in , ,

Candi Ijo, Tempat Asyik Menikmati Keindahan Kota Jogja dari ‘Khayangan’

Candi Ijo di Sleman, Jogja

Candi Ijo Jogja
Candi Ijo Jogja

Destinasi wisata di Jogja memang tak ada habisnya. Keindahan Kota Gudeg selalu memikat banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu daya tarik tersebut adalah candi yang tersebar di beberapa sudut kota dengan ciri khas tersendiri. Nah, tempat yang bisa jadi rekomendasi untuk menikmati keindahan bangunan bersejarah ini adalah Candi Ijo yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Apa istimewanya? Yuk, simak penuturan Kontributor Travelingyuk, MS Fitriansyah berikut.

Baca juga : 5 Pantai Indonesia Ini Punya Batu Unik, Ada yang Bentuknya Bikin Geli

Candi Tertinggi di Jogja

Candi tertinggi di Jogja
Candi tertinggi di Jogja via instagram/@martina_priel

Tak jauh dari kompleks Candi Ratu Boko, terdapat Candi Ijo yang tak kalah memesona. Candi Ijo berlokasi di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Uniknya, letak bangunan bersejarah ini berada di ketinggian 419 mdpl. Tak heran jika pemandangan cantik tersaji nyata di sekeliling tempat wisata ini. Pengunjung bahkan dapat melihat pesawat take off atau landing di Bandara Adisucipto. Keren kan?

Aneka Spot Foto yang Keren

Spot Foto Candi Ijo
Spot Foto Candi Ijo via instagram/@wijayavhy

Candi Ijo dibangun sekitar abad ke 10 hingga abad ke 11. Kendati usianya sangat tua, candi bercorak Hindu tersebut masih menyimpan daya pikat. Bangunan candi masih tampak kokoh bersama beberapa candi kecil di sekeliling candi induk. Arsitektur menawan itulah yang selalu menarik perhatian. Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang menggunakan bangunan tersebut sebagai latar foto mereka. Menariknya, kini ada gardu pandang juga yang jadi spot untuk berfoto.

Pesona Sunset yang Menawan

Sunset Candi Jago
Sunset Candi Jago via instagram/@liefukpau

Teman Traveler hobi menikmati keindahan sunset? Tak perlu jauh-jauh mendaki gunung. Candi Jago sudah menjadi tempat sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Candi Ijo
Candi Ijo (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Panoramanya menawan yang terlihat serasi dengan perbukitan hijau di sekelilingnya. Belum lagi keindahan lampu perkotaan yang mulai terlihat. Pastinya, Teman Traveler akan puas berkunjung ke candi di atas awan ini.

Akses Jalan Menuju Candi Ijo

Panorama Candi Ijo di Jogja
Panorama Candi Ijo di Jogja via instagram/@ikin2121

Untuk mencapai Candi Ijo memang tak mudah. Selain jaraknya yang lumayan jauh, tantangan lainnya adalah rute yang menanjak. Butuh kesabaran untuk dapat menikmati pemandangan di candi eskotis ini. Namun, semuanya bakal terbayarkan ketika sudah di atas. Keindahan alam yang memukau bakal membuat siapapun betah lama-lama di sini.

Bagaimana, sudah siap untuk jelajah kota Jogja dan sekitarnya? Jangan lupa untuk berkunjung ke Candi Ijo ya! Mampir pula ke warung-warung makan di Sleman yang rasanya juara. Next

ramadan

Written by MS Fitriansyah

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Aneka bubur yang digunakan sebagai tradisi Jawa

Aneka Kuliner untuk Tradisi Jawa, Salah Satunya Bubur Suro di Tahun Baru Islam

Ritual Satu Suro Kirab Kebo Bule di Keraton Surakarta Hadiningrat

Setiap Satu Suro, Tempat-tempat di Pulau Jawa Ini Lebih Ramai dari Biasanya