yang paling belakang.

Salah satu area candi dengan tampilah arca dwarapala yang gagah. Foto via manusialembah.com

Candi Gambar Wetan buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk tiket masuknya gratis, hanya dikenakan biaya seikhlasnya di pos penjagaan pintu masuk yang ada di depan area candi. Disarankan bagi para pengunjung untuk menggunakan kendaraan roda dua karena kondisi jalannya yang sempit dan terjal sehingga masih belum bisa dimasuki oleh kendaraan roda empat. Untuk fasilitas yang disediakan masih minim, hanya ada taman, gazebo dan toilet saja. Next

ramadan

Situs Umpak Balekambang, Tempat Peristirahatan Raja Raja Majapahit

Umah Kopi Jaran Goyang, Nikmatnya Kopi Khas Kawah Ijen